Manfaat Air Beras untuk Kulit Wajah dan Cara Menggunakannya

Air beras yang selama ini selalu kita buang setelah mencuci beras ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kulit wajah, lho! Hal ini dikarenakan air beras memiliki kandungan vitamin dan mineral, seperti asam amino, vitamin E, vitamin B, zat antioksidan, dan mineral. Selain itu, juga memiliki kandungan yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari, yakni kandungan gamma-oryzanol. Penasaran apa saja manfaat air beras yang dapat digunakan untuk kulit wajah? Yuk simak penjelasan berikut ini!

Baca Juga : 3 Sunscreen Stick Lokal dengan SPF 50, Praktis untuk Reapply dan Mudah dibawa Bepergian

1. Mencegah Penuaan Dini dan Bintik Hitam

Air beras ternyata juga dapat mencegah penuaan dini, lho karena mengandung antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas yang bisa membuat kulit rusak. Tidak hanya itu, air beras juga dapat digunakan untuk mencegah sekaligus menghilangkan bintik hitam atau noda pada kulit wajah. Kandungan vitamin E pada air beras mampu memudarkan pigmentasi kulit wajah.

Baca Juga : 5 Serum Vitamin C untuk Kulit Cerah dan Glowing

2. Mengatasi Jerawat

Bagi kamu yang memiliki permasalahan jerawat pada kulit wajah, kamu bisa gunakan air beras untuk mengatasi jerawatmu ya! Tidak hanya jerawat saja lho yang bisa diatasi, tetapi juga bisa dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi eksim atopik.

Baca Juga : 4 Essence Toner dari Trueve, untuk Skin Barrier dan Bebas Jerawat

3. Mencerahkan Kulit Wajah

Tak heran jika banyak produk kecantikan memiliki kandungan air beras, seperti sabun cuci muka, toner, dan krim karena dapat mencerahkan kulit wajah. Hal ini juga dikarenakan air beras mengandung vitamin B dan vitamin E yang dapat membuat kulit menjadi cerah.

Baca Juga : Implora Serum Wajah yang Viral Ini, Harganya Cuma 35 Ribu Aja Lho!

4. Sebagai Toner dan Pembersih Wajah

Sebelum menggunakan beberapa skincare lain, kamu harus memastikan wajahmu bersih. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan air beras menjadi toner wajah alami atau pembersih muka. Air beras juga dapat membuat wajah terlihat lebih bersih. Untuk penggunaannya kamu bisa rebus air beras dan kemudian simpan di dalam botol. Nah, kamu bisa menyimpannya di suhu ruangan atau di kulkas ya.

Baca Juga : Rekomendasi Hydrating Toner Lokal untuk Kulit kering, Berjerawat, Hingga Kulit Sensitif

5. Melindungi Kulit dan Meredakan Kulit yang Terbakar dari Sinar Matahari

Manfaat lain dari air beras adalah dapat melindungi kulit dari sinar matahari, bahkan juga dapat mengatasi kerusakan akibat sinar matahari. Biasanya air beras juga digunakan sebagai kandungan sunscreen. Selain itu, apabila kulit kamu terbakar akibat sinar matahari, maka kamu bisa menggunakan masker besar untuk meredakan kulit yang terbakar.

Baca Juga : Maksimalkan Perlindungan dengan N’PURE Cica Beat The Sun Powder dari Paparan Sinar Matahari

 

Cara Menggunakan Air Beras

Cara menggunaan air beras sangat bermacam-macam, kamu bisa mengikuti salah satu caranya, yakni dengan menggunakan air cucian beras dan mendiamkannya terlebih dahulu. Kemudian rebus air beras dan saring air rebusan ke dalam botol. Setelah itu, kamu bisa biarkan dingin terlebih dahulu dan simpan di dalam lemari es. Air beras dapat bertahan selama satu minggu.

Baca Juga : Rekomendasi Skin Care dari Azarine yang Menarik untuk Dicoba!

Artikel Terkait :

error: Content is protected !!