5 Kandungan Skincare yang Dapat Menghilangkan Bekas Jerawat

Masalah jerawat menjadi salah satu problematika kulit wajah yang sering dialami, terutama bagi pemilik jenis kulit cenderung berminyak atau kombinasi. Jerawat merupakan suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang.

Wajah yang berjerawat pastinya akan meninggalkan bekas. Bekas jerawat memang dapat mengganggu penampilan,apalagi jika bekas jerawatnya membandel dapat bertahan lama. Maka dari itu, perlunya menghilangkan bekas jerawat secara bertahap, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu perlu memahami penyebab mengapa jerawat bisa meninggalkan bekas yang sulit pudar.

Berikut cara menghilangkan bekas jerawat beserta lima kandungan skincare yang dapat menghilangkan bekas jerawat!

 

Baca Juga: 5 Vitamin yang Dibutuhkan Kulit dan Mencegah Penuaan dini

 

1. Alpha Hydroxy Acid atau AHA

AHA (Alpha Hydroxy Acid) adalah senyawa yang memiliki ukuran molekul yang kecil yang bekerja dengan menembus permukaan kulit sehingga dapat dengan mudah memproses pengelupasan kulit atau eksfoliasi. Proses pengelupan sangat di butuhkan oleh kulit, hal tersebut dikarenakan kulit wajah memproduksi sel kulit baru dan mengganti sel kulit lama.

Maka dari itu. kulit wajah membutuhkan bantuan produk eksfoliasi yang hanya di lakukan pada lapisan permukaan kulit saja. Fungsi mereka yang bisa menghilangkan kulit mati dan menyamarkan bekas jerawat. Jenis kandungan yang satu ini termasuk ringan untuk mengangkat kulit mati tanpa mengubah warna dan membuat kulit terasa kasar.

Baca Juga : 6 Rekomendasi Exfoliating Toner yang Aman Bagi kulit jerawat dan sensitif 

 

2. Niacinamide

Niacinamide merupakansalah satu bentuk Vitamin B3, vitamin ini memproduksi ceramide sehingga dapat menjaga kelembapan wajah dan menangkal polusi. Kandungan ini mampu melawan bakteri penyebab jerawat dan dapat menangani masalah kulit seperti dehidrasi, sensitif, kusam, dan banyak garis halus, memperbaiki tekstur kulit dan hiperpigmentasi.

 Niacinamide sangat cocok bagi kulit berjerawat bahkan cocok untuk semua tipe kulit karena mampu menjaga kelembaban kulit, membantu memperkuat lapisan kulit terluar, mengencangkan kulit dan mempunyai sifat anti-inflammatory yang bagus untuk meredakan kemerahan yang disebabkan oleh radang jerawat.Niacinimide memiliki manfaat untuk membantu mencerahkan kulit dengan cara merangsang produksi kolagen sehingga membuat noda hitam bekas jerawat tersamarkan. 

Bagi kamu yang ingin menggunakan produk yang berbahan utama niacinamide bisa baca di sini

Baca Juga : 8 Skincare lokal dari Avoskin Skin Your Bae Terbaru Atasi Berbagai Permasalahan Kulit

 

3. Vitamin C

Vitamin C merupakan antioksidan yang efektif menghambat radikal bebas yang menyebabkan kerutan dan penuaan. Vitamin C adalah salah satu vitamin penting yang cocok untuk semua jenis kulit. Namun, Vitamin C  memiliki asam yang sangat tinggi sehingga membuat kulit sensitif terasa perih.

Teruntuk kulit yang sensitif, hindari vitamin C yang terbuat dari ascorbic acid dan L-ascorbic acidAscorbic acid memiliki sifat yang tidak stabil dan sulit diformulasikan, serta terkadang menimbulkan iritasi ringan di kulit. Rupa lain vitamin C yang biasa ditemukan adalah ascorbyl tetraisopalmitate atau o-ethyl-ascorbic acid yang sifatnya stabil dan lebih mudah diterima oleh kulit.

Vitamin C bisa dirasakan manfaat pada kulit yang mampu meningkatkan produksi kolagen, elastisitas kulit, dan mengurangi keriput, mencerahkan kulit dan mencegah tumbuhnya noda hitam.

Baca Juga: Rekomendasi Serum Vitamin C Terbaik

 

4. Retinol

Retinol merupakan turunan dari vitamin A dan kandungan utama nya sebagai anti-aging. Retinol yang juga efektif mengatasi komedo karena kemampuannya mengangkat sel kulit mati dan mendorong pertumbuhan sel kulit yang baru. Retinol juga berfungsi untuk mencegah jerawat, hyperpigmentation, dan masalah penuaan dini.

Retinol merupakan kandungan skincare yang mampu membuat pori-pori tampak lebih kencang. Kamu bisa menggunakan produk anti-aging yang mengandung retinol, dan membuat kulit tampak lebih flawless dengan pori-pori kecil. Untuk hasil maksimal, gunakan skincare yang mengandung retinol minimal dua minggu sekali.

Baca Juga: Rekomendasi Produk Retinol Untuk Pemula

 

5. Kojic Acid

Asam kojic atau kojic acid pada umumnya ditemukan di beberapa produk yang diklaim dapat mencerahkan wajah. Kojic acid terbuat dari fermentasi beras yang berfungsi untuk menyamarkan bekas jerawat, flek hitam. Produk yang memiliki kandungan kojic acid biasanya juga akan dipadukan dengan kandungan glycolic acid agar tetap stabil.

Baca Juga : 4 Rekomendasi Produk The Ordinary untuk Kulit Berjerawat

 

Leave a Comment

error: Content is protected !!