Kandungan Skincare yang Aman Digunakan dengan Retinol

Retinol atau Retinoid adalah turunan sintetik dari vitamin A yang efektif bekerja untuk merangsang pergantian sel-sel kulit dan meningkatkan kolagen sehingga kulit tampak lebih kenyal. Retinol juga sebagai anti-oksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan mampu memperbaiki tektur kulit, pigmentasi serta warna kulit. Manfaat baik lainnya untuk kulit ialah dapat mengatasi jerawat dan bintik hitam, mencegah penuaan dini, hingga merangsang produksi kolagen.

Karena retinol termasuk bahan aktif yang bersifat keras, maka efeknya pun dapat menimbulkan kulit kering, iritasi, kemerahan, terutama bagi pemilik kulit sensitif. Maka dari itu, ada beberapa kandungan skin care lainnya yang dapat menetralisir jika digunakan bersama retinol. Simak penjelasannya.

Baca Juga : Review Avoskin Miraculous Retinol Ampoule dalam 3 Bulan Lebih Pemakaian

 

Ilustrasi Retinol (Foto : sweetpost.my.id)

Niacinamide

Perpaduan retinol dan niacinamide bisa memperbaiki warna kulit dan tanda-tanda penuaan. Niacinamide termasuk kandungan aktif ringan yang befungsi mengurangi tanda penuaan, menyamarkan noda hitam, dan meratakan warna kulit. Sementara retinol punya manfaat yang kurang lebih sama, tapi lebih kuat dari niacinamide. Kedua kandungan aktif ini diklaim aman digunakan bersamaan karena punya manfaat baik untuk kulit.

Baca Juga : Layering Serum untuk Kulit Cerah dan Glowing

 

Ceramide

Ceramide merupakan lipid (lemak) yang ditemukan secara alami di lapisan paling atas kulit yang membantu membentuk pelindung kulit dan membantu kulit mempertahankan kelembapan serta menghidrasi kulit. Ceramide merupakan bahan aktif yang bekerja untuk membuat kulit menjadi kenyal, melindungi lapisan kulit dari paparan faktor lingkungan. Jika dikombinasikan dengan retinol, maka ceramide dapat membantu menghidrasi dan menenangkan kulit sekaligus mencegah tanda penuaan dini yang disebabkan oleh paparan sinar UV.

Baca Juga : 3 Produk Bhumi Skincare untuk Memperkuat Skin Barrier

 

Hyaluronic Acid

Retinol dapat membuat kulit kamu lebih sensitif terhadap sinar matahari. Untuk itu, pentingnya mencampurkan bahan pelembap untuk melengkapi retinol. Salah satunya dengan hyaluronic acid. Hyaluronic Acid mempunyai banyak manfaat untuk kulit dan memberikan efek yang jelas terlihat. Kandungan humektan dengan molekul mudah terserap ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit dan berfungsi untuk menghidrasi kulit.

Peran hyaluronic acid  ini bisa membantu menghidrasi dan menenangkan kulit tanpa menghalangi kemampuan retinol untuk melakukan tugasnya.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Serum Hyaluronic Acid Lokal

 

SPF

SPF merupakan kandungan pelindung matahari yang mampu melindungi kulit dari sengatan matahari. Biasanya SPF memiliki angka yang berbeda-beda, sebagai penentu seberapa lama kamu dapat berada di bawah sinar matahari tanpa terbakar selama memakai produk tersebut. Karena kulit cenderung lebih sensitif terkena sinar matahari saat menggunakan retinol, maka fungsi SPF di sini dapat bekerja melindungi kulit dari efek buruk sinar UV sekaligus mencegah kerutan dan garis halus, sehingga kulit tetap terlihat awet muda. 

Baca Juga : Sunscreen Lokal dari Avoskin Cocok Untuk Kulit Sensitif

error: Content is protected !!