10 Bahan Makanan Pengganti MSG Yang Lebih Sehat dan Gurih

MSG (Monosodium Glutamat) atau biasa disebut dengan micin ini membuat rasa masakan menjadi lebih sedap. Namun, Mengkonsumsi MSG atau micin tbisa memberlalu sering maka akan bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Maka dari itu, kamu bisa mengganti MSG dengan bahan makanan dibawah ini yang tentunya bisa membuat masakan menjadi gurih.

Baca Juga: 5 Alternatif Pengganti Gula untuk Makanan dan Minuman yang Lebih Sehat

1. Kecap Asin

Kecap Asin (Foto: freepik.com)

Kecap asin merupakan hasil fermentasi nabati. Rasanya asin dengan aroma yang khas, serta bisa membuat rasa masakan jadi lebih kuat.

Baca Juga: 5 Resep Olahan Aci Khas Jajanan Bandung Yang Bisa Dibikin di Rumah

2. Garam

Garam (Foto: freepik.com)

Garam ialah penyedap alami dan paling efektif menjadikan makanan sedap. Meski demikian, garam membutuhkan bumbu atau rempah-rempah lain untuk mendukung munculnya makanan yang sedap.

3. Jamur

Jamur (Foto: freepik.com)

Jamur merupakan bahan makanan yang sering diolah sebagai pengganti daging dalam hidangan vegan atau vegetarian. Jamur memiliki rasa gurih alami yang bila diolah dengan tepat bisa serupa dengan cita rasa daging. Jenis jamur seperti shiitake dan portobello akan memiliki cita rasa gurih yang semakin kuat, pas sebagai bumbu penyedap alami untuk menggantikan MSG dalam hidangan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Oleh-Oleh Kekinian Khas Bandung yang Wajib Kamu Beli

4. Terasi

Terasi (Foto: tokopedia.com)

Terbuat dari udang rebon, terasi memiliki aroma dan rasa sedapnya sendiri yang berbeda dari micin. Terasi lebih umum digunakan dalam makanan Asia Tenggara. Tambahkan secukupnya jika ingin memberi rasa sedap pada makanan.

5. Lada Hitam

Lada hitam (foto: freepik.com)

Lada hitam bisa dijadikan bahan alami pengganti MSG. Lada memiliki rasa pedas dan lada hitam mampu memberikan cita rasa gurih yang dicari dari penggunaan MSG. Namun, perlu diingat ketika menggunakan lada hitam yang dijual dalam kemasan, perhatikan dengan cermat apakah produk tersebut menggunakan MSG tambahan atau tidak.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Bakso Cuanki Paling Enak Di Bandung yang Bikin Nagih

6. Keju

Keju mungkin menjadi salah satu penyedap alami yang menambah gurih berbagai makanan karena rasanya yang asin dan creamy, seperti pasta, sup dan lain sebagainya.

7. Kaldu daging, seafood atau sayur

Kaldu adalah penyedap dan mencipta rasa yang kaya, bisa dibuat dari berbagai bahan makanan, terutama daging. Tapi ada kalanya juga bisa dibuat dari rebusan udang atau sayuran. Pilih saja mana yang dibutuhkan.

Baca Juga: 5 Makanan Korea yang Bisa Kamu Masak Sendiri Di Rumah

8. Saus Tiram

Saus tiram seperti pengganti MSG yang cocok digunakan untuk berbagai sajian tumisan. Saus tiram terbuat dari ekstrak tiram yang gurih, dan lebih umum digunakan untuk makanan Asia. Tekstur saus tiram kental dengan rasa asin yang kuat, sehingga cocok jadi pengganti MSG.

9. Ikan Teri

Ikan teri mengandung glutamat yang tinggi. Cocok dicampurkan pada berbagai masakan. Ikan teri juga memiliki aroma dan rasa guih alami dan biasa digunakan untuk tambahan membuat kaldu sup atau langsung dijadikan tambahan masakan tumisan.

10. Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu masak yang bisa ditemukan di sebagian besar sajian khas Indonesia. Tak hanya itu, rasa gurih yang dihasilkan oleh bawang putih bisa menjadi opsi yang baik sebagai pengganti MSG dalam makanan. Hal ini berlaku untuk bawang putih segar ataupun bawang putih bubuk.

Baca Juga: 10 Street Food Khas Korea Selatan Paling Favorit dan Kamu Harus Cobain

Leave a Comment

error: Content is protected !!