Hindari Makanan Berikut saat Sahur Untuk Menjalani Puasa

Saat sahur, kamu perlu memperhatikan makanan dan minuman yang baik untuk dikonsumsi. Terlebih, salah satu tujuan utama sahur adalah untuk mempersiapkan diri agar bisa berpuasa seharian penuh. Setidaknya, ini makanan atau minuman yang lebih baik kamu hindari saat sahur.

Baca Juga : 3 Ide Resep Makanan Sahur yang Praktis untuk Anak Kos

 

Kandungan garam berlebih pada makanan

Makanan asin memang menggugah selera dan terasa nikmat di lidah. Namun perlu Anda ingat, makanan asin mengandung kadar sodium yang akan membuat kita lebih mudah haus ketika menjalankan ibadah puasa.

Makanan pedas

Mengonsumsi makanan pedas saat sahur akan membuat perut tidak nyaman karena produksi asam lambung meningkat. Selain itu, makanan pedas juga menyebabkan sakit perut, mules, bahkan diare. Jika sampai menyebabkan diare, tubuh kamu akan mengalami dehidrasi karena kehilangan banyak cairan.

Baca Juga : 4 Resep Menu Buka Puasa yang Enak dan Praktis

 

Kafein

Minuman dengan kandungan kafein seperti kopi, teh, dan soda sebaiknya dihindari saat sahur.  Minuman yang  mengandung kafein dapat dikatakan kurang memberikan efektif untuk menjaga tubuh agar tidak mengalami dehidrasi ketika berpuasa.

Makanan berminyak

Mengandung lemak tinggi, makanan berminyak sebaiknya dihindari baik saat berbuka maupun sahur. Selain menimbulkan penumpukan pada jaringan lemak, konsumsi makanan beminyak dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan juga asam lambung.

Baca Juga : 3 Resep Jajanan Khas Jepang untuk Berbuka Puasa dan Mudah Dibuat

 

Karbohidrat beserta sederet olahannya

Makanan karbohidrat beserta olahannya, seperti gula, tepung, kue kering, donat, dan sejenisnya hanya akan bertahan 3 hingga 4 jam saja. Bahkan nutrisi di dalamnya juga tergolong rendah. Mengkonsumsi gula yang tinggi juga bisa memicu keinginan untuk terus ngemil.

Jika bingung mau makan apa saat sahur, kamu bisa konsumsi makanan kaya protein, salah satunya telur dengan kandungan protein yang tinggi dan bergizi. Selain membuat kenyang, telur bisa diolah menjadi banyak variasi menu makanan.

Baca Juga : 5 Resep Minuman Es Buah untuk Berbuka Puasa yang Segar dan Mudah Dibuat

Leave a Comment

error: Content is protected !!