Ternyata ini Bedanya Sebaceous Filaments dan Blackheads, yang Kamu Harus Tau!

Sering merasa tidak percaya diri dengan wajah tanpa makeup. Karena dibagian hidung terlihat bintik-bintik hitam yang menyerupai blackhead atau komedo. Pastinya kamu akan segera terburu-buru ingin menghilangkan masalah komedo ini.

Sebelum cari tahu cara menghilangkannya, lebih baik cari tahu dulu apa sih bintik hitam tersebut. Jangan-jangan bintik hitam yang Kamu alami ternyata bukan komedo atau blackheads, melainkan sebaceous filamens. Kedua nya memiliki kondisi yang mirip dengan blackheads namun berbeda. Simak perbedaannya!

 

Baca Juga : Lakukan 8 Cara Merawat Kulit Wajah Tampak Cerah dan Glowing Alami

 

Perbedaan Sebaceous Filaments dengan Blackheads

Perbedaan Sebaceous Filaments dengan Blackheads (Foto: facebook.com – @JoulesMedspaLaserCenter )

Sebaceous filaments dan blackheads mememiliki penampilan yang sama, yakni bintik-bintik hitam yang kerap muncul di hidung ataupun dagu. Sebaceous filaments terbentuk dengan cara yang berbeda dengan blackheads. Blackheads terbentuk dari pori-pori yang tersumbat. Selain itu, blackheads juga dikategorikan dalam keluarga jerawat.

Sebaceous filaments terbentuk dari partikel yang dihasilkan oleh kelenjar minyak. Sebaceous filaments merupakan rambut halus yang melapisi pori-pori, yang berfungsi untuk mengalirkan minyak ke permukaan kulit. Sebaceous filaments memiliki ciri-ciri yang halus saat disentuh dan memiliki warna gelap yang seperti abu-abu. Sedangkan blackheads memiliki warna hitam, akibat teroksidasi oleh paparan sinar matahari, dengan tekstur kasar ketika disentuh tangan.

Perbedaan antara sebaceous filaments dengan blackheads ialah bentuknya. Biasanya sebaceous filaments memiliki bentuk yang sedikit lebih rata, sementara blackheads memiliki bentuk yang sedikit menonjol akibat tersumbatnya pori-pori oleh sebum atau sel kulit mati.

 

Baca Juga :4 Rekomendasi Serum Wajah Dengan Kandungan Niacinamide 10%, Mampu Mengatasi Masalah Bekas Jerawat dan Kusam

 

Sebaceous Filaments Tidak Dapat Dihilangkan Namun Dapat di Atasi

Cara Mengatasi Sebaceous Filaments (Foto : pexels.com)

Sebaceous filaments merupakan suatu kondisi yang wajar dan tidak dapat dihilangkan dari permukaan kulit wajah. Karena sebaceous filaments merupakan kondisi normal, yang terjadi secara alami pada kulit wajah, untuk mengalirkan minyak dari pori-pori keseluruh wajah.

Sebaceous filaments ini muncul di wajah, khususnya hidung dan dagu. Sebaceous filaments bukanlah suatu masalah pada kulit wajah yang perlu disingkirkan seperti blackheads.

Tidak ada cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan sebaceous filaments, namun bisa di atasi dengan  perawatan wajah untuk merawat sebaceous filaments, serta membantu membersihkan pori-pori dan mengontrol produksi minyak di kulit wajah.

 

Cara Mengatasi sebaceous filaments

Walaupun sebaceous filaments merupakan hal yang normal di setiap kulit wajah kita. Namun kondisi dari sebaceous filaments yang mirip dengan blackheads ini terkadang juga mengganggu penampilan. Maka dari itu, kondisi kulit seperti ini hanya dapat meminimalisir tampilannya.

Cara mengatasinya, kamu lalukan perawatan kulit secara teratur untuk menghindari penumpukan minyak dan kotoran. Salah satunya dengan dilakukan eksfoliasi menggunakan kandungan BHA secara teratur, mengingat sifat BHA yang larut dalam minyak. Penggunaan clay mask secara rutin juga disarankan karena sifatnya yang menyerap minyak pada kulit.

Selain itu juga,  lakukan double cleansing secara rutin, serta menggunakan masker wajah yang berfungsi untuk menyerap sebum, lalu menggunakan pelembap secara rutin dapat meminimalisir produksi sebum di wajah.

 

Baca Juga : 10 Rekomendasi Clay Mask Terbaik

Artikel Terkait :

error: Content is protected !!