Layering Serum untuk Kulit Cerah dan Glowing

Layering serum bertujuan untuk mengatasi masalah kulit dengan mencampur banyak serum. Akan tetapi, jika terlalu banyak juga akan membuang waktu dan mengurangi kemampuan kulit untuk menyerap produk setelahnya. Jadi, setidaknya gunakan tiga serum yang paling kulit kamu butuhkan.

Solusi agar layering serum kamu benar-benar membawa manfaat bagi kulit adalah memakai serum dari konsistensi yang paling encer dan ringan terlebih dahulu dan dilanjutkan ke serum yang kental atau berat. Untuk lebih tepatnya, simak penjelasan layering serum untuk kulit lebih cerah dan glowing dibawah ini.

Baca Juga : Rekomendasi Skin Care Lokal Dibawah Rp100 Ribuan

 

Panduan Layering Serum untuk Kulit Cerah dan Glowing

Foto : pexels.com

1. Peptide + Niacinamide

Peptide adalah skin-restoring ingredient yang merupakan bagian protein aktif yang fungsinya mendorong produksi kolagen dan meminimalisir kerutan pada kulit. Peptide memiliki manfaat untuk mengatasi permasalahan penuaan dini karena dapat menghasilkan protein yang dibutuhkan kolagen untuk berproduksi.

Niacinamide merupakan bahan skincare yang dapat mengontrol produksi sebum dan meminimalisir tampilan pori-pori. Niacinamide juga mampu menjaga kelembaban kulit, membantu memperkuat lapisan kulit terluar, mengencangkan kulit dan mempunyai sifat anti-inflammatory yang bagus untuk meredakan kemerahan yang disebabkan oleh radang jerawat.

Peptide dapat ditemukan dalam skin care berbentuk serum atau moisturizer. Untuk mendapatkan efek kulit yang cerah, kamu bisa menggabungkan peptide dengan niacinamide. Memakai dua serum ini secara berlapis juga bermanfaat untuk meminimalisir kerutan, warna kulit tidak merata, menghaluskan tekstur kulit, dan efektif merawat kulit berjerawat.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Skincare dengan Kandungan Peptide untuk Kulit Awet Muda

 

2. Arbutin + Vitamin C

Arbutin adalah tyronsinase inhibitor atau disebut juga lightening agent. Arbutin berasal dari spesies tanaman seperti blueberry, cranberry, dan bearberry. Senyawa aktif dalam arbutin efektif menghambat pembentukan melanin (pigment pemberi warna pada kulit). Semakin banyak melanin, semakin gelap pula warna kulit. Untuk itu, arbuton dianggap sebagai bahan pencerah kulit yang efektif.

Arbutin bekerja efektif jika konsentrasinya sebanyak 3%, walaupun banyak produk kini yang menggunakan konsentrasi yang lebih tinggi di atasnya. Kalau ditanya ingredients apa yang paling cocok digabungkan dengan arbutin, jawabannya adalah vitamin C.

Baca Juga : 8 Skincare lokal dari Avoskin Skin Your Bae Terbaru Atasi Berbagai Permasalahan Kulit

 

3. Vitamin C + Vitamin E

Vitamin C merupakan antioksidan yang efektif menghambat radikal bebas yang menyebabkan kerutan dan penuaan. Vitamin C adalah salah satu vitamin penting yang cocok untuk semua jenis kulit. Vitamin C dan vitamin E memiliki kesamaan, yakni sama-sama memiliki sifat antioksidan.

Menggabungkan dua produk dengan kandungan di atas, mampu menstabilkan dan meningkatkan khasiat satu sama lain.Vitamin C mampu merangsang pembentukan kolagen, mengurangi kerutan, mencerahkan dan melindungi kulit dari paparan sinar UV serta polusi. Sementara, vitamin E dapat mencegah radikal bebas dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Selain itu, kedua kandungan ini juga dapat menenangkan kulit iritasi dan menutrisi kulit.

Baca Juga : Kleveru Vitamin C 10% Ferulic Serum Untuk Mencerahkan Kulit dan Menyamarkan Bekas Jerawat

 

4. Vitamin C + Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid mampu melembapkan dan menghidrasi kulit karena sifatnya yang humektan. Sementara, vitamin C mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, meningkatkan produksi kolagen, mengurangi pigmentasi, dan mencerahkan kulit.

Salah satu yang perlu diperhatikan dalam layering serum adalah menggunakan produk dengan pH yang rendah terlebih dahulu. Untuk itu, gunakan serum vitamin C yang punya tingkat pH lebih rendah sehingga lebih mudah menyerap ke dalam kulit. Setelahnya, gunakan serum HA untuk mengunci kelembapan kulit dan memperkuat skin barrier.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Serum Hyaluronic Acid Lokal

error: Content is protected !!