Pernah Dengar Apa itu Probiotik? Ini Manfaat Probiotik dalam Skincare

Probiotik umumnya dikenal sebagai bakteri baik untuk sistem percernaan manusia. Bakteri baik ini bisa kita dapatkan dari makanan, minuman, atau suplemen. Lactobacillus dan Bifidobacterium merupakan dua contoh bakteri probiotik yang paling umum.

Ternyata probiotik juga baik untuk merawat kulit sehingga berbagai brand skin care banyak menambahkan atau menggunakan ingredients probiotik didalamnya sebagai bahan utama. Probiotik memiliki sifat anti-inflamasi yang yang dianggap sebagai salah satu manfaat yang dibutuhkan untuk kulit dalam mengatasi rosacea, eksim bahkan jerawat sekali pun. Selain itu kandungan probiotik juga dapat menjaga kesehatan kulit.

 

 

MANFAAT PROBIOTIK UNTUK KULIT

 

1. Memperkuat Skin Barrier

Ilustrasi Skin Barrier (Foto: freepik.com)

Probiotik pada skincare yang digunakan dapat memperkuat dan melindungi skin-barrier. Probiotik juga  melawan bakteri yang merugikan pada tubuh tetapi juga dapat meningkatkan daya tahan kulit terhadap bakteri yang merugikan, polusi, dan radikal bebas. dengan kata lain, jika skin-barrier terlindungi maka kulit tidak akan mudah mengalami masalah-masalah seperti jerawat, kulit sensitif dan masih banyak lagi.

 

Baca Juga : 8 Kandungan Skincare yang Ampuh Menghilangkan Komedo dan Samarkan Pori

 

2. Mengatasi Jerawat dan Anti Inflamasi

Ilustrasi jerawat dan masalah kulit lainnya (Foto: freepik.com)

Skin care berkandungan probiotik adalah karena kemampuannya dalam mengatasi jerawat. Selain itu, kandungan probiotik  juga bersifat sebagai zat anti-inflamasi yang baik untuk mengatasi peradangan serta berbagai permasalahan kulit, seperti eksim dan rosacea.

Probiotik juga dapat menjaga kelembapan serta memperkuat skin barrier, jika kamu sedang memiliki jerawat tentu maka probiotik bisa membantu masa penyembuhan jerawat menjadi lebih cepat. Probiotik juga memiliki sifat anti inflamasi yang dapat meredakan peradangan pada kulit yang disebabkan oleh bakteri yang merugikan.

Baca Juga : 5 Kandungan Vitamin yang Dibutuhkan Kulit dan Manfaatnya untuk Kulit

 

3. Mencegah Penuaan Dini (Anti Aging)

Ilustrasi penuaan dini atau anti aging (Foto: freepik.com)

Probiotik merupakan kaya akan anti-oksidan dan penggunaan skincare probiotik dapat melembapkan kulit serta menjaga hidrasi kulit sehingga terhindar dari tanda penuaan dini. Selain itu, penampakan pori-pori pun akan lebih tersamarkan.

Kandungan probiotik dalam skincare juga mengurangi risiko kerusakan yang disebabkan oleh efek buruk sinar matahari. Probiotik juga dapat dapat mengurangi berbagai masalah hiperpigmentasi  yang disebabkan oleh faktor perusak eksternal dan mampu mencerahkan kulit. Pemakaian secara rutin dengan menggunakan skincare dengan kandungan probiotik dapat mempercepat penyembuhan dan permasalahan kulit.

 

Baca Juga : 9 Kandungan dalam Skincare yang Tidak Boleh Dicampur atau Digunakan Secara Bersamaan

Leave a Comment

error: Content is protected !!