Kandungan Skincare Rosehip Oil dengan Segudang Manfaatnya

Ada banyak berbagai jenis minyak esensial yang baik untuk kesehatan kulit. Salah satunya yang populer adalah rosehip oil.  Rosehip oil berbeda dengan rose essential oil yang berasal dari kelopak bunga mawar. Rosehip oil yang juga disebut dengan nama Rose HipSeed Oil berasal dari biji rose hips. Nah, rose hips adalah ‘buah’ yang tertinggal setelah mawar berbunga dan kelopaknya gugur.

Manfaat rosehip oil berasal dari berbagai kandungan bahan aktif di dalamnya, seperti linoleat, alpha-linolenic, asam oleat, serta berbagai vitamin dan asam lemak esensial. Selain itu, rosehip oil juga mengandung zat antiradang, antivirus, dan antijamur. Yuk simak lanjutannya!

Baca Juga : 5 Kandungan Skincare Alternatif Pengganti Retinol

 

Apa itu Rosehip oil?

Foto : freepik.com

Rosehip oil merupakan minyak yang diekstrak dari tanaman bunga mawar liar. Rosehip oil mengandung asam linoleat dan berbagai vitamin yang bermanfaat untuk mencegah penuaan. Beberapa di antaranya yaitu vitamin A dan vitamin C.

Dalam berperan sebagai anti-agingrosehip oil memiliki manfaat meningkatkan kolagen, menyamarkan garis halus, dan mencegah keriput. Di samping itu, rosehip oil juga dapat membantu mencerahkan wajah, melembabkan, hingga mengatasi jerawat. Sehingga, rosehip oil cocok digunakan bagi pemilik wajah berjerawat yang ingin mencoba produk anti-aging.

Baca Juga : Somethinc Holygrail Multipeptide Youth Elixir, Samarkan Kerutan dan Garis Halus Pada Kulit Wajah

Manfaat Rosehip Oil

Salah satu contoh produk rosehip oil Foto : instagram.com/trilogy_id

1. Khasiat Anti-Aging yang Efektif

Foto : freepik.com

Rosehip oil bermanfaat untuk anti-aging. Kemampuan rosehip oil untuk terserap hingga ke dalam lapisan kulit yang lebih dalam untuk menutrisi secara menyeluruh. Rosehip diperkaya dengan kandungan vitamin C yang cukup tinggi yang berperan sebagai antioksidan untuk memperbaiki tanda penuaan yang muncul akibat paparan sinar matahari berlebih.

Tak hanya itu, kandungan vitamin A pada minyak rosehip oil ternyata mampu memperbaiki kondisi kulit yang terdapat tanda-tanda penuaan, seperti keriput, garis halus, serta hiperpigmentasi

Baca Juga :

Luncurkan 2 Somethinc Youth Elixir Salmon dan Multipeptide untuk Kulit Awet Muda

Cegah Penuaan dini dengan Somethinc Salmon DNA + Marine Collagen Elixir

 

2. Membantu Proses Regenerasi Kulit

Foto : freepik.com

Rosehip oil kaya akan unsaturated fatty acids, linoleic, dan linolenic acids. Ketiga komponen ini terlibat dalam banyak proses regenerasi sel, termasuk sel kulit. Bahkan, dalam beberapa studi ditemukan fakta bahwa pemakaian rosehip oil selama 3 bulan secara rutin dapat membantu proses pemulihan luka pada wanita yang mengalami proses masektomi atau pengangkatan payudara hingga hanya meninggalkan bekas luka yang samar.

Baca Juga : 5 Skincare Serum Anti-Aging Lokal dari Somethinc

3. Mengatasi Jerawat dan Membantu Proses Penyembuhan Luka

Foto : freepik.com

Salah satu manfaat rosehip oil adalah mengatasi jerawatRosehip oil mengandung retinoid, yakni senyawa turunan vitamin A yang baik untuk mengurangi tampilan jerawat. Selain mengatasi jerawat, rosehip oil memiliki kemampuan anti-inflamasi, yang mendorong kerja sel-sel kulit untuk proses regenerasi. Sehingga, tidak heran jika ada beberapa pemilik kulit berjerawat yang juga menggemari minyak ini.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Milia, Kulit Jadi Bersih dan Mulus

 

4. Melembapkan Kulit

Foto : freepik.com

Manfaat rosehip oil berikutnya berasal dari kandungan asam linolenat dan ceramide di dalamnya yang dapat membantu melembapkan kulit. Rosehip kaya akan fatty acids, yang merupakan kandungan utama dalam kebanyakan produk moisturizerrosehip oil mampu melembapkan dan menghidrasi kulit secara mendalam. Berkat khasiat melembapkan ini juga, rosehip oil dapat meredakan iritasi, bahkan beberapa kondisi kulit seperti eczema rosacea.

Baca Juga : Somethinc Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel untuk Kulit Glowing dan Kenyal

 

5. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Foto : freepik.com

Manfaat rosehip oil dalam melindungi kulit dari paparan sinar matahari berasal dari kandungan vitamin A dan E di dalamnya. Kedua kombinasi tersebut diketahui berperan sebagai antioksidan untuk mengatasi kerusakan kulit dan kulit terbakar akibat paparan sinar matahari berlebihan. Meski demikian, rosehip oil tidak dapat menggantikan penggunaan tabir surya yang lebih efektif dalam melindungi kulit Anda dari sinar matahari, ya. 

Baca Juga : 5 Sunscreen Berbentuk Stick yang Praktis untuk Dibawa Bepergian

Leave a Comment

error: Content is protected !!