7 Manfaat Saffron untuk Kecantikan Kulit Wajah

Bunga Saffron (Foto: pixabay.com)

Kuma-kuma atau biasa disebut dengan bunga saffron atau jafaron adalah salah satu jenis rempah-rempah dari tanaman dengan nama lain Crocus sativus. Fungsi bunga saffron ini di gunakan sebagai rempah-rempah untuk bumbu masakan dan bahan pewarna alami. Bunga saffron memiliki rasa khas sedikit pahit dan berbau harum. Ekstrak dari bunga ini berharga sangat mahal karena pengelolahannya yang susah dan juga merupakan tanaman tahunan.

Saffron memiliki banyak kandungan vitamin dan antioksidan yang juga memiliki sifat terapeutik dan kalium untuk membantu pembentukan dan perbaikan sel kulit wajah. Manfaat Saffron sebagai anti-inflamasi yang menenangkan kulit untuk mengurangi kemerahan, dan anti-jamur yang digunakan untuk mengurangi jerawat. Berikut Beberapa manfaat saffron bagi kesehatan dan kecantikan kulit wajah.

 

Baca Juga : Review Kleveru Sea Buckthorn Cleansing Gel, Bagus untuk Kulit Sensitif

 

1. Mengatasi mata panda

Ilustrasi Mata Panda (Foto: Cinebuster.in)

Mata panda terjadi dikarenakan terlalu banyak begadang yang membuat hitam di sekitar area mata. Saffron merupakan solusi yang tepat untuk masalah mata panda. Cara pengaplikasian saffron untuk area mata dengan, sebagai berikut:

    • Rendam saffron 2-3 helai semalaman,
    • Paginya bisa diaplikasikan ke daerah sekitar mata yang hitam dengan menambahkan minyak kelapa sebelum mengoleskannya,
    • Diamkan 10-15 menit kemudian bilas dengan air.

Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Saffron untuk Kulit Berjerawat

Ilustrasi Kulit Berjerawat (Foto: pixabay.com)

Gunakan Saffron dan susu untuk membuat masker wajah sendiri dirumah. Dikarenakan kandungan pada saffron dan susu dapat membersihkan kulit berjerawat dan juga mampu untuk mencerahkan kulit. Susu dapat bertindak sebagai zat yang melepaskan sel kulit mati. Jika dilakukan secara rutin, jerawat dan noda pada wajah akan lebih cepat berkurang.

Gunakan 3-4 helai saffron dan 1/4 gelas susu. Rendam helaian saffron dalam susu dan biarkan saffron meresap dengan susu selama sekitar 2 jam. Kemudian oleskan susu di bagian wajah dan leher kamu dan diamkan selama 10 hingga 15 menit. Kamu dapat menggunakan saffron dan susu ini di rumah 3-4 kali dalam seminggu.

Kalian juga bisa gunakan saffron dan kemangi kalian dengan cara menumbuk beberapa helai saffron dan campurkan dengan daun kemangi. Kemudian oleskan di wajah yang berjerawat lalu diamkan 10-15 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini 3-4 kali dalam seminggu.

 

3. Saffron dapat Mencerahkan Kulit Wajah

Saffron (Foto: pixabay.com)

Bunga saffron juga bermanfaat sebagai bahan alami untuk mencerahkan kulit. Caranya adalah dengan mengambil 2-3 helai saffron kemudian dicampurkan dengan susu. Setelah tercampur, oleskan pada wajah secara merata, diamkan 20 menit dan kemudian bilas dengan bersih.

Bunga saffron juga bisa dicampur dengan biji bunga matahari. Dikarenakan biji bunga matahari mengandung minyak yang kaya akan vitamin E dan bunga saffron yang memiliki kandungan antioksidan.

Gunakan 3-4 biji bunga matahari, 2-3 helai saffron dan 1/4 gelas susu. Rendam biji bunga matahari dan helai bunga safron dalam susu, diamkan selama semalaman. Pada pagi harinya, hancurkan campuran ini hingga berbentuk pasta dan oleskan pada kulit wajah kamu. Biarkan sampai kering 15-20 menit dan kemudian bilas wajah kamu hingga bersih.

Selain menggunakan susu dan biji bunga matahari, kalian bisa gunakan bahan alami lainnya seperti lidah buaya, lemon, minyak zaitun, madu atau putih telur sebagai campuran saffron. Lakukan kegiatan rutin ini selama 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

 

 

Baca Juga : SOMETHINC Niacinamide + Moisture Beet Serum Review

 

4. Saffron Sebagai Pencegah dan Menghilangkan Bekas Jerawat

Ilustrasi Jerawat dan Bekas Jerawat (Foto: pixabay.com)

Faktor penyebab munculnya jerawat bisa diakibatkan karena kotoran yang menempel pada wajah, make up, stress, hormon, dan lainnya. Saffron merupakan solusi unutk mengatasi permasalahan jerawat besrta bekas jerawatnya. Siapkan bahan untuk membuat saffron yang bisa di aplikasikan ke wajah.

Bahan yang digunakan seperti

  • Daun Basil
  • 10-15 helai Saffron
  • Air

Setelah bahan disiapkan, giling daun basil dan saffron secara bersamaan untuk medapatkan tekstur yang halus. Setelah halus, oleskan dibagian wajah yang berjerawat, biarkan sampai mengering sampai beberapa menit, lalu setelah itu cuci wajah kamu sampai bersih.

Adapun masker wajah saffron di campur dengan susu secara rutin, membuat jerawat dan noda pada wajah  akan lebih cepat memudar. Cara membuat masker saffron, yaitu: 

  • Siapkan 3-4 helai saffron dan ¼ gelas susu cair putih. 
  • Rendam helaian saffron dalam susu dan biarkan saffron meresap dengan susu selama sekitar 2 jam.
  • Oleskan masker saffron dan susu pada area wajah dan leher. Hindari area mata dan bibir.
  • Diamkan selama 10-15 menit.
  • Gunakan masker saffron dan susu sebanyak 3-4 kali dalam seminggu.

Jika yang memiliki alergi terhadap produk olahan susu, sebaiknya hindari menggunakan masker dari susu ini. 

 

Baca Juga : 5 Rekomendasi Produk Skincare Retinol Terbaik, Dalam Mengatasi Jerawat Hingga Mencegah Tanda-Tanda Penuaan Dini

 

6. Saffron dapat Melembabkan Kulit

Bunga affron (Foto: pixabay.com)

Saffron juga bermanfaat untuk melembabkan kulit wajah dengan cara dijadikan sebagai toner wajah dan face mist. Pembuatan toner  dan face mist ini yaitu siapain bahan seperti saffron dan air mawar. Kandungan pada air mawar tidak jauh berbeda dengan saffron, yaitu seperti anti inflamasi, menambah kelembaban, menenangkan kulit, mengatasi jerawat, dan masih banyak yang lainnya.

Bahan yang perlu di siapkan:

  • 100ml air mawar, masukkan kedalam botol toner
  • 5 helai saffron (Sesuai kebutuhan) dan masukkan saffron kedalam botol toner yang berisi air mawar

Biarkan terendam selama 1-2 hari, Biarkan saffron bercampur dengan air mawar. semakin lama di rendam akan semakin baik. Toner ini bisa digunakan setelah membersihkan wajah dengan sabun cuci muka pada pagi dan malam hari atau kamu dapat menjadikan toner ini sebagai face mist yang dapat kamu gunakan untuk menyegarkan wajahmu.

 

Baca Juga : 4 Rekomendasi Serum Wajah Dengan Kandungan Niacinamide 10%, Mampu Mengatasi Masalah Bekas Jerawat dan Kusam

 

7. Saffron untuk Mengurangi flek hitam

Saffron (Foto : pixabay.com)

Saffron sebagai anti-inflamasi yang dapat bermanfaat untuk mengurangi iritasi pada kulit dan pembengkakan pada wajah. Gunakan campuran saffron dan madu untuk mengurangi flek hitam akibat sinar UV pada wajah. Aplikasikan campuran saffron dan madu pada wajah yang terkena flek hitam dengan gerakan memijat. Setelah kering bilas dengan air. Lakukan kegiatan rutin ini setiap hari.

 

Baca Juga : Kleveru Sea Buckthorn Essence Toner Review

Artikel Terkait :

error: Content is protected !!