5 Cara Menyimpan Cabai Agar Awet dan Tetap Segar Terus

Cabai merupakan salah satu bahan dapur yang umum digunakan masyarakat Indonesia untuk masak sehari-hari. Selain diolah menjadi aneka macam sambal, cabai juga dijadikan bahan pelengkap beberapa menu masakan. Jika kamu sering membeli cabai dalam jumlah banyak dan bingung cara penyimpanannya. Yuk simak cara menyimpan cabai agar awet dan tetap segar dibawah ini.

Baca Juga : Resep Sop Janda yang Gurih dan Segar

 

CARA MENYIMPAN CABAI

Foto : freepik.com/jcomp

1. Cabut Tangkai Cabe

Pilihlah cabai yang masih segar, tidak busuk dan tidak berair. Setelah dibawa pulang, segera cabut tangkai cabainya. Hal ini penting dilakukan supaya cabai tidak berair dan tetap awet.

2. Jangan Cuci Cabai

Setelah kamu pisah tangkainya, jangan cuci cabai tersebut. Cukup lap menggunakan tisu kering sebelum disimpan di dalam kulkas. Namun, kamu bisa mencuci cabai tepat saat kamu akan menggunakannya sebagai bahan masak.

Baca Juga : Resep Mi Goreng Tek-Tek Rumahan yang Simpel dan Enak

3. Siapkan Wadah Tertutup dan Tisu Kering

Gunakan wadah tertutup untuk menyimpan cabai. Letakkan tisu kering di dasar dan dinding wadah tersebut.

Gantilah tisu beberapa hari sekali jika dirasa sudah cukup basah, supaya kondisi cabai tetap awet dan tidak berair. Jangan tumpuk cabai terlalu banyak agar tidak penyet dan rusak ya!

4. Letakkan Satu Siung Bawang Putih

Kupas satu siung bawang putih dan letakkan di atas tumpukkan cabai. Bawang putih memiliki sifat antibakteri, sehingga cabai tidak akan mudah busuk dan rasa pedasnya tetap terjaga. Hanya dengan satu siung bawang putih saja, cabaimu dijamin akan tetap nikmat dan terjaga!

Baca Juga : Resep Rendang Paru yang Lezat dan Bikin Nagih

5. Simpan Cabai di Lemari Pendingin

Setelah memasukkan bawang putih, tutup rapat tempat cabai dan letakkan di dalam kulkas. Jangan simpan cabai di freezer, karena akan membuatnya berair dan mudah busuk. Letakkan wadah cabaimu di rak terbawah atau rak tempat sayur ya.

Baca Juga : Resep Iga Bakar Pedas, Lezat dan Gampang Dibuat

Artikel Terkait :

error: Content is protected !!