5 Kesalahan Umum dalam Membersihkan Wajah yang Masih Sering Dilakukan

Ketika kamu seharian beraktivitas di luar rumah ataupun didalam rumah pasti wajah kamu kelihatan kusam, berminyak dan lengket. Hal tersebut dikarenakan banyak nya polusi yang ada di sekitar kita dan perlunya membersihkan wajah. Membersihkan wajah adalah aktivitas rutin harian.

Ternyata ada beberapa kebiasaan dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada kulit, termasuk kekeringan pada kulit, iritasi, berminyak, dan berjerawat. Berikut ada lima kesalahan saat mencuci wajah yang paling sering dilakukan yang bisa saja dampaknya bisa merusak kulit wajah.

 

Baca Juga : 5 Vitamin yang Dibutuhkan Kulit dan Mencegah Penuaan dini

 

1. Mencuci Wajah Terlalu Sering

Foto: freepik.com

Umumnya, mencuci satu atau dua kali sehari adalah maksimal dalam membersihkan wajah, jika lebih dari itu dapat mengiritasi kulit. Jika terlalu sering mencuci muka, kulit akan kering dan dapat kelebihan produksi minyak atau kulit dehidrasi.

Jika kalian tidak memakai riasan, mengoleskan tabir surya, atau berkeringat banyak, lewatkan pembersih di malam hari dan cobalah membilasnya dengan air hangat. Memberikan kulit kalian istirahat dari penggunaan produk adalah merupakan langkah yang sehat.

 

Baca Juga : Review Kleveru Sea Buckthorn Cleansing Gel, Bagus untuk Kulit Sensitif

 

2. Tidak Menghapus Makeup Sebelum Mencuci Muka

Foto: freepik.com

Kesalahan yang paling umum terjadi dalam membersihkan wajah adalah tidak menghapus makeup sebelum mencuci muka. Gunakan Double Cleansing seperti Cleansing Oil, Cleansing Balm dan Micellar Water agar pori-pori tidak tersumbat dan berujung menjadi komedo atau jerawat. Setelah itu gunakan produk face wash.

 

Baca Juga : Simak! Perbedaan Cleansing Oil dan Cleansing Balm

 

3. Tidak Membilas Wajah dengan Bersih

Foto: freepik.com

Tidak bersih saat melakukan pembilasan akan terjadinya penumpukan residu pada wajah. Hal itu dapat menyumbat pori-pori dan mengeringkan kulit. BIlaslah wajah dengan memperhatikan sela sela kecil seperti bagian hidung, rahang maupun garis rambut.

 

 

Baca Juga : Lakukan 8 Cara Merawat Kulit Wajah Tampak Cerah dan Glowing Alami

 

4. Tidak Menggunakan Handuk atau Tisu Khusus Wajah

Foto: freepik.com

Umumnya, orang menggunakan handuk badan untuk mengeringkan wajah. Mengeringkan wajah dengan handuk juga bisa menjadi masalah. Pertama, jika handuk tersebut terkontaminasi bakteri atau jamur. Kedua jika handuk tersebut sangat abrasif sehingga mengakibatkan wajah jadi iritasi.

Maka dari itu, Anda harus lebih berhati-hati ketika mengeringkan wajah dan pilihlah handuk dengan material yang lembut. Selain itu, selalu gunakan handuk bersih dan jangan pernah mengeringkan wajah dengan handuk yang sama untuk mengeringkan tubuh.

Jangan mengeringkan wajah pakai handuk kasar. Lebih baik keringkan dengan kain lembut atau tisu khusus wajah  dan ditepuk-tepuk pelan saja sampai kering, tidak perlu digosok atau diusap dengan kasar.

 

 

Baca Juga : 5 Produk Skincare yang Mengandung Salicylic Acid, Cocok untuk Kulit Berjerawat

 

5. Membasuh Muka Terlalu Kasar

Foto: freepik.com

Sebagian besar orang berpikir bahwa dengan menggosokan kulit wajah secara kencang akan membuat wajah kita menjadi lebih bersih dan dapat menghilangkan kotoran. Hal tersebut justru  dapat menbuat Wajahmu rentan akan iritasi, kerusakan pembuluh rambut, dan dapat menyebabkan peradangan pada kulit, dan membuat. Gosoklah wajah dengan lembut dan perlahan-lahan atau sekedar usap usap wajah.

 

Baca Juga : 10 Rekomendasi Acne Patch Terbaik, Ampuh Atasi Masalah Jerawat

 

 

error: Content is protected !!