5 Calming Ingredients yang Bisa Menenangkan Kulit Iritasi atau Kemerahan

Kulit yang iritasi dan memerah serta ada rasa gatal, panas, bahkan sensai terbakar. Hal ini dapat terjadi karena perawatan kulit yang kurang tepat. Tapi tak perlu khawatir kamu bisa mengandalkan beberapa produk skin care untuk meredakan masalah kulit tersebut. Berikut 5 calming ingredients yang bisa kamu coba untuk menenangkan kulit yang iritasi atau kemerahan.

Baca Juga :  Ramah Lingkungan, Ini Manfaat Menggunakan Skincare Vegan

1. Oat

Foto : freepik.com

Selain tinggi serat, oat juga dipercaya dapat menjaga kesehatan fungsi hati serta organ pencernaan. Namun ternyata oat juga ampuh untuk mengatasi masalah iritasi dan kemerahan pada kulit. Kamu dapat membuat masker dari oats yang dicampur bahan lain seperti madu untuk menenangkan kulitmu.

Superfood  atau oat ini memiliki kandungan vitamin, mineral, polysaccharideslipidflavonoid, dan protein yang tinggi yang ampuh mengembalikan pelindung alami kulit, meningkatkan kekenyalannya, membuat kulit lebih lembut, sekaligus menghidrasi dan menenangkan kulit.

Baca Juga : Inilah Perbedaan Priming Water dan Setting Spray

2. Olive Oil

Foto : freepik.com

Olive oil dikenal memiliki kandungan antioksidan tinggi yang membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Kandungan antibakteri dan anti jamur dalam minyak zaitun juga membantu merawat kondisi kulit, terlebih bagi kamu yang memiliki masalah eczema.

Olive oil juga bisa menjadi pilihan tetap bagi semua jenis kulit yang mengalami masalah iritasi maupun kemerahan. Pengaplikasian olive oil secara topikal tidak hanya memberikan hidrasi pada kulit yang bermasalah, namun juga membantu mengembalikan kemampuan alami kulit untuk menghidrasi.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Cleansing Oil untuk Kulit Berminyak

3. Calendula

Foto : instagram.com/skinoia.id/

Calendula bisa menjadi pilihan untuk mengatasi masalah iritasi maupun kemerahan. Bunga tanamanan ini mengandung senyawa anti-inflamasi, antibakteri, antioksidan, serta lembut bagi semua kondisi kulit.

Kandungan senyawa alami dalam calendula efektif menenangkan kulit yang bermasalah secara cepat, sekaligus memberikan perlindungan tambahan dan meningkatkan kemampuan pelindung alami kulit.

Dengan kandungan antioksidan yang kuat, penggunaan ekstrak calendula secara topikal pada kulit dapat mengatasi masalah iritasi dan kemerahan secara cepat dan aman.

Baca Juga : 10 Produk Skincare dengan Kandungan Calendula

4. Aloe Vera

Foto : freepik.com

Aloe vera mengandung polisakarida yang memberikan manfaat melembabkan, anti-inflamasi, dan memberi lapisan pelindung pada kulit. Selain itu, gel aloe vera memiliki senyawa bioaktif dalam tanaman yang kaya akan vitamin A, B, C, D, dan E serta mineral seperti magnesium, kalium dan seng. Semua kandungan ini punya fungsi penyembuhan yang dicari banyak orang.

Aloe vera memiliki sifat mendinginkan yang dapat menyejukkan kulit setelah terpapar sinar matahari untuk jangka waktu yang lama. Aloe vera kaya akan nutrisi, vitamin, mineral, serta memberikan hidrasi yang baik bagi kulitmu. Selain menyediakan produk-produk yang tinggi kandungan aloe vera, kamu juga bisa membuat spray dari rendaman daging tanaman ini yang dicampur timun serta green tea. Kombinasi tiga bahan ini ampuh menenangkan berbagai masalah kulit.

Baca Juga : Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Kerusakan Skin Barrier

5. Chamomile

Foto : freepik.com

Chamomile diketahui dapat memberikan ketenangan pada diri orang yang meminumnya. Pengaplikasian ekstrak chamomile pada kulit rupanya juga sangat ampuh untuk menenangkan bermacam masalah kulit termasuk iritasi dan kemerahan.

Chamomile merupakan bahan alami yang juga memiliki kandungan anti inflamasi dan anti bakteri yang ampuh mengatasi peradangan pada kulit. Chamomile membantu mengobati kondisi kulit yang rusak karena iritasi, melembabkan, serta menstimulasi pembentukan kembali pelindung alami kulit.

Bunga ini kaya akan antioksidan dan vitamin E untuk memberikan perlindungan tambahan pada kulitmu.

Baca Juga : Manfaat Lactic Acid dalam Produk Skincare

Leave a Comment

error: Content is protected !!