Cara Mencerahkan Ketiak Gelap yang Bisa Dicoba

Faktanya banyak wanita yang tidak percaya diri ataupun tidak pede dengan penampilan underarm atau ketiak yang menggelap, ketika kamu ingin memakai baju tanpa lengan. Terlebih, tak ada solusi instan untuk masalah kulit satu ini. Ya, butuh usaha, proses, serta waktu untuk mencerahkan kembali kulit ketiak. Bagaimana caranya? Yuk, intip sederet cara mencerahkan ketiak gelap berikut ini!

Baca Juga : Maksimalkan Perlindungan dengan N’PURE Cica Beat The Sun Powder dari Paparan Sinar Matahari

 

 

1. Beralih ke deodoran yang lebih aman bagi kulit

Sebagian besar deodoran di pasaran memiliki kandungan paraben, alkohol, serta parfum yang dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan inflamasi. Jika terus berlanjut, inflamasi tersebut dapat menyebabkan penebalan kulit dan membuatnya tampak lebih gelap. Aluminum yang terdapat dalam antiperspirant pun dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan pigmentasi (menggelapnya kulit).

Oleh karena itu, salah satu langkah yang bisa kamu lakukan untuk mencerahkan kulit adalah beralih ke deodoran yang lebih aman bagi kulit. Kamu bisa mencari deodoran yang bebas alkohol, aluminum, atau mencari deodoran yang formulanya ditujukan bagi kulit sensitif.

Baca Juga : Pelembap Lokal dari ElsheSkin, Bikin Kulit Lembap dan Terhidrasi Seharian

2. Gunakan skincare untuk ketiak

Tahukah kamu kalau skin care untuk wajah pun bisa digunakan untuk kulit ketiak, lho! Ya, apabila kamu memiliki serum dengan kandungan mencerahkan seperti niacinamidealpha arbutin, atau glutathione, maka kamu bisa mengaplikasikannya secara rutin untuk membantu merawat kulit ketiak.

Baca Juga : Rekomendasi Produk Lokal Pemutih Ketiak Yang Aman Digunakan

3. Rutin melakukan eksfoliasi

Sebagaimana kulit wajah bisa terlihat kusam saat sel kulit mati menumpuk, kulit ketiak pun juga bisa terlihat gelap karena alasan yang sama. Agar sel kulit mati tidak menumpuk, jadwalkan eksfoliasi rutin untuk area kulit ketiak 2-3 kali seminggu. Cara ini juga membantu memastikan residu deodoran terangkat bersih dari kulit. Kamu bisa menggunakan lulur atau body scrub.

Baca Juga : Yuk, Intip Essence Toner dari Scarlett

4. Ganti metode menghilangkan bulu

Kebiasaan bercukur dapat menjadi salah satu penyebab ketiak gelap. Hal tersebut disebabkan gesekan antara pisau cukur dan kulit bisa menyebabkan inflamasi, yang lagi-lagi membuat kulit ketiak menghitam. Untuk meminimalisir gesekan, pastikan kamu menggunakan alat cukur yang tajam dan rutin menggantinya secara berkala.

Walau tidak menyebabkan ketiak menghitam, metode waxing dan plucking (mencabut dengan pinset) dapat ‘menarik’ pori-pori kulit, membuatnya terlihat lebih menonjol menyerupai kulit ayam. Jika ini adalah metode menghilangkan bulu andalanmu, pastikan kamu selalu merawat kulit ketiak sebelum dan setelahnya, ya!

Salah satu metode menghilangkan bulu yang tidak akan membuat kulit ketiak menggelap adalah IPL, namun kekurangannya adalah harganya yang relatif mahal dan kurang praktis.

Baca Juga : Serum Terbaru Scarlett Whitening : Acne Serum dan Brightly Ever After Serum

5. Perawatan klinik

Untuk mendapatkan hasil yang lebih intensif dan dratis, kamu juga bisa mengandalkan perawatan di klinik kecantikan yang ditujukan untuk kulit ketiak. Tak sedikit klinik kecantikan yang menawarkan treatment khusus untuk merawat kulit ketiak dan mencerahkannya, walau tentunya kamu perlu merogoh kocek lebih dalam.

Baca Juga : 3 Rekomendasi Brand Waxing Kit Terbaik dan Harga Terjangkau

Artikel Terkait :

error: Content is protected !!