5 Tanda Kulit Dehidrasi dan Cara Mengatasinya

Kulit dehidrasi adalah kulit yang mengalami permasalahan karna kurang nya kelembaban di kulit. kulit dehidrasi bisa dialami oleh kamu yang memiliki kulit yang berminyak maupun kombinasi ya. Kulit yang dehidrasi terjadi karna gaya hidup kamu yang tak sehat atau faktor eksternal, seperti sering terpapar AC, kurang tidur, banyak mengonsumsi alkohol dan diet yang nggak sehat, serta paparan sinar matahari, kurang konsumsi air dan lebih banyak mengkonsumsi teh dan kopi.

Saat kulit dehidrasi, skin barrier akan terganggu dan melemah. Akibatnya banyak masalah kulit lainnya yang juga bisa ikut muncul. Untuk mengetahui tanda tanda masalah pada kulit dehidrasi dan cara mengatasinya, simak penjelasannya dibawah ini.

Baca Juga : Kenali Perbedaan Antara Kulit Dehidrasi dan Kulit Kering 

 

1. Kulit Kusam

Kulit dehidrasi akan mengalami kulit kusam dan keabu-abuan. Ketika kulit kamu dehidrasi, fungsi yang membuat kulit meluruhkan lapisan luar sel kulit mati menjadi rusak sehingga sel-sel kulit mati dibiarkan menumpuk di kulit. Akibatnya, tampilan kulit jadi keabu-abuan dan kusam. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan terlihat cerah dan merona. Untuk memastikan kadar air di kulitmu tetap stabil, jangan lupa untuk mengonsumsi air dengan cukup dan kurangi konsumsi junk food maupun minuman manis.

Baca Juga : 4 Rekomendasi Krim Wajah Lokal dari Avoskin

 

2. Kulit Terasa Ketat

Kulit dehidrasi bisa ditandai dengan kulit yang terasa ketat atau seperti ketarik. Hal tersebut dikarenakan minyak dan NMF ( Natural Moisturizing Factor ) adalah dua hal yang berbeda. Minyak yang ada di permukaan kulit berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit. Sedangkan NMF berfungsi untuk menjaga hidrasi pada kulit. Ketika kulitmu dehidrasi, maka yang menurun adalah NMF pada kulit, sedangkan produksi sebum/minyak pada kulit bisa tetap berjalan.

Baca Juga : 3 Serum Terbaru dari Somethinc, Kulit Glowing dan Lembut

 

3. Kulit Terasa Gatal

Kondisi kulit dehidrasi  akan membuat kulit terasa gatal bahkan bersisik. Jika mengalami ini, kamu bisa menggunakan moisturizer yang kaya akan kandungan pelembap seperti Ceramide atau Hyaluronic Acid. Tips lainnya, kamu bisa rutin menyemprotkan face mist yang memiliki fungsi hydrating di sela-sela aktivitasmu.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Serum Hyaluronic Acid Lokal

 

4. Timbul Garis-Garis Halus

Kulit yang terhidrasi dengan baik akan terasa kenyal dan lembut, sebaliknya kulit yang dehidrasi tak merasakan kulit seperti ini. Akibatnya, kulit akan kekurangan elastisitas dan rentan muncul garis-garis halus hingga kerutan. Jika muncul garis-garis halus serta disertai dengan tanda-tanda dehidrasi lainnya, maka kamu bisa melakukan beberapa tips seperti menggunakan skincare dengan kandungan Hyaluronic AcidCeramideShea ButterPetrolatum, dan lain-lain. Kemudian pastikan pembersih wajah kamu tidak terlalu keras yang dapat membuat kulitmu semakin kering.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Moisturizer Lokal yang Ringan dan Cepat Meresap

 

5. Dry Patches

Disekitar hidung terasa kering, gatal, dan mengelupas merupakan ciri yang dinamakan dry patches dan bisa terjadi di area wajah lainnya, misalnya di dahi, pipi, sekitar mata, maupun dagu. Dry patch ini juga seringkali terlihat kemerahan dan disertai dengan rasa gatal. Jika mengalami ini, kamu bisa menambakan skincare yang lebih melembapkan, seperti face oil, di bagian kulit yang memiliki dry patches.

Baca Juga : 4 Rekomendasi Face Oil Lokal untuk Mencegah Kulit Kering

 

error: Content is protected !!