5 Jenis Vitamin Manusia Untuk Kucing Terbaik

Vitamin manusia untuk kucing itu bisa saja kamu berikan, tapi harus memperhatikan kadar dan dosisnya serta tidak boleh sembarangan. Vitamin itu kamu bisa kamu dapatkan di apotik, karena ada beberapa jenis vitamin manusia yang bisa diberikan ke kucing.

Namun, harus sesuai dengan kadar dan dosis jika memberikan ini ke kucing kamu. Berikut beberapa vitamin manusia yang bisa di konsumsi kucing kamu dan takaran dosis di tiap produknya.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Merk Vitamin untuk Kucing Terbaik

 

1. Virgin Coconut Oil (VCO)

Virgin Coconut Oil atau VCO biasanya digunakan oleh manusia, misalnya untuk merawat kesehatan rambut. Namun, minyak VCO juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kucing. Dan banyak praktisi kucing yang merekomendasikan pemakaian minyak VCO ini.

Jenis VCO ini ada bermacam-macam dengan harga yang bervariasi. Jadi, kamu bisa memilih berdasarkan kecocokan dengan kucing kamu ya. Lalu, apa manfaatnya? Manfaat VCO untuk kucing yaitu:

  • Menghilangkan bau kurang sedap, misalnya pada gigi dan mulut.
  • Melebatkan bulu kucing.
  • Mencegah serta mengobati penyakit kulit.
  • Menyembuhkan luka.
  • Mengobati mencret.
  • Mengurangi alergi.

Umumnya, VCO digunakan untuk pengobatan atau pengaplikasian luar. Misalnya untuk mengatasi jamur pada kulit kucing dengan mengoleskan VCO 2x selama 3 hari. Setelah itu, lanjutkan hingga 2-4 minggu ke depan untuk mengobati kulit kucing. Jika kamu ingin mengoleskan ke bulu kucing, oleskan sedikit saja VCO secara merata. Jangan terlalu banyak karena VCO bisa membuat bulu lengket.

Apakah aman dikonsumsi kucing? Aman. Namun, pastikan kucing kamu sudah berusia 3 bulan ke atas ya. Dan pastikan kamu membeli VCO yang bisa dikonsumsi. Lalu, berapa dosisnya? Ada yang mengatakan kalau tidak ada dosis khusus untuk pemberian VCO ke kucing. Namun, akan lebih baik berikan 1 ml VCO per hari saat masa penyembuhan. Jika kucing kamu sehat, berikan 1-2 kali seminggu.

Untuk mencobanya, kamu bisa mencampurkan VCO dengan makanan basah terlebih dahulu. Selain itu, kamu juga bisa memberikan VCO langsung ke kucing. Jadi, tenang saja ya. Tapi, kalau kamu masih ragu, coba konsultasikan dulu ke dokter hewan langganan kamu ya. Kira-kira aman tidak dan tanyakan dosis terbaik untuk diberikan ke kucing kesayanganmu.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Obat Cacing Kucing Terbaik Yang Paling Ampuh

2. Curcuma Plus

Curcuma Plus merupakan suplemen dengan kandungan curcuma, vitamin A, D, B kompleks, minyak ikan dan kalsium. Suplemen ini berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan, memelihara kesehatan dan membantu pertumbuhan.

Banyak dokter hewan bahkan pemilik kucing terutama anggora merekomendasikan Curcuma Plus. Biasanya, kemasan cair lebih banyak dipilih karena mudah untuk diberikan ke kucing dibandingkan bentuk tablet. Namun, sangat tidak disarankan untuk diberikan ke kucing usia 2 bulan ke bawah.

Curcuma Plus bisa diberikan jika kucing kamu sedang tidak nafsu makan atau sedang sakit. Untuk dosisnya, kamu bisa berikan 0,2 ml untuk kitten dan 0,5 ml untuk kucing dewasa. Ingat ya, hanya diberikan 1x dalam sehari dan jangan diberikan dalam jangka waktu panjang dan berlebihan.

Alasannya, selain karena Curcuma Plus merupakan suplemen manusia, produk ini juga memiliki kandungan pemanis buatan. Jika diberikan ke kucing dalam dosis besar dan waktu  yang lama, bisa merusak ginjalnya. Karena itu, konsultasikan ke dokter hewan untuk dosis tepat sesuai kondisi kucing.

Baca Juga : 5 Ciri Kucing yang Terinfeksi Cacing

 

3. Madu

Vitamin kucing selanjutnya ialah madu. Menurut penelitian Barbara, dkk (2018), kandungan L-Mesitran pada madu dapat membantu proses penyembuhan pada kucing. Madu merupakan multivitamin yang alami dan bisa digunakan oleh manusia dan kucing. Ini karena madu memiliki manfaat yang hebat, diantaranya:

  • Meningkatkan sistem imun tubuh.
  • Meningkatkan energi.
  • Membantu menyembuhkan flu.
  • Mengobati penyakit seperti diare dan muntah.
  • Meningkatkan nafsu makan.
  • Menyembuhkan luka.
  • Menjaga pencernaan agar tetap sehat.

Lalu, bagaimana dengan dosisnya? Sebelum kamu memberi madu ke kucing kesayangan, pastikan dulu madu kamu bebas dari pengawet dan pemanis buatan ya. Untuk menyembuhkan flu, kamu bisa meminumkan 2 sdt madu ke kucing dewasa. Jika terlalu kental, kamu bisa mengencerkan madu dengan air minum.

Jika tidak ada madu murni, kamu bisa menggunakan madu lain, misalnya Madurasa. Namun, pastikan untuk mencampurkan ½-1 sdt madu dengan 5 sdm air. Kemudian, tuangkan ke wadah air minumnya. Kenapa harus dicampur dengan air? Ini karena madu sudah tercampur dengan bahan lain. Mulai dari pengawet hingga pemanis buatan yang kurang bagus untuk kesehatan kucing. Jadi, untuk meminimalisir efeknya, kamu bisa mencampurkan madu ke air terlebih dahulu.

Jika kucing cocok dengan madu, berikan 2-3 kali dalam 1 minggu. Jika terlalu banyak kucing justru akan merasa lemas, sakit perut, diare dan muntah.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Produk Pembasmi Kutu Kucing Terbaik

 

4. Stimuno

Stimuno dapat digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ini karena Stimuno termasuk imunomodulator atau perangsang imunitas. Dalam multivitamin ini, terdapat ekstrak Echinacea yang terbukti bagus untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh.

Memang, banyak dokter hewan yang memberi saran untuk memberikan Stimuno ke kucing. Namun, kamu tetap perlu konsultasi terlebih dahulu ya. Ini karena kondisi kucing berbeda-beda, ada yang sehat dan hanya perlu vitamin, dan ada yang butuh obat/vitamin kucing.

Bagaimana untuk dosisnya? Kamu bisa memberikan Stimuno 1 ml per hari untuk kucing dewasa.  Apakah Stimuno yang bisa digunakan hanya yang cair? Untuk saat ini, saya kurang tahu apakah Stimuno Forte Cap yang berbentuk kapsul bisa digunakan untuk kucing. Dan saya belum tahu berapa dosis pemakaiannya. Jika Anda ingin menggunakan jenis Stimuno tersebut, akan lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter hewan terlebih dahulu ya.

Baca Juga : 10 Merk Makanan Kucing Terbaik yang Tidak Mengandung Babi (No Pork)

 

5. Imboost Kids

Imboost bisa jadi alternatif untuk meningkatkan daya tahan tubuh kucing. Vitamin ini memiliki kandungan ekstrak Echinacea. Namun, jenis vitamin hanya disarankan ketika kucing kamu sudah kembali sehat. Ini karena Imboost merupakan salah satu jenis obat kimia yang diformulasikan untuk manusia. Jadi, pemberian vitamin seperti Imboost dalam waktu lama justru akan berpengaruh pada kucing. Misalnya, kucing menjadi autoimmune di kemudian hari.

Lalu, berapa dosis yang aman? Kamu bisa memberikan Imboost Kids dengan dosis 0,5 ml untuk kitten yang memiliki berat badan di atas 1-2 kg. Untuk kucing dewasa, kamu bisa memberikan 1 ml per 3 kg.

Imboost Kids hanya bisa diberikan 1 kali sehari setelah makan ya. Pemberian Imboost Kids terlalu banyak akan berpengaruh buruk untuk kucing.

Jika kamu masih ragu dengan beberapa vitamin diatas, kamu bisa banget konsultasi ke Dokter Hewan kamu ya, semoga bermanfaat!

Baca Juga : 10 Rekomendasi Merk Makanan Kucing Untuk Bulu Rontok Terbaik

 

 

Artikel Terkait :

error: Content is protected !!