Beberapa Penyebab Kucing Batuk Dan Cara Mengobatinya

Masalah batuk pada kucing yang sesekali terjadi tidak selalu mendapat perhatian yang layak. Sebaliknya, beberapa pemilik kucing biasanya menjadi ketakutan ketika teman berbulunya batuk terus-menerus, terutama jika batuknya tak kunjung sembuh. Batuk yang dialami seekor kucing bisa menjadi tanda penyakit yang berbeda, jadi tindakan terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter hewan. Apa penyebab batuk? Simak penjelasaanya dibawah ini!

Baca Juga : 5 Rekomendasi Obat Cacing Kucing Terbaik Yang Paling Ampuh

 

PENYEBAB KUCING BATUK

Foto : freepik.com/topntp26

1. Bulu Rontok

Mungkin kamu bingung, apa sih hubungannya bulu rontok dengan batuk. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa kucing mempunyai kebiasaan menjilat – jilat tubuhnya. Jika bulunya rontok makanya rontokan bulu tersebut akan tertelan. Jika jumlahnya banyak maka bulu ini akan menyumbat di tenggorokan sehingga akhirnya ia batuk – batuk untuk mencoba mengeluarkan bulu tersebut.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Merk Makanan Kucing Untuk Bulu Rontok Terbaik

2. Bulu yang terlalu lebat dan panjang

Untuk penyebab yang satu ini mungkin tergantung ketahanan kucing dan sifat kucing itu sendiri. ketika kucing mengalami alergi pada bulunya yang terlalu lebat dan panjang, maka batuk pada kucing akan terjadi. Seperti pada manusia yang sistem pernapasannya kemasukan benda asing dari luar. Untuk mengatasinya tentu saja Anda bisa mencukur dan memendekan bulunya.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Merk Makanan Kering Untuk Anak Kucing (Kitten) Terbaik

3. Flu dan Pilek

Ketika kucing mengalami flu, tentu saja itu menjadi salah satu penyebab kucing mengalami batuk. Apalagi hal ini juga diiringi dengan air yang keluar dari mata mulut dan hidung kucing yang sedang mengalami demam.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Merk Vitamin untuk Kucing Terbaik

4. Infeksi Saluran Pernapasan Atas

Penyebab lain yang dapat membuat kucing mengalami batuk adalah karena infeksi saluran pernapasan atas yang memang sering terjadi. Biasanya kucing yang mengalami infeksi ini akan memiliki tanda lain seperti bersin, pilek, mengeluarkan ingus dan juga nafsu makan berkurang.

Tentu saja masalah ini harus diperhatikan, karena batuk disertai dengan tanda yang sudah disebutkan maka bisa jadi kucing terkena pneumonia ataupun bronchitis. Di mana kedua penyakit tersebut harus segera ditangani dengan cepat.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Produk Pembasmi Kutu Kucing Terbaik

5. Ada Cacing dan Parasit Pada Organ Kucing

Cacing merupakan salah satu parasit yang sering menyerang kucing. Batuk merupakan salah satu gejala awal dari serangan cacing.  Penyebab batuk pada kucing yang satu ini menjadi sangat berbahaya jika dibiarkan, karena jika dibiarkan dalam waktu lama, kucing akan mengalami sakit yang berkepanjangan, menurunnya berat badan dan nafsu makan berkurang, yang dapat berujung pada kematian. Tentu saja dokter hewan menjadi yang utama untuk mengatasi penyakit ini.

Baca Juga : 10 Merk Makanan Kucing Terbaik yang Tidak Mengandung Babi (No Pork)

 

CARA MENGOBATI KUCING BATUK

Foto : freepik.com/gpointstudio

Ada beberapa cara menyembuhkan batuk kucing yang bisa dilakukan sendiri oleh kamu dirumah. Tapi perlu diingat bahwa cara ini sendiri hanya ketika batuk pada kucing tidak terlalu parah. Karena bahaya kucing batuk yang sudah parah jika tidak ditangani oleh ahlinya bisa berakibat fatal yaitu kematian kucing kesayangan. Berikut rangkumannya!

1. Menjemur Kucing

Cara menyembuhkan kucing yang sedang batuk, Kamu bisa menjemur kucing pada pagi hari. Apalagi jika penyebab batuknya karena flu. Cara ini sendiri sangatlah efektif, karena badan kucing akan hangat dan mampu menghilangkan virus penyebab infeksi saluran atas pada kucing.

Untuk menjemur kucing jangan terlalu lama sekitar 15 hingga 20 menit saja. Lalu, waktu yang tepat untuk menjemur kucing adalah jam 8 pagi sampai jam 10 pagi saja. Di mana pada jam tersebut, matahari tidak terlalu terik dan vitamin D yang didapatkan juga akan maksimal. Sehingga kucing akan lebih cepat sehat dan segera sembuh dari batuk yang dialaminya.

Baca Juga : 5 Ciri Kucing yang Terinfeksi Cacing

2. Beri Madu

Selain menjemur kucing, kamu bisa berikan madu sebagai obat kucing batuk alami yang ampuh. Madu sendiri memiliki kandungan yang sangat baik untuk meningkatkan imun pada tubuh baik itu hewan atau manusia.Pemberian madu untuk kucing yang sedang batuk dapat dilakukan setiap 6 jam sekali sebanyak satu sendok teh.

Cara pemberiannya sendiri bisa diberikan secara langsung atau dicampur dengan air. Tapi tidak semua kucing suka madu, sehingga jika memang kucing tidak mau jangan dipaksa. Karena nanti akan membuat kucing menjadi stress.

Baca Juga : 6 Rekomendasi Merk Makanan Kucing Grain Free Terbaik

3. Bawa Ke Dokter

Jika kucing mengalami batuk secara terus menerus dan juga semakin hilang nafsu makan. Maka tindakan yang perlu Kamu lakukan adalah dengan membawa ke dokter hewan.

Karena tidak semua masalah batuk dapat diketahui, sehingga membawa ke dokter hewan adalah tindakan yang paling tepat agar kucing dapat ditangani dengan tepat dan cepat.  Nantinya dokter hewan akan melakukan pemeriksaan menyeluruh dan diakhiri dengan meresepkan obat batuk untuk kucing yang bisa ditebus di apotik maupun klinik hewan terdekat.

Perlu diperhatikan bahwa batuk pada kucing sendiri harus diwaspadai karena bisa jadi kucing terkena penyakit parah.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Makanan Kering (Dry Food) Kucing Terbaik

 

 

 

Artikel Terkait :

error: Content is protected !!