Simak! Perbedaan Cleansing Oil dan Cleansing Balm

Membersihkan wajah ataupun mencuci wajah merupakan hal yang wajib untuk membersihkan kotoran dari polusi dan sisa make up. Namun, mencuci wajah saja tidak cukup untuk membersihkan sisa kotoran seperti make up bersifat anti air atau waterproof. Biasanya penggunaan cleansing oil dan cleansing balm biasa disebut dengan double cleansing.  Lantas, apa saja sih perbedaan dari kedua jenis cleansing ini? Langsung intip aja yuk!

 

Baca Juga : 10 Rekomendasi Masker Wajah Viral di Tiktok, untuk Kulit Berjerawat

 

1. Cleansing Oil

Cleansing oil

Cleansing oil merupakan produk pembersih makeup berbasis minyak. Penggunaan surfaktan yang memungkinkan makeup, debu, serta kotoran di kulit dibilas dengan air. Kandungan surfaktan pada cleansing oil cenderung rendah dan tidak menimbulkan iritasi.

Cleansing oil lebih ramah dan lembut untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif dan kulit berminyak. Walaupun berbahan dasar minyak, cleansing oil sudah disesuaikan formula nya sehingga tidak akan menyumbat pori-pori wajah.

Cleansing oil memiliki berbagai macam tekstur, mulai dari yang ringan hingga yang kental. Pada saat dibilas, cleansing oil akan teremulsi oleh air dan berubah tekstur menjadi milky, sehingga dapat terangkat tanpa meninggalkan residu. Meski demikian, ada beberapa merek cleansing oil yang membutuhkan bantuan air hangat untuk membilasnya.

Kelebihan dari Cleansing oil adalah cleansing oil lebih higienis, formula tersebut tidak terkespos pada udara daripada balm. Kekurangannya ialah Cleasing oil gampang tumpah/berantakan dan berminyak. Cleansing oil juga cocok dipakai untuk kulit yang berminyak, karena deep cleansing dari cleansing oil bisa membuat kulit wajah kering, yang sangat enggak bagus buat kita yang punya kulit kering.

 

Baca Juga : 10 Rekomendasi Cleansing Oil Terbaik

 

2. Cleansing Balm

Cleansing balm (Foto: self.com)

Cleansing balm merupakan produk pembersih yang dapat menghapus makeup di wajah secara lembut tanpa menghilangkan kelembapan alaminya. Cleansing balm adalah pembersih wajah yang mempunyai tekstur yang berbeda dari cleansing oil.

Karakteristik tekstur pada cleansing balm memiliki tekstur yang padat pada awalnya. Tekstur padat akan meleleh pada suhu tubuh dan menjadi berminyak saat dioleskan ke kulit. Karena karakteristiknya pada cleansing balm dikategorikan antara minyak dan krim. Jika kamu sudah pernah menggunakan produk lip balm dan body balm, tentu lebih mudah membayangkan teksturnya.

Cleansing balm juga sangat mudah untuk beradaptasi dengan kulit serta tidak gampang kesat. Cocok digunakan untuk memijat wajah sembari membersihkannya. Selain itu, cleansing balm biasanya hadir dalam kemasan jar. Jadi, tidak perlu khawatir akan tumpah karena isinya diambil menggunakan spatula.

Kelebihan dari cleansing balm adalah formula cleansing balm lebih mudah dipakai saat traveling atau bepergian dan Cleansing balm efektif banget menghilangkan makeup. Kekurangan dari ini cleansing balm lebih banyak usaha ketika membuka wadah, menyendok produk dan memijatnya di kulit sampai emulsi, bikin produk ini kesannya lebih ribet dibandingkan cleansing oil.

Pokoknya setiap produk memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing, tinggal kamu aja yang menyesuaikan kebutuhan dan cara pemakaian yang menurut kamu lebih mudah di aplikasikan dan nyaman tanpa ribet.

 

1 Comments

Leave a Comment

error: Content is protected !!