5 Faktor Penyebab Kulit Anda Mengalami Dehidrasi

Kulit terasa ke tarik dan kering, meskipun sudah sering ganti pelembab. Masalah kulit yang dehidrasi bisa terjadi karna salah menggunakan produk skincare atau bisa saja salah dalam menentukan produk yang sesuai dengan jenis kulit kamu. kulit dehidrasi dan kulit kering merupakakn dua hal yang berbeda.

Kulit dehidrasi adalah kulit yang mengalami permasalahan karna kurang nya kelembaban di kulit. kulit dehidrasi bisa dialami oleh kamu yang memiliki kulit yang berminyak maupun kombinasi. Sedangkan kulit kering berkaitan dengan faktor genetik yang berrarti jenis kulit kering ini memiliki kandungan atau lapisan minyak yang sedikit, sehingga kelembapan pada kulit mudah menghilang. Maka dari itu, simak penjelasan lima faktor penyebab kulit yang dehidrasi!

Baca Juga : Kenali Perbedaan Antara Kulit Dehidrasi dan Kulit Kering 

 

1. Bertambahnya Usia

Foto: freepik.com

Seiring bertambahnya usia,terjadi perubahan struktur pada kulit. Salah satu nya yaitu kulit sangat mudah sekali mengalami dehidrasi. Hal tersebut dikarenakan aktivitas kelenjar minyak yang berfungsi untuk menghidrasi kulit akan berkurang seiring bertambahnya usia. Sehingga kemampuan kulit untuk mempertahankan hidrasi menjadi berkurang dan berujung pada dehidrasi.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Hydrating Toner Lokal Terbaik untuk Kulit lebih Lembab

 

2. Diet dan Gaya Hidup

Foto: freepik.com

Apapun yang kita konsumsi akan berpengaruh bagi kesehatan kulit. Mengkonsumsi minuman seperti alkohol dan kopi serta obat-obatan yang bersifat diuretik yang bisa menyebabkan naiknya laju pembentukan urin. Jika kita imbangi dengan mengkonsumsi air putih yang cukup dan kulit tidak akan mengalami dehidrasi. Selain itu juga, hindari mengkonsumsi makanan dengan kandungan garam yang berlebih. Hal ini dikarenakan dapat meningkatkan risiko dehidrasi.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Essence Toner Terbaik Untuk Kamu Coba

 

3. Kebiasaan Mandi Air Hangat

Foto: freepik.com

Mandi menggunakan air hangat memang menyenangkan karena membuat tubuh terasa nyaman dan lebih rileks. Namun, kebiasan ini menyebabkan kulit kamu mengalami dehidrasi. Suhu yang terlalu panas membuat lapisan minyak pelindung pada kulit akan mudah kehilangan cairannya. Cara mencegah nya ialah dengan memastikan suhu air mandi tidak lebih dari hangat suam-suam kuku. Setelah mandi agar segera menggunakan lotion untuk mengunci kelembapan kulit.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Merk Body Serum Terbaik

 

4. Kandungan produk yang terlalu keras

Foto: freepik.com

Hati-hati dalam memilih produk skincare karena bisa jadi salah satu produk menjadi bumerang dan memberikan dampak buruk bagi kulit kamu. Hal tersebbut bisa terjadi karena produk yang kamu gunakan memiliki kandungan bahan kimia yang sifatnya terlalu keras. Akibatnya minyak alami kulit terangkat, kulit menjadi terlalu rapuh, dan mudah kehilangan cairan. Selain pemakaian produk yang digunakan, terlalu sering mencuci wajah dan sering melakukan eksfoliasi juga dapat menyebabkan kulit dehidrasi.

Baca Juga : Kenali Perbedaan Exfoliating Toner dan Hydrating Toner

 

5. Cuaca dan Lingkungan

Foto: freepik.com

Jika kamu tinggal di wilayah berangin atau sering menghabiskan waktu di runagan ber-AC, hal ini akan menyebabkan kulit mengalami dehidrasi. Akan lebih parah jika kamu terlalu sering terpapar sinar matahari langsung dan berpindah tempat dari suhu tinggi ke suhu rendah. Cara mengatasi nya kamu bisa menggunakan lotion, face mist atau humidifier.

Baca Juga : 4 Skincare Lokal Dengan Kandungan Alpha Arbutin Untuk Mengurangi Dark Spots

 

Leave a Comment

error: Content is protected !!