Manfaat Lactic Acid dalam Produk Skincare

Pasti kalian tidak asing sama kandungan lactic acid yang ada didalam kandungan produk skincare. Lactic acid sendiri termasuk dalam salah satu kandungan eksfoliasi yang paling dikenal dalam golongan asam alfa hidroksi. Eksfoliasi sendiri adalah proses pengelupasan sel kulit mati agar kulit wajah tampak sehat dan bebas kusam. Sebenarnya apa sih kandungan ini dan apa saja manfaat lactic acid untuk kulit wajah. Yuk simak penjelasan lanjutnya.

Baca Juga : Cara Eksfoliasi Wajah Tanpa Iritasi

Apa itu Lactic Acid?

Foto : instagram.com/avoskinbeauty

Lactic acid disebut juga asam laktat, termasuk dalam AHA (alpha hydroxy acids) atau asam alfa hidroksi, bersama dengan asam glikolat hingga asam sitrat. Namun, keduanya berbeda karena asam glikolat dibuat dari gula tebu sedangkan asam laktat dibuat dari susu.

Lactic acid sebagai salah satu asam golongan AHA memiliki kemampuan untuk mengeksfoliasi sel kulit mati sehingga sel kulit baru muncul lebih mudah. Maka kulit akan terlihat lebih cerah, halus, dan sehat.

Salah satu kelebihan lactic acid dibandingkan glycolic acid dan golongan AHA lainnya adalah sifatnya yang lebih ringan. Dengan demikian, fungsi lactic acid bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk orang-orang dengan kulit sensitif. Selain itu, lactic acid juga menjadi kandungan produk perawatan wajah yang tepat bagi kamu yang tidak dapat menggunakan skincare mengandung AHA terlalu kuat. 

Baca Juga : BLP x Avoskin Multipurpose Tinted Sunscreen, Sebagai Skincare dan Makeup

 

Manfaat Lactic Acid dalam Skincare

1. Mengatasi Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi adalah bercak gelap pada kulit akibat produksi melanin yang berlebih. Melanin adalah pigmen pewarna yang membuat kulit menjadi gelap. Fungsi lactic acid dalam skincare akan merangsang produksi kolagen sekaligus mengencang kulit. Penggunaan lactic acid secara rutin dapat mengencangkan kulit jadi tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan akan tersamarkan.

Baca Juga : Mengenal Tinted Sunscreen untuk Melindungi dan Mencerahkan Kulit

2. Mencegah Timbulnya Jerawat

Manfaat lactic acid lainnya adalah mencegah jerawat muncul. Proses eksfoliasi dengan lactic acid dapat menjaga pori-pori kulit tetap bersih dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati dan minyak berlebeih yang menyebabkan jerawat. Hal ini akan membuat komedo dan jerawat tidak muncul pada wajah.

Baca Juga : Ramah Lingkungan, Ini Manfaat Menggunakan Skincare Vegan

3. Mencerahkan Kulit

Lactic acid akan mengangkat sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam. Kandungan ini akan mempercepat regenerasi sel yang akan membuat kulit tampak lebih cerah, halus, dan lembut. Hal ini akan membuat warna kulit lebih merata ditambah pori-pori kulit akan mengecil.

Baca Juga : Rekomendasi Skincare Lokal Avoskin Buat Atasi 4 Masalah Kulit yang Berbeda

4. Menyamarkan Bintik Hitam

Melakukan eksfoliasi dengan lactic acid dapat membantu mengurangi penampakan bintik hitam akibat penuaan. Bintik hitam akibat penuaan disebut juga sebagai senile, lentigo, atau bintik matahari ini bisa terjadi karena peningkatan melanin. Bintik hitam dapat disebabkan oleh bertambahnya usia hingga paparan sinar matahari berlebihan.

Baca Juga : 8 Rekomendasi Serum Avoskin untuk Remaja Yang Cocok dan Aman

5. Lactic Acid Aman Digunakan oleh Ibu Hamil

Meskipun kandungan AHA biasanya tidak aman digunakan oleh ibu hamil, lactic acid berbeda dari jenis AHA lainnya. Kandungan ini bersifat lebih ringan dibandingkan jenis AHA lainnya jadi masih aman. Biasanya dokter menyarankan untuk melewati kandungan skincare tertentu saat hamil tetapi lactic acid ini bisa jadi pilihan untuk digunakan saat hamil.

Baca Juga :  3 Varian Sensatia Botanicals Body Lotion, Cocok untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Leave a Comment

error: Content is protected !!