Mengenal dan Manfaat Ceramide Untuk Kulit

Tak asing menggunakan skincare yang bernama ceramide? Ceramide ini sering muncul dalam berbagai produk perawatan kulit, mulai dari pelembap, krim mata, hingga serum. Sebenarnya apa sih kandungan ceramide ini? Yuk, kenali kandungan ini dan apa manfaat ceramide untuk kulit kamu!

Baca Juga : 3 Moisturizer Lokal yang Mengandung Ceramide Bantu Perbaiki Skin Barrier

 

Apa itu Ceramide?

Ilustrasi Contoh Produk Ceramide (Foto : blibli.com)

Ceramide merupakan lipid (lemak) yang ditemukan secara alami di lapisan paling atas kulit yang membantu membentuk pelindung kulit dan membantu kulit mempertahankan kelembapan. Bahkan 50 persen dari epidermis kulit terbentuk dari Ceramide. Hal inilah yang kemudian membuat ceramide berperan penting dalam perlindungan kulit. Jadi tidak heran kalau banyak produk skincare seperti pelembap, serum, masker, dan produk lainnya mengandung ceramide juga.

Seiring bertambahnya usia, paparan sinar matahari, dan penggunaan produk skincare yang terlalu keras bisa membuat kualitas dan kuantitas ceramide pada kulit berkurang. Jika ceramide berkurang, skin barrier bisa rusak, menyebabkan kulit kering, kasar, iritasi, dan dehidrasi.Penggunaan skincare dengan kandungan ceramide bisa membantu mencukupi kadar ceramide pada kulit jadi kulit tetap lembap, terhidrasi, kenyal, dan kencang.

Baca Juga : Review Kleveru Ceramide Calm Facial Oil – Solusi Kulit Berjerawat dan Bekas Jerawat

 

Manfaat Ceramide untuk Kulit

Foto : freepik.com

 

1. Memperlambat Tanda Penuaan Dini

Ceramide memiliki manfaat penting lainnya untuk memperlambat kemunculan tanda-tanda penuaan kulit seperti garis halus dan kerutan yang muncul jika kulit kering. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada perempuan berusia 20 tahun, mengaplikasikan produk skincare yang mengandung ceramide dapat membantu memperkuat fungsi pelindung kulit sehingga kulit tampak lebih lembut dan awet muda. Dengan ini, tanda-tanda penuaan dapat berkurang.

Baca Juga : Trueve, Serum Lokal dengan Bahan Aktif untuk Mencerahkan, Jerawat dan Solusi Awet Muda

 

2. Menjaga Kelembapan Pada Kulit

Salah satu manfaat ceramide dalam kandungan produk skincare adalah menjaga kelembapan kulit sehingga mencegah terjadinya permeabilitas atau kebocoran.Dalam perawatan kulit, fungsi ceramide adalah mampu mengunci kelembapan kulit sehingga membantu mencegah kulit kering dan iritasi.
Manfaat ceramide pun mampu melindungi lapisan epidermis kulit dari kerusakan yang berasal dari luar tubuh.Ketika kadar ceramide pada kulit tercukupi, maka dapat membantu melembapkan kulit dan memperkuat lapisan pelindung kulit.

Baca Juga : 3 Produk Bhumi Skincare untuk Memperkuat Skin Barrier

 

3. Mencegah Timbulnya Jerawat

Munculnya jerawat dapat disebabkan oleh bakteri serta penumpukan kotoran dan produksi minyak berlebih yang menyumbat pori-pori. Ketika lapisan kulit dalam kondisi sehat, bakteri tetap bisa masuk ke dalam lapisan kulit ini. Dengan menggunakan produk skincare yang mengandung ceramide dapat melindungi lapisan kulit agar bakteri dan zat asing lainnya tidak masuk.

Baca Juga : Dear Me Beauty Rilis 11 Serum Baru untuk Mengatasi Semua Masalah Kulit

 

4. Baik Digunakan oleh Kulit Sensitif

Kulit sensitif adalah jenis kulit yang kering dan tidak terhidrasi dengan baik, hal ini akan mudah bereaksi pada produk perawatan kulit. Salah satu penyebab kulit sensitif adalah kurang kelembapan yang berfungsi melindungi kulit. Produk perawatan kulit dengan kandungan ceramide bisa menjaga kelembapan dan mengurangi sensitivitas kulit. Jadi tak perlu khawatir jika  kamu memiliki kulit sensitif karena kandungan ini aman untukmu.

Baca Juga : Review Avoskin Miraculous Retinol Ampoule dalam 3 Bulan Lebih Pemakaian

Leave a Comment

error: Content is protected !!