Tips Atasi Kolesterol Tinggi Pasca Lebaran

Setelah menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh, umat muslim merayakan kemenangan saat hari Raya Lebaran. Di Indonesia sendiri, Lebaran identik dengan kegiatan makan-makan berbagai macam menu. Santapan Lebaran umumnya identik dengan daging yang bersantan dan berlemak.

Walau terasa nikmat, sayangnya santapan itu berisiko menyebabkan kolesterol tinggi. Dengan kadar kolesterol tubuh yang berlebihan, maka dapat menyebabkan rasa sakit kepala hingga tengkuk dan badan yang terasa pegal-pegal. Biar hal buruk itu tidak terjadi, terdapat beberapa tips yang perlu dilakukan agar kadar kolesterol kembali normal pasca Lebaran. Yuk, simak tipsnya!

Baca Juga : Resep Bakso Berbagai Bahan yang Simpel

 

1. Rutin Berolahraga

Foto : freepik.com

Berolahraga merupakan kunci untuk mencegah dan mengurangi kolesterol tinggi pada tubuh. Melakukan aktivitas fisik selama 40-60 menit secara rutin ampuh menjauhkan diri kamu dari kolesterol.

Baca Juga : 4 Resep Aneka Kue Sagu, Kering dan Anti Gagal

2. Batasi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans

Ilustrasi makanan (Foto: Instagram/@tsaniwismono)

Makan makanan yang mengandung banyak lemak jenuh dan lemak trans dapat berkontribusi terhadap kolesterol tinggi dan kondisi yang terkait, seperti penyakit jantung. Salah satu makanan khas Lebaran yang tinggi akan kandungan lemak jenuh adalah opor.

Karenanya, kamu tetap harus membatasi konsumsi opor selama Lebaran. Selain itu, makanan lainnya yang juga harus dibatasi konsumsinya, antara lain kulit ayam, udang, kue kering, jeroan, dan berbagai makanan yang mengandung santan.

Baca Juga : 3 Resep Masakan Lebaran dari Daging Sapi yang enak dan Bikin Nagih

3. Terapkan pola makan sehat

Foto : freepik.com

Cara ini bisa dilakukan dengan mengurangi dan meningkatkan beberapa jenis asupan yang dibutuhkan tubuh. Beberapa jenis asupan yang perlu dikurangi adalah lemak jenuh yang biasa ditemukan dalam daging merah dan produk susu berlemak penuh serta lemak jenuh yang sering digunakan dalam margarin dan kue.

Sementara asupan yang perlu ditingkatkan adalah makanan kaya asam lemak omega-3, termasuk ikan salmon dan ikan kembung, kacang kenari, dan biji rami. Selanjutnya, serat seperti yang dapat ditemukan dalam oatmeal, kacang merah, apel dan pir. Selain itu, tambahkan pula protein whey yang ditemukan dalam produk susu.

Baca Juga : Resep Menu Lebaran dan Cara Membuat Opor Ayam yang Enak

4. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh

Foto : freepik.com

Lemak tak jenuh tunggal mampu mengurangi LDL berbahaya sekaligus meningkatkan kadar HDL sehat. Menurut studi dalam Canadian Medical Association Journal (source idntimes.com), didapatkan hasil bahwa diet tinggi lemak tak jenuh tunggal dapat meningkatkan HDL bermanfaat sebesar 12 persen dibandingkan dengan diet rendah lemak jenuh. Lemak tak jenuh tunggal juga dapat mengurangi oksidasi lipoprotein yang berkontribusi pada penyumbatan arteri.

Menurut penelitian dalam The American Journal of Clinical Nutrition, secara keseluruhan, lemak tak jenuh tunggal sehat karena menurunkan kolesterol LDL yang berbahaya, meningkatkan kolesterol HDL yang baik, dan mengurangi oksidasi berbahaya.

Beberapa sumber lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda yang baik, yaitu buah zaitun, minyak zaitun, minyak canola, alpukat, almon, kenari, pecan, kacang hazel, dan kacang mede.

Baca Juga : 4 Resep Menu Lebaran Berbahan Ayam Kampung, Enak dan Nagih

5. Menjaga Berat Badan

Foto : freepik.com

Berat badan berlebihan juga berhubungan dengan kolesterol. Pada awalnya, lemak yang terlalu banyak menganggu produksi hormon insulin. Hal itulah yang kemudian memicu kolesterol tinggi dan penyakit diabetes.

Baca Juga : Resep Lontong Sayur Betawi untuk Lebaran, Gurih dan Wajib Coba!

 

Leave a Comment

error: Content is protected !!