Manfaat Stearic acid untuk Kecantikan Kulit

Stearic acid adalah asam lemak jenuh yang banyak digunakan dalam kebutuhan sehari-hari. Stearic acid biasanya disebut juga sebagai asam stearat dan dibuat dari berbagai jenis ekstrak lemak nabati dan lemak hewani. Stearic acid digunakan sebagai komposisi tambahan dalam makanan dan produk industri, stearic acid juga kerap digunakan pada kandungan makeup ataupun skincare. Simak penjelasan lanjutannya

Baca Juga : Review Avoskin Miraculous Retinol Ampoule dalam 3 Bulan Lebih Pemakaian

 

Apa Itu Stearic acid

Stearic acid sering digunakan pada sabun, deodoran, krim, lotion sebagai emulsifier (efek mengentalkan). Pada cleansing agent, stearic acid sering dicampur dengan lauric acid, oleic acid, pamitic acid sebagai surfaktan. Stearic acid juga sangat umum digunakan dalam produksi sabun sebagai aditif untuk mengeraskan teksturnya, memberi warna putih mutiara, serta membuatnya mudah dibilas sehingga memberikan efek kesat.

Namun, utamanya, kandungan ini membantu bahan-bahan menyatu sehingga lebih halus dan kental. Pada dasarnya bahan acid yang terbuat dari lemak nabati ini memang memiliki beberapa manfaat baik bagi kulit, khususnya untuk tekstur dan tampilan kulit.

Baca Juga : 3 Serum Terbaru dari Somethinc, Kulit Glowing dan Lembut

 

Manfaat Stearic acid Untuk Kulit

1. Memperkuat Skin Barrier dan Mengunci Kelembapan Kulit

Foto : freepik.com

Stearic acid merupakan kandungan yang bisa menjadi komponen penting untuk menjaga skin barrier, yaitu lapisan terluar dari kulit sehingga dapat terjaga kelembapan alaminya. Asam stearat ini lebih cenderung masuk dalam kategori emolien, yang artinya ia dapat bekerja untuk melembutkan serta menghaluskan kulit. Stearic acid ini sangat umum digunakan dalam produk moisturizer karena sifatnya yang melembapkan.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Lip Balm Mengandung SPF Terbaik

 

2. Bekerja Sebagai Sufaktan

Foto : freepik.com

Stearic acid adalah kandungan yang dapat bekerja sebagai surfaktan, yaitu kandungan yang mampu membantu membersihkan kulit. Sehingga selain umum digunakan sebagai salah satu kandungan di dalam pelembap, asam stearat juga banyak ditemukan dalam produk sabun cuci muka.

Kandungan ini membantu mengikat minyak dan kotoran yang menempel pada wajah sehingga dapat luruh dari permukaan kulit dengan mudah. Namun tidak sama dengan jenis surfaktan lainnya, asam stearat tidak akan menghilangkan minyak alami pada kulitmu. Karenanya, kalau kamu mencari sabun cuci muka yang mampu membersihkan kulit dengan maksimal tanpa membuatnya menjadi kering karena kehilangan kelembapan alaminya.

Baca Juga : 5 Tips Menjaga Bibir Tetap Lembut dan Halus

 

3. Menjaga Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Foto : freepik.com

Lapisan pengunci yang dihasilkan dari kandungan stearic acid dapat membantu kulit untuk tetap sama seperti warna aslinya. Manfaat ini bisa kamu dapatkan meski produk digunakan dibawah paparan sinar matahari. Maka dari itu, kandungan stearic acid banyak digunakan dalam produk sunscreen dan juga sunblock.

Meskipun demikian, kamu tetap harus memperhatikan jumlah SPF yang terdapat dalam kemasan sunscreen atau sunblock yang kamu gunakan untuk mengetahui batas penggunaannya.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Serum Hyaluronic Acid Lokal

 

 

Leave a Comment

error: Content is protected !!