5 Bahan Aktif untuk Anti Aging dan Melawan Penuaan

Produk skincare yang kandungan yang bekerja sebagai anti aging banyak dicari para wanita. Apalagi disaat tanda-tanda penuaan yang mulai muncul di wajah merupakan mimpi buruk bagi banyak perempuan. Hal ini juga yang membuat berbagai brand memproduksi skincare menggunakan bahan aktif yang berfungsi sebagai anti aging.

Dari berbagai bahan anti aging yang dapat ditemukan dalam skincare, retinol menjadi salah satu yang paling populer dan banyak digunakan. Namun tak hanya retinol aja yang ampuh bekerja sebagai anti aging. Berikut ini 5 bahan aktif selain retinol yang berfungsi sebagai anti aging.

Baca Juga : Kandungan Skincare untuk Mengatasi Bekas Jerawat Kemerahan

 

1. Peptide

Foto : shopee.co.id

Peptide adalah skin-restoring ingredient yang merupakan bagian protein aktif yang fungsinya mendorong  produksi kolagen dan meminimalisir kerutan pada kulit. Peptide memiliki manfaat untuk mengatasi permasalahan penuaan dini karena dapat menghasilkan protein yang dibutuhkan kolagen untuk berproduksi.

Kolagen merupakan salah satu kunci keremajaan kulit. Selain berhubungan erat dengan produksi kolagen, Peptide ini juga mampu memproduksi serat elastin yang dapat memelihara kulit agar tetap kencang.

Baca Juga : Kenali Perbedaan Kandungan Retinol dan Peptide Sebagai Anti-Aging

 

2. Alpha Hydroxy Acid (AHA)

Foto : kravebeauty.com

AHA (Alpha Hydroxy Acid) adalah senyawa yang memiliki ukuran molekul yang kecil yang bekerja dengan menembus permukaan kulit sehingga dapat dengan mudah memproses pengelupasan kulit atau eksfoliasi. Proses pengelupan sangat di butuhkan oleh kulit, hal tersebut dikarenakan kulit wajah memproduksi sel kulit baru dan mengganti sel kulit lama.

Maka dari itu. kulit wajah membutuhkan bantuan produk eksfoliasi yang hanya di lakukan pada lapisan permukaan kulit saja. Fungsi mereka yang bisa menghilangkan kulit mati dan menyamarkan bekas jerawat. Jenis kandungan yang satu ini termasuk ringan untuk mengangkat kulit mati tanpa mengubah warna dan membuat kulit terasa kasar.

Baca Juga : 5 Kandungan Skincare yang Dapat Menghilangkan Bekas Jerawat

 

3. Niacinamide

Foto : truetoskin.com

Niacinamide merupakan bahan skincare yang dapat mengontrol produksi sebum dan meminimalisir tampilan pori-pori sehingga banyak dijadikan bahan pembuatan skincare untuk mengatasi komedo. Namun, niacinamide juga sebenarnya dapat berfungsi sebagai anti aging.

Rutin memakai skincare yang mengandung Niacinamide membuat wajah kamu terbebas dari komedo dan jumlah sebum yang akan menyumbat pori-pori jadi berkurang. Selain itu Niacinamide juga mampu menjaga kelembaban kulit, membantu memperkuat lapisan kulit terluar, mengencangkan kulit dan mempunyai sifat anti-inflammatory yang bagus untuk meredakan kemerahan yang disebabkan oleh radang jerawat.

Baca Juga : 3 Kandungan Skincare yang Mengatasi Kulit Kusam dan Kenyal untuk Remaja

 

4. Vitamin E

Foto : tokopedia.com

Vitamin E berperan penting untuk kulit wajah. Vitamin E sebagai antioksidan yang dapat membantu menangani bahaya dari sinar UV dan paparan radikal bebas. vitamin E juga banyak digunakan pada produk skincare anti-aging. 

Manfaat vitamin E banyak, antara lain melembapkan kulit, menenangkan kulit iritasi, juga mengurangi penampakan keriput dan luka bekas jerawat, menjaga kulit agar tetap kenyal dan lembut, menghilangkan bekas luka yang sulit dihilangkan, mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV dari matahari.

Baca Juga : 5 Vitamin yang Dibutuhkan Kulit dan Mencegah Penuaan dini

 

5. Bakuchiol 

Foto : beautyhaul.com

Bahan aktif ini memang baru populer akhir-akhir ini. Bakuchiol berasal dari ekstrak psoralea corylifolia, sebuah tanaman obat yang banyak digunakan pada pengobatan tradisional di India dan Tiongkok. Khasiat dari bakuchiol serupa dengan retinol, yaitu sama-sama membantu mengencangkan kulit, meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi kerutan dan garis halus, serta mengatasi pigmentasi.

Baca Juga : 7 Kandungan Skincare yang Cocok untuk Kulit Berminyak

Leave a Comment

error: Content is protected !!