Cara Memperbaiki Tekstur Kulit yang Tidak Rata

Permasalahan kulit seperti kulit kering, kasar, berkomedo, berjerawat akan membuat kulit wajah jadi terlihat memiliki tekstur dan tidak halus. Adapun penyebab yang membuat kulit tidak rata, antara lain penumpukan sel kulit mati, kulit tidak terhidrasi dengan baik, bekas jerawat, pengaruh paparan sinar matahari dan polusi, pemakaian produk yang salah, alergi.

Penyebab lainnya yaitu faktor usia, dikarenakan produksi kolagen akan menurun dan sel-sel kulit akan kehilangan kemampuan untuk mempertahankan tekstur, kekencangan, kelembapan hinga warna kulit. Hal ini dapat membuat tekstur kulit wajah tidak rata sehingga muncul penuaan dini seperti kerutan dan garis halus.

Tekstur kulit yang tidak merata serta kulit yang gradakan membuat siapa saja tidak percaya diri. Berikut beberapa tips untuk kamu yang ingin memperbaiki tekstur kulit yang tidak merata serta gradakan dan membuat testur kulit halus kembali.

 

Baca Juga : 7 Manfaat Saffron untuk Kecantikan Kulit Wajah

 

1. Rajin Eksfoliasi secara rutin

Eksfoliasi wajah (Foto: popbela.com)

Sel kulit mati yang menumpuk bisa membuat tampilan wajah Anda menjadi tidak rata, terasa kasar, dan terlihat kusam. Salah satu cara memperbaiki tekstur yang tidak merata dan kasar ialah dengan cara eksfoliasi wajah memakai scrub yang lembut, chemical exfoliant, sonic cleaning brush. 

Eksfoliasi berfungsi untuk membersihkan wajah dan mengangkat sel kulit mati yang menumpuk. Lakukan eksfoliasi sebanyak dua kali dalam satu minggu. Carilah produk eksfoliasi yang cocok untuk jenis kulit kamu.

 

 

2. Bersihkan Kulit Secara Menyeluruh

Bersihkan Wajah (Foto: tokopedia.com)

Salah satu urutan skincare yang memiliki peran penting untuk memperbaiki tekstur kulit wajah. Dikarenakan dapat mencegah masalah-masalah kulit, seperti gatal-gatal dan jerawat. Wajah yang bersih juga membantu kulit bisa lebih menyerap berbagai produk skincare.

 

Baca Juga : 6 Rekomendasi Exfoliating Toner yang Aman Bagi kulit jerawat dan sensitif

 

3. Gunakan Produk Skincare yang Mengandung Vitamin C

Vitamin C (Foto: pexels.com)

Banyak kandungan  vitamin C  dapat ditemukan dalam  produk skincare. Kandungan vitamin C  sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan tekstur kulit yang rusak, meratakan warna kulit dan menghaluskan tekstur kulit yang tidak rata.

Baca Juga : Rekomendasi Serum Vitamin C Terbaik 

 

4. Gunakan Face Oil

Face oil (Foto: pexels.com)

Face oil perlu digunakan dalam skincare rutin sehari-hari. Jenis kulit apapun termasuk kulit yang berminyak maupun berjerawat perlu pakai face oil. Manfaatnya ialah melembapkan kulit,  mampu membuat kulit lebih kenyal, mampu memperbaiki tekstur kulit, dan mengontrol produksi sebum di kulit. Perlunya memilih jenis face oil yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kulit maupun jenis kulit kamu.

 

Baca Juga : 10 Rekomendasi Face Oil Lokal Terbaik

 

5. Rutin Menggunakan Sunscreen 

Gunakan sunscreen (Foto: pexels.com)

Terlalu banyak terpapar sinar matahari akan memberikan dampak negatif bagi kulit. Akibatnya jika terlalu sering terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama maka perlu waktu panjang untuk memperbaikinya kulit bertekstur.

Penting nya memakai sunscreen atau sun protection ialah dapat mencegah dan melindungi dari tekstur kulit yang tidak rata. Gunakanlah sunscreen dengan minimal SPF 30 untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. muka bertekstur bisa cepat kembali halus.

 

Baca Juga : Review Kleveru Ceramide Calm Facial Oil – Solusi Kulit Berjerawat dan Bekas Jerawat 

 

6. Rutin Menggunakan Moisturizer

pemakaian moisturizer (Foto: allure.com -Getty Images)

Moisturizer atau pelembab merupakan salah satu step skincare yang tergolong basic namun kadang dilupakan. Karena tekstur wajah yang rusak, kulit butuh nutrisi yang cukup untuk memperbaikinya. Wajah akan terlihat lebih segar dengan penggunaan moisturizer.

Selain itu, pelembap yang kaya akan kandungan natural akan mengontrol produksi minyak berlebih serta mencegah kondisi wajah terlihat kering dan kusam. Kandungan moisturizer dengan dominasi bahan tea tree, olive oil atau volcanic untuk mengecilkan pori-pori wajah.

 

Baca juga : 10 Rekomendasi Pelembab “Moisturizer” untuk Remaja dengan Formula Ringan

 

 

1 Comments

Leave a Comment

error: Content is protected !!