Pentingnya Vaksin untuk Kucing Kesayangan Kamu

Sebelum dilakukan vaksinasi, perlunya mencari tahu syarat kucing kamu yang boleh di vaksin. Sebelum ke syarat vaksin, apakah vaksin atau vaksinasi itu?

Vaksinasi merupakan tindakan pencegahan agar hewan kesayangan kamu tidak mudah sakit. Tujuan dari vaksinasi ialah untuk memberikan kekebalan pada tubuh dan melindunginya terhadap beberapa penyakit tertentu, karena ada yang bisa berakibat fatal atau mematikan. Salah satu hewan yang di vaksin seperti Anak kucing yang baru lahir .

Anaka kucing yang baru lahir memperoleh kekebalan pasif dari susu induknya. Antibodi anak kucing didapatkan dari induk kucing. Pada umur 6-8 minggu, sebaiknya dilakukan vaksinasi dikarenakan antibodi yang diterima dari induk mulai berkurang. Simak penjelasan lengkap di bawah ini!

Baca Juga : 10 Rekomendasi Produk Susu untuk Kucing Terbaik

 

Umur Kucing yang Bisa di vaksin

Ilustrasi Anak Kucing (Foto: freepik.com)

Usia ideal untuk vaksinasi pertama anak kucing ialah pada umur 6-8 minggu. Tahap kedua pada usia tiga bulan, kucing harus mendapatkan vaksinasi ulangan agar sistem kekebalan tubuh mereka menjadi lebih optimal. Setelah tahapan yang kedua, kucing memerlukan vaksinasi ulang secara rutin setiap tahun.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Merk Makanan Kering Untuk Anak Kucing (Kitten) Terbaik

 

Syarat Umum kucing yang boleh di vaksin

  • kucing dalam keadaan sehat (tidak batuk, pilek, bersin, tidak muntah, diare, tidak ada masalah kulit, tidak ada infeksi)
  • Nafsu makan baik
  • Tidak demam
  • Kucing tidak dalam kondisi stress
  • Kucing bebas dari parasit (tidak cacingan, tidak kutuan, pinjal, dan tungau)
  • Umur sesuai dengan syarat minimal vaksin

 

Apa yang Harus diperhatikan Setelah vaksinasi

Setelah divaksin, kucing kamu tidak diperkenankan keluar rumah, tidak boleh bertemu dengan kucing liar, tidak boleh dimandikan selama seminggu. Kegiatan mandi bisa jadi dapat memicu stress pada kucing keyasangan kamu. Setelah vaksin, kamu dapat memberikan vitamin selama 10 hari pasca vaksinasi, dikarenakan dapat membantu pembentukan kekebalan tubuh secara optimal. Vaksinasi dapat di ulang setiap setahun sekali atau sesuaikan dengan rekomendasi dokter hewan pilihan kamu ya!

 

Leave a Comment

error: Content is protected !!