5 Kandungan Vitamin yang Dibutuhkan Kulit dan Manfaatnya untuk Kulit

Foto: freepik.com

Tubuh kita pasti membutuhan vitamin dalam makanan yang kita konsumsi. Tidak hanya itu, kulit kita juga membutuhkan vitamin lho! Banyak vitamin yang bermanfaat bagi kulit wajah kita yang sudah banyak di kemas dalam produk skincare yang bisa kita temui.

Vitamin merupakan kandungan wajib pada produk skincare karena manfaatnya banyak sekali untuk memperbaiki serta menjaga kesehatan kulit agar tak terjadi permasalahan kulit lainnya. Berikut beberapa jenis vitamin yang dibutuhkan oleh kulit kamu.

 

Baca Juga : 7 Manfaat Saffron untuk Kecantikan Kulit Wajah

 

VITAMIN A

Foto: freepik.com

Vitamin A merupakan bahan aktif yang dapat ditemukan pada produk skincare berupa retinol dan termasuk bahan aktif yang kuat. Vitamin A atau retinol adalah sejenis agen pencegah penuaan dini karena kinerjanya yang mempercepat pembaharuan kulit. Selain itu, retinol juga mampu menebalkan lapisan kulit hingga lapisannya terlihat lebih kenyal, cerah, dan tampak lebih muda.

Bagi yang pertama kali menggunakan bahan aktif ini, carilah produk dengan konsentrasi yang rendah dan permakaian 1 kali seminggu. Jika kulit sudah terbiasa, bisa lanjutkan pemakaian rutin setiap hari mada malam hari. pemakaian kandungan retinol cukup gunakan satu jenis produk saja agar hasilnya terlihat jelas. Dan kalaupun terjadi iritasi, kita tahu penyebabnya.

Jika kamu menggunakan bahan aktif tersbut, selalu gunakan sunscreen dan produk berformula hyaluronic acid untuk kelembapan ekstra. Jika kamu bingung rekomendasi produk retinol untuk pemula bisa baca di sini.

 

Baca Juga : 5 Rekomendasi Produk Skincare Retinol Terbaik, Dalam Mengatasi Jerawat Hingga Mencegah Tanda-Tanda Penuaan Dini

 

VITAMIN C

Foto: freepik.com

Vitamin C merupakan antioksidan yang efektif menghambat radikal bebas yang menyebabkan kerutan dan penuaan. Vitamin C adalah salah satu vitamin penting yang cocok untuk semua jenis kulit. Namun, Vitamin C  memiliki asam yang sangat tinggi sehingga membuat kulit sensitif terasa perih.

Teruntuk kulit yang sensitif, hindari vitamin C yang terbuat dari ascorbic acid dan L-ascorbic acid. Ascorbic acid memiliki sifat yang tidak stabil dan sulit diformulasikan, serta terkadang menimbulkan iritasi ringan di kulit. Rupa lain vitamin C yang biasa ditemukan adalah ascorbyl tetraisopalmitate atau o-ethyl-ascorbic acid yang sifatnya stabil dan lebih mudah diterima oleh kulit.

Vitamin C bisa dirasakan manfaat pada kulit yang mampu meningkatkan produksi kolagen, elastisitas kulit, dan mengurangi keriput.

 

Baca Juga : Rekomendasi Serum Vitamin C Terbaik

 

Vitamin D 

Foto : pure.co.id

Vitamin D bisa kita dapatkan dari sinar matahari pagi. Serapan vitamin D ke dalam tubuh dapat mendorong produksi nutrisi D3 di lapisan epidermis kulit. Saat vitamin D3 diproduksi secara optimal, akan memicu proses regenerasi kulit mati menjadi sempurna. Hal tersebut menjadikan kulit menjadi halus, cantik, dan bersih.

 

Baca Juga : 7 Manfaat Saffron untuk Kecantikan Kulit Wajah

 

VITAMIN E

Foto: pexels.com

Vitamin E berperan penting untuk kulit wajah. Vitamin E sebagai antioksidan yang dapat membantu menangani bahaya dari sinar UV dan paparan radikal bebas. vitamin E juga banyak digunakan pada produk skincare anti-aging. 

Manfaat vitamin E banyak, antara lain melembapkan kulit, menenangkan kulit iritasi, juga mengurangi penampakan keriput dan luka bekas jerawat, menjaga kulit agar tetap kenyal dan lembut, menghilangkan bekas luka yang sulit dihilangkan, mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV dari matahari.

 

Baca Juga : Cara Memperbaiki Tekstur Kulit yang Tidak Rata

 

Vitamin B3

Vitamin B3 dikenal sebagai niacinamide, vitamin ini memproduksi ceramide sehingga dapat menjaga kelembapan wajah dan menangkal polusi. Vitamin untuk kulit wajah yang satu ini termasuk yang mudah yang larut dalam air dan mampu melawan bakteri penyebab jerawat dan dapat menangani masalah kulit seperti dehidrasi, sensitif, kusam, dan banyak garis halus, memperbaiki tekstur kulit dan hiperpigmentasi.

Bagi kamu yang ingin menggunakan produk yang berbahan utama niacinamide bisa baca di sini

 

Baca Juga : 4 Rekomendasi Serum Wajah Dengan Kandungan Niacinamide 10%, Mampu Mengatasi Masalah Bekas Jerawat dan Kusam 

 

error: Content is protected !!