Lakukan 8 Cara Merawat Kulit Wajah Tampak Cerah dan Glowing Alami

Kulit wajah cerah dan glowing merupakan kulit dambaan bagi banyak orang. Tampilan wajah glowing memiliki ciri permukaan kulit yang halus, kenyal dan tampak bercahaya. Sedangkan kulit yang cerah terlihat segar, bersih dan menjadikan kulit sehat natural.

Para wanita dan pria, berlomba-lomba mencari cara agar mendapatkan kulit wajah yang cerah dan glowing serta sehat. Oleh karena itu, ubahlah kebiasaan maupun pola hidup yang berdampak pada kulit kamu. Penasaram apa saja cara hyang dapat merawat kulit agar tampak cerah nan glowing? Yuk simak lebih lengkapnya!

 

Baca Juga : 10 Rekomendasi Cleansing Balm Terbaik dan Terjangkau

 

1.  Rutin Meminum Air Putih

Rutin Minum Air putih (Foto: pexels.com)

Kebiasaan yang sering di lewatkan ialah meminum air putih secara rutin. Padahal dengan meminum air putih mendapat banyak manfaat yang kita dapatkan, terutama berdampak ke kulit wajah kita. Air berguna untuk menambah cairan dan menghilangkan racun di kulit. Kekurangan minum air putih bisa menyebabkan sakit kepala, asma, sembelit, dan hipertensi.

Manfaat dari mengkonsumsi air ialah dapat mejaga kelembapan dan melancarkan nutrisi ke sel-sel kulit, Air putih mampu memperbaiki jaringan kulit dan meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu, air putih dapat membantu menghidrasi kulit agar tidak kering dan memperlancar sistem metabolisme tubuh.

Kamu dapat memulai dengan rajin meminum air putih, minimal 15-20 gelas per hari atau sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter.

 

Baca Juga : Cara Memperbaiki Tekstur Kulit yang Tidak Rata

 

2. Konsumsi Makanan yang Sehat

Makanan Sehat (Foto: Pexels.com)

Makanan yang kita konsumsi juga harus diperhatikan. Dikarenakan makanan yang kita konsumsi pun memiliki peran penting dalam merawat kesehatan kulit. Mengkonsumsi makanan yang sehat maka akan berdampak langsung ke tubuh dan tampak kulit wajah yang sehat. Kamu hanya perlu rajin mengkonsumsi sayur dan buah-buahan saja.

Baca Juga : BASIC SKIN CARE ROUTINE (PAGI DAN MALAM)

 

3. Tidak Lupa Double Cleansing

Double Cleansing dengan Cleansing Oil

Setelah beraktivitas seharian diluar, wajah akan terkontaminasi oleh debu dan plusi serta make up. Jangan lupa lakukan double cleansing pada kulit wajah. Lakukan double cleansing dengan menggunakan produk berupa cleansing oil, cleansing milk, atau micellar water.

Setelah double cleansing, gunakan produk berupa sabun cuci muka seperti facial wash atau facial foam yang kamu gunakan sehari-hari.Apabila dilakukan secara rutin, double cleansing dapat membantu wajah lebih terlihat cerah dan glowing serta terhindar dari kulit kusam!

 

Baca Juga : 10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik

 

4. Melakukan Eksfoliasi Wajah

Exfoliating (Foto: popbela.com)

Kulit Kusam diakibatkan oleh  sel kulit mati yang menumpuk karena tidak dilakukan exfoliasi secara rutin. Exfoliasi berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan sisa kotoran ataupun minyak berlebih. Dengan dilakukan exfoliasi secara rutin membuat kulit menjadi lebih cerah dan halus.

Kamu dapat mengeksfoliasi wajahmu secara rutin 1-3 kali seminggu. Agar terhindar dari iritasi, jangan lupa untuk memastikan scrub yang digubakan. Pastikan untuk selalu menggunakan scrub yang memang lembut dan nyaman. Selain scrub, gunakan prodok chemical exfoliator yang menggunakan bahan utamanya AHA dan BHA yang paling umum digunakan.

Baca Juga : 6 Rekomendasi Exfoliating Toner yang Aman Bagi kulit jerawat dan sensitif

 

5. Istirahat yang Cukup

Tidur yang cukup (Foto: pexels.com)

Jika kamu terlalu sering begadang,berhenti kebiasaan tersebut mulai sekarang. Dampak negatif yang kamu rasakan ketika sering begadang ialah munculnya jerawat, mata panda, kulit kusam, dan membuat wajah terlihat lebih tua. Maka dari itu, kamu yang ingin mendapatkan kulit wajah yang cerah, jangan lupa untuk memperhatikan kualitas istirahat kamu.

 

Baca Juga : 10 Rekomendasi Eye Patch Terbaik, Atasi Kerutan dan Mata Panda

 

6. Rutin Maskeran Dua Kali Seminggu

Rutin Maskeran (Foto : pexels.com)

Masker wajah merupakan langkah tambahan untuk merawat wajah. Kandungan dalam masker dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi kulit wajah.

Manfaat dari maskeran ialah dapat mencerahkan kulit wajah, menghidrasi kulit, melembapkan, hingga mengencangkan kulit wajah. Maskeran wajah dilakukan dengan rutin sebanyak dua kali seminggu dengan durasi 10-20 menit.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Masker Wajah Viral di Tiktok, untuk Kulit Berjerawat

 

7. Menjaga Kelembapan Wajah

Jaga Kelembapan Kulit (Foto: Pexels.com)

Memakai pelembap adalah cara merawat wajah yang paling mendasar untuk menjaga kesehatan kulit. Pemakaian pelembab bisa digunakan bagi kulit yang berminyak, berjerawat dan kering. Manfaat dari pemakaian pelembab agar  terlihat lebih sehat dan terhindar dari kusam.

Selain itu, rutin menggunakan pelembab ialah dapat mencegah datangnya tanda-tanda penuaan dini seperti flek hitam dan kerutan serta mengurangi berbagai masalah kulit wajah yang ditimbulkan.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Pelembab “Moisturizer” untuk Remaja dengan Formula Ringan 

 

8. Gunakan Sunscreen

ilustrasi pemakaian sunscreen (Foto: allure.com)

Semua jenis kulit memerlukan perlindungan SPF untuk menangkal sinar UV matahari dan radikal bebas yang dapat membuat kulit kusam. Jangan sampai melewatkan penggunaan sunscreen agar membuat kulit wajah menjadi lebih cerah dan glowing.

Gunakan sunscreen saat beraktivitas di dalam rumah maupun di luar rumah. Pilihlah sunscreen yang memang kamu sukai dan cocok untuk jenis kulit kamu, dan jangan lupa untuk melakukan re-apply sunscreen 2-3 jam sekali.

 

Baca Juga : Serum Terbaru Scarlett Whitening : Acne Serum dan Brightly Ever After Serum 

 

error: Content is protected !!