Cara Mudah Membersihkan Daging Sapi Sebelum Dimasak

Daging sapi mengandung zat besi, sumber protein,  zinc, vitamin B12, omega 3, vitamin B6, fosfor, dan masih banyak lagi. Oleh karenanya, mengonsumsi daging sapi sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Tapi tentu dengan porsi secukupnya agar olahan daging sapi bermanfaat untuk tubuh.

Olahan makanan berbahan dasar daging sapi merupakan menu favorit banyak orang. Daging sapi bisa diolah menjadi sup, rendang, empal, sate atau bahkan daging gepuk. Terus bagaimana sih cara membersihkan daging mentah sebelum daging itu diolah? Simak penjelasannya!

Baca Juga : 3 Resep Masakan Lebaran dari Daging Sapi yang enak dan Bikin Nagih

 

CARA MEMBERSIHKAN DAGING

 

Foto : freepik.com

Tidak boleh dicuci menggunakan air

Berbeda dengan daging ayam, daging sapi tidak memerlukan proses pencucian dengan air karena akan menjadikan daging itu mengkerut. Sebaiknya bersihkan daging dengan cara dilap dengan kertas tisu yang biasa digunakan di dapur. Bersihkan dengan dilap kotoran pada daging dan sedikit darah yang biasanya tersisa di permukaan daging. Setelah itu, diamkan sebentar selama beberapa menit lalu segera dimasak.

Baca Juga : 3 Cara Mudah Menghilangkan Bau Amis Pada Ayam

 

Cara simpan daging mentah dalam freezer

Jika kamu tidak mau langsung mengolah daging yang sudah dibersihkan dengan tisu dapur, kamu juga bisa menyimpannya lebih dahulu ke dalam freezer. Simpan daging yang sudah dilap dengan tisu dapur dalam wadah kedap udara atau plastik kedap udara, setelah itu langsung simpan di freezer. Daging yang dibungkus dengan baik bisa awet hingga enam bulan.

Jika kamu ingin menggunakan daging beku tersebut, kamu harus melakukan proses pencairan atau thawing terlebih dahulu. Proses thawing sebaiknya dilakukan di chiller dengan suhu 0-5 derajat celsius. Selain itu, kamu juga bisa melakukannya dengan cara running water atau air keran.

Taruh daging dalam wadah dan isi dengan air hingga merendam keseluruhan daging. Namun jika menggunakan proses yang melibatkan air, maka kamu harus mengolah daging secepat mungkin agar kondisi daging tetap segar.

Baca Juga : Resep Lontong Sayur Betawi untuk Lebaran, Gurih dan Wajib Coba!

 

Leave a Comment

error: Content is protected !!