Bahaya! 10 Makanan yang Tidak Boleh di Makan oleh Kucing Kamu

Ketika kamu hendak makan, pasti kucing kamu mengeong dan mendekat untuk ikut makan bareng kamu. Padahal makanan yang kamu makan belum tentu baik di konsumsi kucing kamu. Kucing tak peduli apa yang ada di atas piring, mereka selalu ingin mencicipi apa yang kamu makan. Karenanya kamu tidak bisa menolak dan  memberikannya pada mereka.

Tidak semua makanan dapat diberikan kepada kucing. Berikut beberapa makanan yang justru berbahaya untuk menjadi makanan kucing kamu. Simak penjelasan dibawah ini!

Baca Juga : Pentingnya Vaksin untuk Kucing Kesayangan Kamu

ilustrasi makanan berbahaya (Foto: freepik.com)

1. Bawang-bawangan

Makanan yang mengandung bawang dapat merusak sel darah merah kucing sehingga menimbulkan anemia. Tak hanya dalam kondisi utuh, kamu juga harus menjauhkan kucing dari makanan yang mengandung bawang.

2. Cokelat

Walaupun kucing sangat menyukai coklat, hindari memberi kucing coklat. Dikarenakan cokelat mengandung theobromine yang berbahaya karena dapat memicu diare, muntah, gagal jantung hingga meninggal.

3. Susu sapi

Susu sapi mengandung laktosa yang menyebabkan kucing dapat muntah dan diare. Selain itu, sebagian besar kucing tidak bisa mencerna laktosa.

4. Telur Mentah

Telur mentah mengandung bakteri salmonella yang dapat membuat kucing menderita penyakit kulit bila sering mengonsumsinya. Selain itu, telur mentah terdapat pula zat avidin yang bisa memblokir penyerapan vitamin B. Kucing pun berisiko untuk kucing kamu.

5. Ikan dan Daging Mentah

Ikan dan daging mentah juga tidak boleh diberikan ke kucing. Selain mengandung banyak bakteri, keduanya mengandung enzim thiamine yang juga bisa merusak vitamin B.

6. Hati

Hindari memberikan hati seperti hati ayam, sapi, dan lainnya terlalu sering. Makanan itu akan memicu keracunan vitamin A yang berakibat kucing kamu akan mengalami kelainan tulang dan osteoporosis.

7. Adonan Kue

Adonan kue tidak baik di konsumsi kucing dikarenakan susah untuk dicerna. Selain itu, adonan kue juga dapat menciptakan gula yang beracun untuk kucing yang masih mentah ketika dimakan akan mengembang di dalam perut kucing. Jika itu terjadi, kemungkinan terburuknya adalah kucing harus menjalani operasi.

8. Kopi

Jika kucing kamu mendekati kopi kamu, segera jauhkan kopimu dari kucing. Kafein dapat menyebabkan tremor, meningkatnya detak jantung, kejang, hingga kesulitan bernapas pada kucing.

9. Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol tentu saja berbahaya untuk kucing. Dua sendok teh alkohol cukup untuk membuatnya koma. Jika kamu menambahkan satu sendok teh lagi, kucing akan mati.

10. Tomat

Tomat memang menyehatkan jika dikonsumsi manusia tetapi tidak untuk kucing. Hal ini dikarenakan, tomat akan membuat kucing muntah, pupil melebar serta kehilangan nafsu makanan.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Merk Vitamin untuk Kucing Terbaik

 

 

Leave a Comment

error: Content is protected !!