Kenali Perbedaan Antara Kulit Dehidrasi dan Kulit Kering – sweet post

Kulit kering dan dehidrasi adalah dua istilah yang sering disalahpahami maknanya. Karena sama-sama berkaitan dengan kelembapan, banyak orang yang bingung. Beda masalah kulit juga berbeda cara mengatasinya, maka dari itu perlunya kamu kenali kulit kamu, apakah termasuk kulit yang kering atau malah kulit yang dehidrasi. Simak penjelasan singkat berikut

 

Kulit Kering 

Kulit kering berkaitan dengan faktor genetik yang berrarti jenis kulit kering ini memiliki kandungan atau lapisan minyak yang sedikit, sehingga kelembapan pada kulit mudah menghilang. tanda dari kulit berjenis kering ditujukkan dengan kulit yang terasa kering. kasar, bersisik dan mengelupas. Seiring bertambah nya usia, produksi dan kandungan minyak pada kulit akan berkurang. Oleh karna itu, kulit akan rentan kehilangan elastisitas dan kerutan jadi mudah muncul. Kalau memiliki kulit kering, maka penggunaan skincare nggak bisa sembarangan karena salah produk yang ada kondisi kulit bisa semakin parah.

 

Kulit Dehidrasi

Kulit dehidrasi adalah kulit yang mengalami permasalahan karna kurang nya kelembaban di kulit. kulit dehidrasi bisa dialami oleh kamu yang memiliki kulit yang berminyak maupun kombinasi ya. Kulit yang dehidrasi terjadi karna gaya hidup kamu yang ga sehat atau faktor eksternal, seperti sering terpapar AC, kurang tidur, banyak mengonsumsi alkohol dan diet yang nggak sehat, serta paparan sinar matahari, kurang konsumsi air dan lebih banyak mengkonsumsi teh dan kopi. Saat kulit dehidrasi, skin barrier akan terganggu dan melemah. Akibatnya banyak masalah kulit lainnya yang juga bisa ikut muncul.  Tanda tanda kulit yang dehidrasi ditandai dengan kulit yang terlihat kusam, rentan iritasi, berjerawat, dan muncul dry patches, makeup juga jadi susah nempel. Selain itu, kulit dehidrasi bisa memproduksi minyak  jadi lebih banyak dari biasanya. Ini adalah defense mechanism alami dari kulit kita untuk menggantikan kadar air yang kurang.

Cara mengatasi kulit yang dehidrasi dengan cara banyak konsumsi air, tidur yang cukup, kurangi konsumsi junk food maupun minuman manis, perbanyak konsumsi buah dan sayur, olahraga rutin, dan pakai produk skincare yang bersifat hydrating yang fungsinya untuk menarik lebih banyak air dan dapat mengunci kelembapan pada kulit. Beberapa bahan yang mempunyai sifat hydrating adalah; aloe vera, cream Alpha Hydroxy Acid, hyalurinoc acid dan yang paling penting gunakan selalu sunscreen di pagi dan siang hari sebagai perlindungan kulit kamu agar tidak muncul permasalahan kulit.

 

 

error: Content is protected !!