5 Rekomendasi Obat Cacing Kucing Terbaik Yang Paling Ampuh

Bukan cuma manusia saja yang bisa terjangkit cacingan, ternyata kucing peliharaanmu juga rentan terkena cacing parasit di sistem pencernaannya, lo. Biasanya, kucing yang terkena cacing parasit bisa ditularkan dari induknya ketika menyusui, lewat kutu, hingga makanan yang dimakan.

Kucing peliharaanmu sedang cacingan? Jangan dibiarkan begitu saja ya, coba beri ia obat cacing kucing agar penyakitnya bisa teratasi. Yuk, cari tahu rekomendasinya pada artikel ini!

Baca Juga : 5 Ciri Kucing yang Terinfeksi Cacing

 

1. Drontal Cat Tablets

Foto : shopee.co.id

Obat cacing kucing yang pertama adalah Drontal Cat yang diproduksi oleh Bayer. Produk ini banyak digunakan oleh pecinta kucing yang ingin mengobati hewan peliharaannya dari serangan cacing parasit. Drontal Cat bisa membasmi cacing pada sistem pencernaan si kucing secara optimal.

Adapun Drontal Cat bisa membasmi parasit pada usus, seperti cacing pita, cacing tambang, dan cacing gelang. Cara pemakaiannya pun sangat mudah! Kamu hanya perlu memberikan obat Drontal Cat ini sesuai berat bada kucingmu.

Berikut penjelasannya:

  • Berat badan 4 kg: 1 tablet
  • Berat badan 2 kg: ½ tablet
  • Berat badan 6 kg: 1 ½ tablet

Kemudian, berikan juga tablet Drontal Cat pada kitten di usia 6 minggu, 8 minggu, 10 minggu, serta 12 minggu. Berikan juga pada saat si kucing berusia 1 sampai 6 bulan. Lalu, obat cacing ini bisa kamu berikan pada setiap 3 bulan sekali pada waktu si kucing sudah beranjak dewasa.

Shopee Rp. 19.599

Baca Juga : 10 Rekomendasi Merk Makanan Kering Untuk Anak Kucing (Kitten) Terbaik

 

2. ALBENWORM Cat Syrup

Foto : shopee.co.id

Albenworm terdiri atas dua jenis obat, yaitu tablet dan sirup. Obat ini ampuh membasmi cacing parasit pada kucing, seperti cacing pita, cacing hati, cacing paru, cacing tambang, hingga cacing gilig. Untuk aturan dosisnya, bisa kamu simak uraian berikut:

  • Kucing dewasa: Gunakan 2,5 ml (1,5 sendok teh) per 10 kg berat badan kucing dewasa
  • Anak kucing: Gunakan 1/2 sendok teh untuk kucing berbobot 5 kg berat badan

Cara mengonsumsinya, berikan obat dua kali sehari dan diulang setiap 2-3 bulan sekali. Oh iya, obat ini tidak dianjurkan untuk kucing yang sedang hamil, ya.

Shopee Rp. 22.660

Baca Juga : 10 Rekomendasi Merk Vitamin untuk Kucing Terbaik

 

3. Wormix

Foto : blibli.com

Obat cacing yang selanjutnya merupakan jenis obat tetes.Obat tetes ini memiliki keunggulan lebih mudah diserap oleh lambung kucing. Sebagai pencegahan dan perawatan rutin, kamu bisa memberikannya setiap 1 atau 2 bulan sekali. Namun, jika ingin mengobati sakit cacingan berat, kamu bisa berikan obat setiap hari selama 3 hari berturut-turut.

Cara pakainya, berikan 2-3 jam sebelum makan. Dosisnya penggunaan yang tepat adalah sebagai berikut:

  • Berat badan 0.5-1 kg: 1 sdt
  • Berat badan 2 kg: 10 ml
  • Berat badan 3 kg: 20 ml
  • Berat badan 4 kg: 30 ml atau 1 botol
Shopee Rp. 21.700

Baca Juga : 5 Rekomendasi Produk Pembasmi Kutu Kucing Terbaik

 

4. PET DERM Cat Dewormer

Foto : shopee.co.id

Obat cacing kucing ini dikenal mampu mengatasi berbagai jenis parasit seperti cacing pita, cacing tambang, cacing gelang, hingga cacing cambuk yang ada pada sistem pencernaan kucing. Bahan aktif pada obat cacing kucing Pet Derm ini adalah praziquantel, pyrantel, dan febantel yang dikenal mampu merusak kulit parasit.

Untuk dosis penggunaan obat cacing Pet Derm adalah seperti berikut:

  • 1 tablet per 10 kg berat badan
  • Kurang dari 2kg = 1/4 tablet
  • Kurang dari 2-5 kg = 1/2 tablet
  • Kurang dari 6-10 kg= 1 tablet

Perlu diingat, setelah konsumsi pertama, berikan lagi obat cacing ini satu minggu kemudian, lalu setelahnya dua minggu kemudian. Untuk pencegahan, kamu bisa memberikannya setiap tiga bulan. Kemudian, untuk anak kucing, sebaiknya tidak langsung diberikan. Sebaiknya, tunggu sampai usia 4 minggu.

Shopee Rp. 16.000

Baca Juga : 10 Merk Makanan Kucing Terbaik yang Tidak Mengandung Babi (No Pork)

 

5. Catyzole Drop

Foto : bukalapak.com

Catyzole Drop merupakan obat cacing kucing yang efektif membunuh berbagai parasit cacing. Cara pemakaiannya, berikan obat 2 jam sebelum makan. Lalu untuk kucing yang sakit berat, berikan obat 3 kali sehari, sedangkan untuk pencegahan, kamu bisa berikan 1 sampai 2 bulan sekali.

Dosis pemakaiannya adalah sebagai berikut:

  • Berat badan 3 kg: ½ sdt
  • Berat badan 6 kg: 1 sdt
  • Berat badan 12 kg: 15 ml atau ½ botol
Shopee Rp. 10.999

Baca Juga : 10 Rekomendasi Merk Makanan Kucing Untuk Bulu Rontok Terbaik

Artikel Terkait :

error: Content is protected !!