5 Makanan Korea yang Bisa Kamu Masak Sendiri Di Rumah

Di tengah ketidakpastian akibat Covid-19 ini, salah satu cara untuk menghibur diri adalah dengan makanan. Dalam kondisi seperti ini, memang paling enak mengandalkan layanan makanan pesan antar dan take away. Jika kamu bosan dengan menu layanan pesan antar, kamu bisa memasak sendiri jika ingin memasak makanan yang berbeda, maka kamu bisa coba beberapa menu masakan korea dibawah ini.

 

Baca Juga : 10 Street Food Khas Korea Selatan Paling Favorit dan Kamu Harus Cobain

 

1. Mini Kimbap

Mini Kimbap (Foto: lessonsgowhere.com.sg)

Kimbap ini bisa kamu buat sendiri di rumah. Biar lebih mudah kamu bisa membuat versi mini dari makanan Korea ini.Cukup siapkan bahan-bahan seperti rumput laut kering, sayuran (wortel, timun, dan bayam), acar lobak kuning (optional), telur, dan nasi. Cara bikinnya, tumis wortel dan timun yang sudah dipotong memanjang seperti korek api. Untuk bayam bisa kamu rebus dalam air yang sudah dibumbui sedikit garam.

Buatlah telur dadar kemudian iris tipis seukuran dengan sayur yang telah dipotong. Setelah isiannya siap, kamu bisa langsung meletakkan nasi yang sudah diberikan campuran sedikit minyak wijen di atas rumput laut kering. Ratakan nasi, kemudian susun sayuran dan telur diatasnya. Usahakan untuk tidak menaruh terlalu banyak isian agar saat digulung rumput lautnya tidak sobek.

 

Baca Juga : 10 Makanan Viral Asal Korea Yang Harus Kamu Cobain

 

2. Ramyeon

Ramyeon (Foto: popbela.com)

Ramyeon atau ramen adalah mie instan versi korea. Di setiap drama Korea pasti ada adegan makan ramyeon. penyajian  mie instan dari korea ini sangat unik, karna disajikan langsung bersama pancinya. Isian dalam Ramyeon ialah terdapat sayuran dan telur. Orang Korea biasa menyantap ramyeon ini bersama kimchi agar rasanya lebih nikmat.

 

Baca Juga : 10 Rekomendasi Makanan dan Minuman yang Viral Saat Pandemi, Dijamin Suka!

 

3. Tteokbokki

Tteokbokki (Foto: pinterest.com)

Tteokbokki terbuat dari kue beras dengan tekstur kenyal dan saus merah yang pedas manis. Tteokbokki sudah banyak dijual di Indonesia dan sangat mudah ditemukan.

 

Baca Juga : 5 Rekomendasi Minuman Boba Terenak Di Bandung

 

4. Bibimbap

Bibimbap (Foto: greatbritishchefs.com)

Bibimbap atau yang berarti nasi campur ala korea yang terbuat dari nasi putih dan aneka macam lauk dan sayurab serta saus sambal. Bibimbap disajikan dalam mangkuk dengan lauk yang disusun sedemikian rupa, baru diaduk-aduk saat akan di makan.

 

Baca Juga : 7 Jajanan Ini Cocok Untuk Menjadi Teman Camilan Kamu di Rumah

 

5. Korean Vegetable Pancake (Yachaejeon)

Korean Vegetable Pancake (Yachaejeon) (Foto: maangchi.com)

Salah satu jenis pancake yang bisa kamu buat adalah yachaejon atau pancake sayur ala Korea. Bahan-bahan untuk membuat pancake ini juga mudah dan cara membuatnya hampir sama seperti membuat bakwan atau omelet.

Untuk bahan-bahannya, kamu bisa siapkan beberapa sayuran, seperti wortel, zucchini, dan daun bawang. Kamu juga bisa menambahkan topping lain, seperti jamur atau bahkan seafood. Siapkan pula tepung terigu, telur, air, dan garam.

Campurkan tepung, garam, telur, dan air. Kemudian masukkan isian atau topping yang sudah diiris memanjang sebesar batang korek api, aduk rata. Tuangkan adonan diatas teflon yang sudah diberi sedikit minyak. Masak dengan api kecil, balik adonan apabila sudah berwarna kecokelatan. Setelah kedua sisinya matang, yachaejon siap dihidangkan.

 

Baca Juga : 10 Jajanan Masa Kecil yang Bikin Kamu Nostalgia

Leave a Comment

error: Content is protected !!