Kandungan Skincare untuk Mengatasi Bekas Jerawat Kemerahan

Wajah yang berjerawat pastinya akan meninggalkan bekas. Bekas jerawat memang dapat mengganggu penampilan,apalagi jika bekas jerawatnya membandel dapat bertahan lama. Teruma bagi bagi bekas jerawat kemerahan atau biasa di sebut dengan Post Inflammatory Erythema (PIE).

PIE atau Post Inflammatory erythema merupakan bekas jerawat kemarahan yang sering muncul pada sekitar kulit yang berjerawat. PIE terjadi akibat kerusakan pembuluh darah di dalam kulit akibat peradangan. Kondisi ini biasanya semakin kamu menggaruk daerah kulit berjerawat yang terasa gatal. Kondisi PIE ditandai dengan perubahan warna kulit menjadi kemerahan akibat rusaknya pembuluh darah di bawah kulit.

Di antara bekas jerawat pada umumnya, bekas jerawat kemerahan lebih sulit untuk dihilangkan. Tapi kamu tidak perlu khawatir, berikut beberapa kandungan yang dapt mengatasi permasalahan bekas jerawat kemerahan dibawah ini!

Baca Juga: 5 Kandungan Skincare yang Dapat Menghilangkan Bekas Jerawat

 

1. Niacinamide

Produk Avoskin Niacinamide (Foto: twitter.com/avoskinbeauty)

Banyak jenis produk yang mengeluarkan produk yang dengan kandungan NiacinamideNiacinamide merupakan bahan skincare yang dapat mengontrol produksi sebum dan meminimalisir tampilan pori-pori sehingga banyak dijadikan bahan pembuatan skincare untuk mengatasi komedo.

Rutin memakai skincare yang mengandung Niacinamide membuat wajah kamu terbebas dari komedo dan jumlah sebum yang akan menyumbat pori-pori jadi berkurang. Selain itu Niacinamide juga mampu menjaga kelembaban kulit, membantu memperkuat lapisan kulit terluar, mengencangkan kulit dan mempunyai sifat anti-inflammatory yang bagus untuk meredakan kemerahan yang disebabkan oleh radang jerawat.

Baca Juga: Rekomendasi Skincare Lokal Dari Kleveru yang Aman untuk Skin Barrier

 

2. Vitamin C

Vitamin C (Foto: freepik.com)

Produk dengan kandungan Vitamin C bisa menjadi salah satu pilihan untuk pengobatan PIE. Vitamin C merupakan antioksidan yang efektif menghambat radikal bebas yang menyebabkan kerutan dan penuaan, serta memperkuat dinding kapiler pembuluh darah, sehingga aliran darah yang semula tersumbat peradangan akan mengalir lebih baik dan mengurangi kemerahan pada kulit.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada Vitamin C juga membantu melindungi dari peradangan tambahan. Tidak kalah penting, Vitamin C juga memacu produksi kolagen untuk mengembalikan kondisi kulit. Vitamin C adalah salah satu vitamin penting yang cocok untuk semua jenis kulit. Vitamin C bisa dirasakan manfaat pada  elastisitas kulit, dan mengurangi keriput, mencerahkan kulit dan mencegah tumbuhnya noda hitam.

Baca Juga : 4 Produk Skincare Anti-aging Lokal dengan Kandungan Bakuchiol

 

3. Centella Asiatica

Produk Centella Asiatica (Foto: shopee.co.id)

Centella Asiatica dikenal sebagai salah satu kandungan alami yang efektif untuk menangangi jerawat berkat senyawa glikosida madekosida pada bagian daun dan tangkainya yang berfungsi sebagai anti-inflamasi. Jenis kandungan yang kerap ditemukan pada produk skin care ini juga memiliki kandungan triterpenoid yang efektif dalam mempercepat  penyembuhan  luka  bekas jerawat.

Jika digunakan secara rutin, produk skin care berkandungan Centella Asiatica tak hanya dapat mengurangi jerawat, tapi juga  memudarkan noda bekas jerawat yang mengganggu. Dalam mengatasi masalah PIE, pastikan kamu tidak melakukan scrub pada area wajah, karna nanti nya akan memperburuk kulit kamu. Selain itu, Centella Asiatica  juga dikenal baik dalam menjaga kulit, serta dapat memberi efek menenangkan.

Baca Juga : Apa Itu Skin Barrier? Mengapa dan Bagaimana Cara Mengatasi Skin-Barrier yang Rusak

Leave a Comment

error: Content is protected !!