Kenali Perbedaan Exfoliating Toner dan Hydrating Toner

Toner merupakan salah satu perawatan wajah yang dapat membantu membersihkan sisa kotoran yang tertinggal setelah mencuci wajah. biasanya toner di pakai setelah double cleansing dengan sabun cuci muka atau pembersih wajah. Toner berfungsi sebagai penyeimbang pH pada kulit wajah sehingga kulit tetap lembab dan mencegah terjadinya timbul jerawat maupun kulit kering. Produk toner terbagi atas 2 jenis, yaitu exfoliating toner dan hydrating toner

 

Baca Juga : 10 Rekomendasi Skincare untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

 

KANDUNGAN TONER

Perbedaan dari toner dilihat di kandungan utamanya, exfoliating toner umumnya adalah seperti AHA, BHA, PHA, atau glycolic acid. Sedangkan kandungan pada hydrating toner yang umum adalah seperti HA atau hyaluronic acid, algae, lidah buaya, atau glycerin.

 

Baca Juga : 6 Rekomendasi Exfoliating Toner yang Aman Bagi kulit jerawat dan sensitif

 

MANFAAT TONER

Manfaat dari kedua toner ini memiliki perbedaan jika dilihat dari segi kandungan kedua toner tersebut. Exfoliating toner adalah toner yang berfungsi untuk mengangkat sisa sel kulit mati pada kulit, sekaligus mengembalikan kadar pH normal kulit.

Hydrating toner, fungsinya adalah untuk menghidrasi dan juga mengembalikan kelembapan kulit, serta mempersiapkan kulit untuk produk skin care selanjutnya. Jika melihat pada fungsi utama toner yang sudah dijelaskan sebelumnya, kedua jenis toner ini saling melengkapi, jadi kamu bisa menggunakan keduanya secara bersamaan.

 

Baca Juga : 5 Rekomendasi Hydrating Toner Yang Aman Bagi Kulit Berjerawat dan Sensitif

 

CARA PENGGUNAAN TONER

Cara pengaplikasiannya di wajah ada sedikit perbedaan. Secara umum, exfoliating toner digunakan dengan bantuan kapas, dengan cara membasahi kapas dengan toner lalu mengusapkannya pelan ke wajah. Sedangkan hydrating toner tidak demikian. Hydrating toner digunakan dengan cara diaplikasinya langsung ke wajah, lalu ditepuk-tepuk halus menggunakan tangan sampai menyerap sempurna.

Penggunaan exfoliating toner dan hydrating toner, memiliki cara penggunaan yang sama. Namun, setiap jenis toner dengan merek yang berbeda, bisa memiliki aturan penggunaan yang berbeda. Jadi, cara paling tepat untuk menggunakannya adalah dengan cara mengikuti aturan pakai yang tertera pada produk.

 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Toner AHA BHA Atasi Kulit kusam

 

Leave a Comment

error: Content is protected !!