3 Tips Diet Sederhana yang Efektif Menurunkan Berat Badan

Diet adalah salah satu bagian dari gaya hidup sehat untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik. Memulai diet untuk menurunkan berat badan karena ingin memiliki body goals dan meningkatkan kesehatan adalah tujuan yang sangat baik.

Aktivitas fisik seperti olahraga secara teratur juga memainkan peran penting dalam membantu kamu menjalani pola hidup sehat. Namun, akan selalu ada tantangan setiap kali memulai sesuatu yang baru, terutama jika itu melibatkan sesuatu yang kamu lakukan berulang kali setiap hari, seperti makan dan minum. Untuk kamu yang baru memulai diet, kamu bisa ikuti 3 langkah sederhana ini untuk menurunkan badan secara efektif.

Baca Juga : 5 Alternatif Pengganti Gula untuk Makanan dan Minuman yang Lebih Sehat

 

Konsumsi Protein, Lemak, dan Sayuran

Mengkonsumsi protein seperti daging, ikan, telur, dan kacang-kacangan sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan dan massa otot kamu ketika menurunkan berat badan. Sayuran hijau sangat penting untuk dikonsumsi saat kamu berencana untuk makan rendah karbohidrat atau rendah kalori.

Sebanyak apapun sayur dan buah yang kamu makan tidak akan menambah berat badan karena kedua jenis makanan tersebut tidak memiliki zat tepung dan sebagian besar terdiri dari air, rendah kalori, dan memiliki serat yang membuat perut cepat kenyang.

Terakhir, cukupi asupan lemak baik atau lemak tak jenuh yang dapat kamu peroleh dari zat omega-6 dan omega-3. Lemak tak jenuh tersebut adalah asam lemak esensial dan sangat diperlukan oleh tubuh karena tubuh kamu tidak dapat memproduksinya sendiri. Kamu bisa mendapatkannya dari minyak zaitun, alpukat, kacang-kacangan, dan lain-lain.

Baca Juga : 6 Resep Smoothie yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Kurangi Asupan Karbohidrat Olahan

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan dengan cepat adalah dengan mengurangi gula dan pati, atau karbohidrat. Pilihlah makanan rendah karbohidrat dan batasi asupan karbohidrat olahan seperti roti, pizza, pasta, kue kering, olahan tepung, nasi putih, makanan manis, dan sereal.

Hal tersebut dapat menyebabkan fluktuasi suasana hati dan energi, menambah berat badan, dan penumpukan lemak, terutama di sekitar lingkar pinggang kamu.

Baca Juga : Resep Dessert Box Berbahan Buah, bisa jadi ide jualan

Olahraga Secara Rutin

Selain diet, olahraga adalah salah satu strategi yang paling umum dilakukan  untuk menurunkan berat badan. Aktivitas fisik ini akan membakar kalori, dan hal tersebut tentunya berperan penting dalam menurunkan berat badan dan membentuk tubuh.

Di samping itu, olahraga juga memiliki manfaat lain seperti meningkatkan mood, mengurangi stress, mempunyai tulang yang kuat, serta mengurangi berbagai resiko terkena penyakit kronis.

Baca Juga : Resep Fluffy Pancake Ala Rumahan dan Simpel

error: Content is protected !!