Kenali Perbedaan Kandungan Retinol dan Peptide Sebagai Anti-Aging

Sweetpost.my.id – Produk skincare yang kandungan bekerja sebagai anti aging, pasti tidak asing yang namanya kandungan retinol dan peptide. Kedua kandungan tersebut berperan untuk membuat kulit kamu awet muda. Maka dari itu, untuk bisa melawan tanda-tanda penuaan, kandungan keduanya dapat menjadi solusi untuk kamu. Tetapi kandungan keduanya juga memiliki perbedaan lho. Yuk! Simak selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga : Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum, Alternatif dari Retinol

Apa Itu Retinol?

Retinol atau Retinoid adalah turunan sintetik dari vitamin A yang efektif bekerja untuk merangsang pergantian sel-sel kulit dan meningkatkan kolagen sehingga kulit tampak lebih kenyal. Retinol juga sebagai anti-oksidan yang mampu menagkal radikal bebas dan mampu memperbaiki tektur kulit, pigmentasi serta warna kulit.

Retinol merupakan kandungan skincare yang mampu membuat pori-pori tampak lebih kencang. Kamu bisa menggunakan produk anti-aging yang mengandung retinol, dan membuat kulit tampak lebih flawless dengan pori-pori kecil.

Baca Juga :5 Rekomendasi Produk Skincare Retinol Terbaik, Dalam Mengatasi Jerawat Hingga Mencegah Tanda-Tanda Penuaan Dini

 

Apa Itu Peptide?

Peptide adalah skin-restoring ingredient yang merupakan bagian protein aktif yang fungsinya mendorong produksi kolagen dan meminimalisir kerutan pada kulit. Peptide sendiri merupakan molekul Kimia yang berasal dari pembentukkan dari asam amino. Rangkaian asam amino ini kemudian bekerja menghasilkan protein yang di butuhkan oleh kulit dan  dapat digunakan sebagai anti-aging.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Skincare dengan Kandungan Peptide untuk Kulit Awet Muda

 

Manfaat Retinol dan Peptide

Retinol sebagai anti-aging yang dapat menyamarkan kerutan, mencegah tanda-tanda penuan. Manfaat retinol sendiri ialah membantu siklus regenerasi kulit agar lebih cepat sehingga kulit akan terlihat lebih cerah dan awet mudadan dan meningkatkan produksi kolagen.

Selain sebagai anti-aging, retinol juga memiliki banyak manfaatnya, terutama bagi kamu yang memiliki masalah jerawat atau acne prone. Kandungan retinol ini bisa digunakan untuk mengatasi jerawat, mengatasi rosacea atau kulit yang memerah, mengontrol produksi minyak dan tampilan pori-pori tampak mengecil serta meyamarkan noda hitam dan bekas jerawat.

Sedangkan Peptide memiliki manfaat untuk mengatasi permasalahan penuaan dini karena dapat menghasilkan protein yang dibutuhkan kolagen untuk berproduksi. Kolagen merupakan salah satu kunci keremajaan kulit. Selain berhubungan erat dengan produksi kolagen, Peptide ini juga mampu memproduksi serat elastin yang dapat memelihara kulit agar tetap kencang. Jika dilihat kedua kandungan tersebut retinol dan peptide memiliki kesamaan dalam memproduksi kolagen yang artinya dapat mencegah penuaan dini.

Baca Juga : Avoskin Your Skin Bae Toner Cocok Untuk Masalah Kulit Remaja

 

Perbedaan Retinol dan Peptide

Kedua kandugan Retinol dan Peptide memiliki perbedaan dari segi fungsi dan karakteristik zat nya. Peptide lebih mengarah pada produksi protein kulit yang dapat meningkatkan kolagen sedangkan Retinol lebih mengarah pada upaya regenerasi sel kulit serta mempertahankan elastisitas kulit agar tetap kenyal.

Selain itu juga, Retinol memiliki fungsi selain sebagai anti-aging melainkan juga dapat membantu permasalahan kulit berjerawat dan berbeda hal dengan peptide yang fokus dalam meningkatkan kolagen. Dari hal ini, dapat dipahami pula bahwa keduanya sama-sama berfungsi sebagai anti aging namun jika diteliti lebih dalam, terdapat perbedaan spesifik dari cara peremajaan kulit yang dilakukan.

Baca Juga : 4 Produk Skincare Anti-aging Lokal dengan Kandungan Bakuchiol

 

Artikel Terkait :

Leave a Comment

error: Content is protected !!