5 Alternatif Pengganti Gula untuk Makanan dan Minuman yang Lebih Sehat

Gula murni yang terbuat dari tebu merupakan jenis pemanis yang paling banyak digunakan. Hampir setiap hari kita mengkonsumsi gula, baik dalam campuran masakan ataupun dalam minuman. Terlalu banyak mengonsumsi gula pasir dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti obesitas hingga diabetes. Maka dari itu, untuk menghindari risiko akibat asupan gula berlebih, kamu bisa menggantinya dengan pemanis lain yang punya indeks glikemik lebih rendah. Simak beberapa bahan pengganti gula yang sehat untuk kamu coba!

Baca Juga : 5 Rekomendasi Oleh-Oleh Kekinian Khas Bandung yang Wajib Kamu Beli

1. Stevia

Stevia (Foto: indiamar.com)

Stevia merupakan tanaman yang tumbuh di negara-negara beriklim tropis, salah satunya Indonesia. Stevia termasuk produk baru yang diproduksi dalam pemanis pengganti. Manis yang dihasilkan berasal dari daun yang disebut glikosida. Daun ditempatkan ke dalam air panas, agar glikosida dapat dikumpulkan.

Keunggulan pemanis stevia adalah bebas kalori dan gula, sehingga aman bagi penderita diabetes. Kamu yang ingin mengurangi konsumsi gula atau sedang diet juga bisa memanfaatkan tanaman ini. Kini sudah ada stevia bubuk mirip pasir.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Bakso Cuanki Paling Enak Di Bandung yang Bikin Nagih

2. Madu

Madu (Foto: freepik.com)

Madu dihasilkan dari sari bunga yang dikumpulkan lebah, ekstrak tersebut diubah dalam bentuk sirup sebagai bahan pangan koloni lebah. Rasanya yang manis membuat madu sering dijadikan pengganti gula. Kelebihan madu jika dibandingkan dengan gula adalah madu tidak meningkatkan gula dalam darah dalam waktu yang cepat.

Kalori yang terdapat dalam madu lebih besar dibandingkan dengan gula biasa. Manfaat madu sebagai pengganti gula ialah membantu mengurangi sakit tenggorokan serta kandungan vitamin B dan C yang baik untuk imunitas.

Baca Juga : 5 Makanan Korea yang Bisa Kamu Masak Sendiri Di Rumah

3. Sirup Maple 

Sirup Maple (Foto: freepik.com)

Sirup maple adalah pemanis alami lain yang biasa dikonsumsi. Sirup maple adalah cairan kental yang didapatkan dari ekstrak getah pohon maple. Satu sendok makan sirup maple murni mengandung 52 kalori dan 13,5 gram karbohidrat. Sekitar 12,4 gram kandungan karbohidrat itu merupakan sukrosa. Selain itu juga sirup maple mengandung oligosakarida, polisakarida, asam organik, asam amino, vitamin dan mineral.

Baca Juga : 10 Street Food Khas Korea Selatan Paling Favorit dan Kamu Harus Cobain

4. Sirup kurma

Sirup Kurma (Foto: freepik.com)

Kurma adalah sumber nutrisi yang sangat baik seperti vitamin C, vitamin B kompleks, selenium, potasium, tembaga dan magnesium. Kurma juga kaya serat makanan, terutama serat tidak larut, antioksidan, gula, terutama fruktosa dan glukosa, serta rendah lemak dan protein.

Manfaat dari mengonsumsi kurma ialah dapat meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi risiko penyakit jantung, mengurangi tekanan darah, dan masih banyak lagi yang lainnya. Maka dari itu, kurma bisa dijadikan sebagai pengganti gula yang baik dan sehat. Meski pengganti gula, pemanis alami belum pasti lebih sehat kalau dikonsumsi secara berlebihan.

Baca Juga : 10 Makanan Viral Asal Korea Yang Harus Kamu Cobain

5. Gula Aren

Gula Aren (Foto: mypangandaran.com)

Gula aren dapat dijadikan sebagai pengganti gula dikarenakan kandungan dalam setiap sendok tehnya, gula aren dan gula putih mengandung 16 kalori.  Tapi tingkat sukrosanya hanya 70-79 persen, jauh lebih rendah dibanding gula putih yakni 99-100 persen. Walaupun tingkat sukrosanya lebih rendah dari gula putih, jika dikonsumsi berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan juga.

Baca Juga : 7 Jajanan Ini Cocok Untuk Menjadi Teman Camilan Kamu di Rumah

 

Leave a Comment

error: Content is protected !!