Kenali Jenis-Jenis Pasir yang Cocok Untuk Kucingmu

Sweetpost.my.id – Saat kamu memutuskan untuk memelihara kucing (indoor), hal yang paling penting ialah kebersihan kotoran kucing kamu. Pelihara Kucing indoor pastinya kita memerlukan yang nmanya pasir kucing. Hal tersebut dikarenakan kucing peliharaan kita agar tidak sembarangan buang air kecil dan pup.

Selain pasir kucing tentunya kita membutuhkan litter box atau tempat pasir kucing itu sendiri, dengan manaruh pasir kucing ke dalam litter box. Setelah itu, ajarkan kucing kamu untuk terbiasa menggunakan litter box sebagai  toilet bagi kucing atau tempat buang air kucing. Cara memilih pasir kucing ialah dapat menyerap bau tidak sedap, pasir mudah menggumpal, murah dan ekonomis.

Pada umumnya pasir kucing yang sering digunakan terdapat empat jenis pasir kucing yang ada dipasaran. Sebelum akan memilih serta membelinya, alangkah lebih baik kamu kenali dulu beberapa jenis pasir kucing berikut ini!

Baca Juga : 10 Rekomendasi Makanan Basah Untuk Kitten

 

1. Pasir Bentonite

Pasir Bentonite (Foto: sweetpost.my.id)

Pasir kucing bentonite atau biasa disebut pasir gumpal atau pasir wangi, pasir ini dapat menggumpal jika terkena kotoran kucing. Pasir  bentonite memiliki daya serap yang bagus dan pasir memiliki aroma yang beraneka ragam seperti wangi buah, apel, lemon, lavender, coffee, dan banyak lainnya sehingga bisa mengurangi bau kotoran kucing.

Bentonite mempunyai tekstur pasir yang agak halus yang akan membuat kucing menjadi lebih nyaman. Namun harganya tidaklah murah dan diperlukan budget yang lebih. Pasir ini sangat cocok untuk kamu yang pelihara kucing di dalam rumah.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Makanan Kering (Dry Food) Kucing Terbaik

 

2. Pasir Zeolit

Pasir Zeolit (Foto: tokopedia.com)

Pasir zeolit adalah pasir yang lebih dikenal sebagai pasir cuci ulang. Pasir zeolit merupakan batuan yang dicacah menjadi kecil. Pasir ini mempunyai beberapa ukuran dari yang halus hingga besar, dan biasanya dijual dengan menggunakan nomor seperti gambar di atas. Pasir ini memiliki penyerapan yang kurang bagus dan tidak menggumpal dan tidak memiliki wangi. Selain itu, pasir zeolit tergolong pasir yang murah.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Merk Makanan Kering Untuk Anak Kucing (Kitten) Terbaik

 

3. Pasir Kristal

Pasir Kristal (Foto: kucinglucu.net)

Pasir kristal merupakan pasir yang mempunyai daya serap yang tinggi dan masih dapat menyerap beberapa kali lebih bagus daripada pasir kucing lain. Pasir kristal memiliki bentuk pasir yang tidak kasar dan membuat kucing semakin nyaman. Pasir ini juga anti debu yang akan membuat rumah tetap bersih dan wangi.

Akan tetapi, pasir ini dapat beresiko tertelan oleh kucing, dikarenakan pasir tersebut mudah lengket di kaki kucing dan ketika kucing membersihkan kakinya maka ada resiko tertelan oleh kucing. Selain itu, oasir kristal ini memiliki  harga yang tergolong mahal.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Produk Pembasmi Kutu Kucing Terbaik

 

4. Pasir Organik

Pasir Organik (Foto: bukalapak.com)

Diantara jenis pasir kucing diatas, pasir kali ini sangat berbeda dari jenis pasir lainnya. Pasir Organik yang berarti pasir yang terbuat dari beberapa macam bahan seperti kertas, serbuk kayu, kedelai, jagung atau gandum. Jenis pasir organik ini bebas dari debu dan lebih bersih dibandingkan paris bentonite serta lebih sehat karena tidak mengandung bahan kimia.

Pasir organik ini dapat menyerap bau secara alami, menyerap kotoran dengan baik dan sangat cocok untuk kucing indoor, Selain itu juga harganya pun terbilang tidak terlalu mahal.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Merk Vitamin untuk Kucing Terbaik

Jadilah pecinta anabul yang pintar dan pilihlah pasir kucing sesuai dengan kebutuhan kamu. semoga bermanfaat!

Leave a Comment

error: Content is protected !!