5 Kuliner Khas Bangka Belitung yang Berbahan Dasar Mie yang Bisa Kamu Coba

Bangka Belitung, selain tempat wisatanya yang cantik, Bangka Belitung juga memiliki banyak kuliner lezat yang sangat terkenal. Salah satu kuliner yang satu ini ialah kuliner yang berbahan dasar dari mie. Bangka Belitung yang berdekatan dengan laut ini punya beragam olahan makanan berbahan seafood.

Salah satu keragaman olahan tersebut, ada beberapa pengolahan mie yang juga dikreasikan dengan seafood. Berikut beberapa kuliner mie khas Bangka Belitung yang pasti nya menggugah selera kamu.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Oleh-Oleh Kekinian Khas Bandung yang Wajib Kamu Beli

1. Mie Ayam Bangka

Foto : pesona.travel

Mie ayam bangka punya keunikan tersendi, salah satunya mempunyai tekstur yang kenyal dengan cita rasa yang gurih. Terdapat pula sayuran dan daging yang semakin melengkapi sajian Mie Ayam Bangka. Penyajian mie ayam bangka ini terpisah dengan kuahnya. Selain itu, Mie Ayam Bangka juga identik dengan rasa merica. Biasanya, Mie Ayam Bangka disajikan dengan bakso sehingga terasa semakin nikmat dan tentunya mengenyangkan.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Bakso Cuanki Paling Enak Di Bandung yang Bikin Nagih

2. Pantiaw

Foto : reddoorz.com/blog/id

Pantiaw adalah olahan mie yang mirip dengan kwetiaw tetapi terbuat dari bahan yang berbeda. Bahan yang digunakan untuk membuat mie kenyal pantiaw ini adalah tepung beras atau tepung gandum. Pantiaw disajikan dengan bumbu yang terbuat dari ikan giling dan dituang ke atas mie dan juga disajikan dengan seafood atau daging ayam. Citarasa dari pantiaw ini lebih terasa manis dan pedas.

Baca Juga : 10 Street Food Khas Korea Selatan Paling Favorit dan Kamu Harus Cobain

3. Mie Koba

Foto : instagram/yulichia88

Mie Koba adalah mie yang disajikan dengan kuah dari kaldu daging ikan tenggiri yang sangat khas Bangka Belitung. Mie koba juga dihidangkan bersama dengan isian lain seperti telur, seledri, dan bawang goreng. Kuah dari mie koba ini memiliki rasa yang gurih banget.

Baca Juga :10 Rekomendasi Makanan dan Minuman yang Viral Saat Pandemi, Dijamin Suka!

4. Lakso

Foto : instagram/eddriantjhia

Lakso adalah masakan Bangka Belitung yang dibuat dari tepung beras atau tepung sagu. Bentuk yang unik dengan mie yang tebal dibentuk menjadi buntel-buntel sebelum dimakan. Lakso disajikan dengan kuah santan yang kental dengan cita rasa ikan. Tekstur Lakso yang kenyal dengan kuah kental yang nikmat dan bikin ketagihan.

Baca Juga :5 Rekomendasi Minuman Boba Terenak Di Bandung

5. Mie Belitung

Foto : makananoleholeh.com

Mie belitung menggunakan mie kuning biasa yang disajikan bersama kuah kaldu yang dibuat dari olahan udang. Selain udang, kuahnya juga dicampur dengan bumbu rempah pada umumnya seperti bawang putih, bawang merah, merica, dan jahe.

Baca Juga : 7 Jajanan Ini Cocok Untuk Menjadi Teman Camilan Kamu di Rumah

Leave a Comment

error: Content is protected !!