Cara Eksfoliasi Wajah Tanpa Iritasi

Sebelum Eksfoliasi wajah

1. Ketahui produk eksfoliasi yang cocok untuk jenis kulitmu

Foto : freepik.com

Sebelum melakukan eksfoliasi, perhatikan dulu jenis kulitmu. Jika memiliki kulit berminyak, kamu bisa gunakan eksfoliator yang berbahan hydroxy acid. Namun, jika kulitmu kering, gunakan eksfoliator yang lembut dan bertekstur ringan agar kulitmu gak mudah terkelupas. Sedangkan untuk kulit sensitif, gunakan eksfoliator yang berbahan dasar alami.

Baca Juga : 3 Varian Exfoliating Toner dari Neogen Bio-Peel Gauze Peeling

 

2. Jangan terlalu sering melakukan eksfoliasi

Foto : freepik.com

Idealnya, kamu bisa melakukan eksfoliasi sebanyak 1 sampai 2 kali dalam seminggu. Kamu juga bisa memberikan jeda 2 sampai 3 hari agar kulit bisa melakukan pemulihan setelah eksfoliasi. Hal ini juga berguna untuk menghindari kulit dari inflamasi dan sensitif.

Kamu bisa melakukan eksfoliasi saat pagi atau malam hari. Namun, bagi kamu si pemilik kulit sensitif, ada baiknya jika melakukan eksfoliasi pada malam hari. Pengelupasan pada malam hari juga bermanfaat untuk memaksimalkan night cream yang kamu kenakan.

Baca Juga : Dear Me Beauty Rilis 11 Serum Baru untuk Mengatasi Semua Masalah Kulit

3. Perhatikan kondisi kulit

Foto : freepik.com

 

Kamu juga harus memperhatikan kondisi kulit saat itu sebelum melakukan eksfoliasi. Jika kulitmu sedang berjerawat atau mengalami luka, ada baiknya tidak melakukan eksfoliasi terlebih dahulu. Tunggu sampai kondisi kulitmu membaik.

Baca Juga :  Terbaru! Toner Somethinc Atasi Jerawat dan Komedo Serta Bikin Wajah Kenyal

4. Pahami Reaksi Kulit

Foto : freepik.com

Tidak semua produk eksfoliasi cocok di wajah kamu. Selain scrub masih ada toner atau serum. Pemilik kulit kering disarankan memakai produk yang lembut demi menghindari risiko iritasi lebih tinggi, seperti glycolic acid. Kulit yang berminyak bisa memilih salicylic acid.

Pemilik kulit normal bisa menggunakan kandungan AHA yang mampu mengangkat sel kulit mati sekaligus menjaga kesehatan kulit. Pahami apakah ada risiko iritasi yang membuatmu harus berganti produk atau tidak. Kesehatan kulitmu tetap nomor satu. Kamu bisa memakai produk eksfoliasi apapun yang cocok untuk kulit kamu. Perhatikan hal di atas agar bisa mendapatkan hasil maksimal.

Baca Juga :  5 Rekomendasi Peeling Serum untuk Kulit Kusam dan Mengatasi Jerawat

 

Cara Tepat Melakukan Eksfoliasi

1. Bersihkan wajah sebelum melakukan eksfoliasi

Foto : freepik.com

Kamu harus membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum melakukan eksfoliasi. Hal ini berguna untuk menghilangkan kotoran dan bisa menyerap kandungan dari bahan eksfoliasi. Kamu bisa gunakan air hangat untuk membasuhnya.

Baca Juga : 4 Facial Wash Gentle dari Produk Lokal untuk Remaja

2.Pilih eksfoliator dengan scrub lembut

Foto : freepik.com

Pilihlah eksfoliator dengan scrub yang lembut. Karena eksfoliator dengan scrub kasar dapat membuat kulit wajah terluka dan berisiko menyebabkan iritasi. Jadi bahan ini tidak cukup efektif untuk mengangkat sel kulit mati.

Baca Juga :

3. Lakukan eksfoliasi wajah dengan lembut

Foto : freepik.com

Scrub yang terdapat dalam eksfoliator tentu tidak terlepas dari bahan kimia. Sehingga, ambil secukupnya saat mengoleskan pada wajah. Kemudian kamu bisa lakukan eksfoliasi dengan gerakan perlahan dan memutar. Lalu usap dengan lembut hingga scrub merata ke seluruh bagian wajah. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air hangat.

Baca Juga :

4. Aplikasikan pelembap setelah eksfoliasi

Foto : freepik.com

Tahapan berikutnya setelah selesai eksfoliasi adalah mengaplikasikan pelembap pada wajah kamu. Pelembab berfungsi menutrisi kulit dan tentunya akan menjaga kulit kamu tetap lembap. Karena beberapa eksfoliator dapat membuat kulit wajah menjadi kering. Selain itu juga gunakan sunscreen dipagi hari nya.

Baca Juga : Pelembab dari Dear Me Beauty untuk Memperkuat dan Memperbaiki Skin Barrier

5. Jangan aplikasikan krim anti aging terlebih dahulu

Foto : freepik.com

Setelah melakukan eksfoliasi, ada baiknya jika kamu tidak menggunakan krim anti aging terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya over exfoliating pada wajah. Sehingga, biarkan kulit wajah bernapas untuk sementara sampai kembali pulih dan berganti dengan kulit yang baru.

Baca Juga : Kleveru Vitamin C 10% Ferulic Serum Untuk Mencerahkan Kulit dan Menyamarkan Bekas Jerawat

Leave a Comment

error: Content is protected !!