Yuk! Ketahui Perbedaan Essence, Serum, Booster dan Ampoule – sweet post

Kalian pernah ga sih suka bingung dengan beragam produk skincare yang menawarkan berbagai macam serum, ampoule, essence dan booster dikarenakan keempat produk ini sama-sama memiliki tektur yang hampir sama dan cara pakai nya juga mirip. Sebenarnya apa sih perbedaan dari 4 jenis skincare tersebut tadi? Yuk, simak penjelasan lebih lanjut disini!

 

Serum, Ampoule, Essence, Booster

ESSENCE

 Essence adalah produk pertama yang digunakan karena teksturnya yang cair dan cepat menyerap ke dalam lapisan kulit. Essence merupakan produk yang biasanya dipakai setelah kamu membersihkan wajah dengan sabun muka dan toner. Essence mengandung antioksidan dan mineral untuk menutrisi kulitmu. Teksturnya pun lebih ringan dan tidak terlalu terkonsentrat seperti serum.

Gunanya essence adalah memberikan lapisan hidrasi tambahan sebelum menggunakan serum. Dibanding serum, essence juga lebih mudah menyerap di kulit.  Namun, terdapat beberapa essence yang memiliki tekstur yang  mirip dengan serum dan bahkan ada yang lebih kental, sehingga terkadang essence bisa digunakan setelah serum. Lalu gimana dong cara bedain dan cara pemakaian nya, mana yang duluan yang di pakai, serum dulu atau essence? tenang ga usah bingung, ketika kamu memiliki produk essence lebih cair daripada serum, kamu gunakan essence  terlebih dahulu lalu setelahnya gunakan serum, begitupun sebaliknya. Jika tekstur serum lebih cair gunakan di tahap setelah memakai toner lalu gunakan essence. Kedua produk ini mengandung zat aktif untuk merawat kulit, hanya saja konsentransi kandungan essence lebih tinggi—anggap saja ia mengandung the essentials yang dibutuhkan untuk menutrisi kulit wajah.

 

  SERUM

Apakah serum dan essence berbeda? jawabannya antara Ya dan tidak. Hal tersebut tergantung pada merek pembuatnya. Pada kasus produk perawatan wajah dari Jepang dan Korea, kebanyakan akan menggunakan istilah essence untuk produk yang sama khasiatnya dengan serum. Penamaan produk dengan serum jarang digunakan. Intinya tergantung tekstur pada produk essence maupun serum ya. semisal ada kasus didalam produk berjenis essence serum, maka tekstur serum akan lebih cair dan konsentrasi kandungan aktif serum lebih kuat daripada essence nya Selain itu serum biasanya akan mengandung bahan aktif untuk memerangi masalah spesifik pada kulit.

Serum biasanya ditempatkan pada botol kecil dengan pipet yang membuat Anda memiliki pengalaman seolah-olah menggunakan suatu cairan dari laboraturium. Tidak sepenuhnya salah sih, karena serum memiliki konsentrasi yang cukup kuat untuk mengatasi masalah kulit tertentu. Serum juga memiliki partikel lebih halus dari pelembap sehingga bisa menyerap hingga ke dalam lapisan kulit. Dipakai setelah membersihkan wajah  dan menggunakan toner dan sebelum menggunakan pelembap.

Jenis-jenis serum yang tersedia dipasaran cukup beragam, mulai dari serum yang dirancang untuk kulit berjerawat, kulit kering, anti-aging, hingga yang spesifik untuk menghilangkan kemerahan pada kulit pun dapat ditemukan. Jika merasa kulit wajahmu membutuhkan ekstra nutrisi, kamu bisa menggunakan essence dan serum, tapi serum sebenarnya dapat digunakan sendiri, jadi tidak apa-apa jika kamu merasa menggunakan serum saja sudah cukup.

 

BOOSTER

Booster atau dapat juga disebut sebagai pre-essence atau pre-serum (lebih sering disebut sebagai yang pertama) bukan pengganti dari serum atau essence, akan tetapi lebih sebagai produk tambahan, dipakai sebelum serum dan/atau essence. Booster berfungsi untuk memberi nutrisi tambahan yang dibutuhkan kulit dan mempersiapkan kulit untuk menerima produk skincare yang akan dipakai setelahnya dan bertugas untuk memperkuat dan memperbaiki kinerja kulit. Teksturnya pun beragam, ada yang cair, agak kental, bahkan gel. Cara pakainya pun sama seperti hydrating toner, tepuk-tepuk di kulit wajah secara perlahan.

 

AMPOULE

Ampoule sering kita temukan pada produk skincare dari korea, biasanya kandungan aktifnya lebih banyak daripada kandungan aktif dari serum, maka dari itu harga dari ampoule sendiri jauh lebih mahal daripada harga serum. Ampoule memiliki tektur yang lebih cair atau pun kental dan gampang menyerap dibanding yang lainnya. Pemakaiannya pun dianjurkan untuk dikombinasikan dengan serum atau essence sejenis yang akan membantu menyelesaikan permasalahan wajah Anda lebih cepat dari biasanya.

 

 

 

 

Leave a Comment

error: Content is protected !!