Ini Perbedaan Terigu Protein Rendah, Sedang, dan Tinggi

Tepung terigu merupakan bahan serba guna yang dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis makanan. Jangan sampai tertukar dengan jenis tepung yang lain, terigu terbuat dari biji gandum. Ciri fisik terigu adalah warnanya yang putih namun agak kecoklatan.

Tepung terdiri dari karbohidrat (atau pati) dan protein. Protein dalam gandum disebut protein pembentuk gluten. Kuantitas dan kualitasnya menentukan hasil akhir kue. Tepung terigu terdapat macam jenis ada yang protein tinggi hingga rendah, Berikut perbedaannya!

Baca Juga : Resep Otak-Otak Panggang yang Enak dan Mudah

 

Perbedaan Tepung Terigu Berprotein Tinggi, Sedang dan Rendah

Foto : pexels.com

 

1. Tepung Terigu Mengandung Protein Tinggi

Tepung terigu protein tinggi memiliki kadar protein yang cukup besar. Kandungan protein berupa gluten yang ada dalam tepung berprotein tinggi sebanyak 14%-16%. Artinya, makanan yang menggunakan tepung terigu protein tinggi akan lebih kenyal dan elastis. Cocok digunakan untuk membuat kue, donat, roti dan mie.

Baca Juga : 5 Merk Tepung Terigu Berprotein Tinggi

 

2. Tepung Terigu Mengandung Protein Sedang

Tepung terigu protein sedang adalah terigu yang biasanya digunakan untuk membuat cake, waffle, pancake, martabak, dan kue basah. Ciri-ciri tepung terigu protein sedang terdapat pada kandungan proteinnya antara 10%-12%.

Tepung jenis ini sangat mudah ditemui di pasaran. Biasanya ditandai dengan tulisan tepung terigu serba guna atau all purpose flour yang ada pada kemasannya. Dikatakan serba guna karena penggunaannya yang paling fleksibel dari mulai untuk membuat kue hingga gorengan.

Baca Juga : Resep Otak-Otak Bakar yang Mudah dibuat

 

3. Tepung Terigu Mengandung Protein Rendah

Tepung terigu protein sedang memiliki kandungan protein sekitar 9%. Tepung jenis ini biasanya digunakan untuk makanan renyah agar hasilnya garing dan rapuh.Makanan yang bisa dibuat dengan tepung protein rendah adalah biskuit, kue kering, dan biskuit.

Baca Juga : Resep Dumpling Ayam yang Enak dan Praktis

 

error: Content is protected !!