8 Kandungan Skincare yang Ampuh Menghilangkan Komedo dan Samarkan Pori

Komedo membandel dan pori-pori membesar merupakan permasalahan yang sering dialami wanita dan pria.Komedo merupakan jenis jerawat comedonal, yang terbagi ke dalam dua kategori: blackheads dan whiteheads. Blackheads merupakan komedo yang berwarna kehitaman dan whiteheads yang berwarna putih.

Untuk mengatasi komedo dan pori-pori membesar, banyak brand skincare yang mengeluarkan produk yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Karena banyaknya produk yang di tawarkan di pasaran, hendaknya kamu bisa memilih kandungan yang pas untuk menghilangkan komedo amupun pori-pori membesar.

Sebum yang menyumbat pori memang menjadi masalah utama timbulnya komedo. Untuk itu, menemukan kandungan yang dapat mengurangi produksi sebum adalah kunci kulit terbebas dari komedo. Berikut kandungan yang dapat mengurangi masalah komedo maupun sebum atau pori-pori.

 

Baca Juga : 9 Kandungan dalam Skincare yang Tidak Boleh Dicampur atau Digunakan Secara Bersamaan

 

1. Salicylic Acid

Contoh Produk Salicylic Acid (Foto: tokopedia.com)

Salicylic acid atau asam salisilat adalah kandungan skin care yang kini ada di hampir setiap produk perawatan kulit. Salicylic acid baik untuk mengatasi masalah komedo dan pori-pori, membantu membersihkan pori-pori hingga ke lapisan terdalam.

Hasil pemakaian dari bahan ini, wajah akan bersih dan tidak akan ada sisa sebum yang teroksidasi membentuk komedo. Salicylic acid ini hanya bermanfaat untuk membersihkan dan bukan menyembuhkan. Maka dari itu, kamu yang punya masalah jerawat meradang, harus lebih bijak untuk  memakainya.

Baca Juga : Rekomendasi Eye Cream Atasi Mata Panda dan Kerutan Halus

 

2. Niacinamide

Contoh Produk Niacinamide

Banyak jenis produk yang gencar mengeluarkan produknya yang menggunakan bahan Niacinamide. Niacinamide merupakan bahan skincare yang dapat mengontrol produksi sebum dan meminimalisir tampilan pori-pori sehingga banyak dijadikan bahan pembuatan skincare untuk mengatasi komedo.

Rutin memakai skincare yang mengandung Niacinamide membuat wajah kamu terbebas dari komedo dan jumlah sebum yang akan menyumbat pori-pori jadi berkurang. Selain itu Niacinamide juga mampu menjaga kelembaban kulit, membantu memperkuat lapisan kulit terluar, mengencangkan kulit dan mempunyai sifat anti-inflammatory yang bagus untuk meredakan kemerahan yang disebabkan oleh radang jerawat.

 

Baca Juga : 4 Rekomendasi Serum Wajah Dengan Kandungan Niacinamide 10%, Mampu Mengatasi Masalah Bekas Jerawat dan Kusam

 

3. AHA

Contoh Produk AHA (Foto: Tokopedia.com)

AHA umumnya ditemukan dalam berbagai produk eksfoliasi. Produk eksfoliasi dengan AHA atau BHA memiliki kemampuan untuk melepaskan sel-sel kulit mati yang menempel pada permukaan kulit. Namun bedanya dengan, BHA dapat bekerja membersihkan hingga ke dalam pori-pori.

Kemampuan AHA (alpha hydroxy acids) untuk mengeksfoliasi kulit secara chemical tanpa menyebabkan iritasi memang menjadi kunci utamanya. Dengan begitu, minyak, sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat di pori-pori bisa terangkat dengan sempurna.

 

Baca Juga : 5 Rekomendasi Toner AHA BHA Atasi Kulit kusam

 

4. Benzoyl Peroxide

Contoh Produk Benzoyl Peroxide (Foto: cerave.com)

Benzoyl peroxide digunakan untuk mengatasi jerawat jenis inflammatory dan termasuk jerawat jenis comedonal. Benzoyl peroxide merupakan kandungan yang efektif untuk hampir semua jenis jerawat, termasuk blackheads dan whiteheads.

Penggunaan produk dengan kandungan Benzoyl peroxide dapat membantu membunuh bakteri pada kulit dan area pori-pori, agar komedo tidak semakin parahTetapi, Benzoyl peroxide memiliki efek samping membuat area kulit menjadi sangat kering, sehingga kamu perlu mengimbangi penggunaan Benzoyl peroxide dengan pelembap yang memadai.

 

Baca Juga : 6 Rekomendasi Exfoliating Toner yang Aman Bagi kulit jerawat dan sensitif

 

5. Retinol

Contoh Profuk Retinol (Foto: editorial.femaledaily.com

Retinol merupakan turunan dari vitamin A dan kandungan utama nya sebagai anti-aging. Retinol yang juga efektif mengatasi komedo karena kemampuannya mengangkat sel kulit mati dan mendorong pertumbuhan sel kulit yang baru. Retinol juga berfungsi untuk mencegah jerawat, hyperpigmentation, dan masalah penuaan dini.

Retinol merupakan kandungan skincare yang mampu membuat pori-pori tampak lebih kencang. Kamu bisa menggunakan produk anti-aging yang mengandung retinol, dan membuat kulit tampak lebih flawless dengan pori-pori kecil. Untuk hasil maksimal, gunakan skincare yang mengandung retinol minimal dua minggu sekali.

 

Baca Juga : 5 Rekomendasi Produk Skincare Retinol Terbaik, Dalam Mengatasi Jerawat Hingga Mencegah Tanda-Tanda Penuaan Dini 

 

6. Clay

Contoh Produk Clay (Foto: tokopedia.com)

Produk Clay sendiri banyak ditemukan pada masker clay yang berasal dari abu vulkanik maupun sedimen yang kaya akan mineral.  Masker yang mengandung clay juga mampu mengatasi komedo dan pori-pori, sebab kandungan clay ini akan membersihkan pori-pori dan menyerap sebum, tapi tidak membuat kulit terasa kering. Setelah pemakaian, kulit jadi terasa kencang dan kenyal.

 

Baca Juga : 10 Rekomendasi Clay Mask Terbaik

 

7. Oil

Contoh Produk Oil (Foto: sociolla.com)

Jangan takut dengan produk skincare yang berbahan oil. karena kandungan dari oil dapat membantu menghilangkan komedo. Selain itu, komedo sendiri dapat timbul karena produksi minyak berlebih pada wajah. Hal ini merupakan reaksi yang dapat timbul karena wajah tidak terhidrasi dengan baik.

Salah satu produk dari oil ialah cleansing oil yang berfungsi untuk membersihkan wajah. Dengan mengaplikasikan minyak ke wajah, maka kulit akan terhidrasi dan sebagai hasilnya, akan mengurangi produksi minyak di wajah. Dengan berkurangnya produksi minyak maka sebum tidak akan menyumbat pori-pori atau membuat pori-pori tampak besar.

 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik

 

8. Hyaluronic Acid 

Contoh Produk Hyaluronic Acid (Foto: somethinc.com)

Hyaluronic acid merupakan pelembap yang bagus karena dapat menarik dan menahan air dalam tubuh, termasuk kulit. Kandungan ini dapat mengatasi masalah komedo dan pori-pori yang membesar. Hyaluronic acid ini akan memastikan kulit wajah selalu terhidrasi sehingga pori-pori tampak lebih kecil.

Hyaluronic acid juga mampu mengikat kelembapan kulit dalam waktu lama, sehingga kulit tidak mudah kering dan pori-pori pun tidak akan membesar dengan sendirinya.

 

Baca Juga : 10 Rekomendasi Serum Hyaluronic Acid Terbaik, Atasi Masalah Kulit Dehidrasi

 

error: Content is protected !!