Cara Menangani Anak Kucing Belekan Serta Penyebabnya

Mata anak kucing yang sehat biasanya jernih dan cerah. Bila kamu menjumpai anak kucing belekan, dan sering menggosok-gosokkan wajahnya ke sofa atau karpet, dan mata kucingnya berair, berlendir, atau bahkan muncul kerak?

Ada banyak faktor yang bisa jadi penyebab anak kucing belekan. Mulai dari flu biasa, hingga penyakit serius dapat menyebabkan keluarnya cairan dari mata kucing. Yuk simak penjelasannya!

Baca Juga : Kucing Muntah Kuning? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

 

Cara Menangani Anak Kucing Belekan

Kamu dapat membantu menghindari masalah mata pada anak kucing dengan memberikan vaksinasi yang diperlukan, dan sering memeriksa kondisi matanya.

Ketika anak kucing belekan, kamu bisa membersihkannya agar membuatnya lebih nyaman, dengan cara:

  • Celupkan bola kapas ke dalam air hangat. Bersihkan kotoran mata, selalu dari sudut mata ke arah luar. Gunakan bola kapas segar untuk setiap mata.
  • Hindari obat tetes atau pencuci yang dijual bebas kecuali dokter hewan telah meresepkannya.

Karena perawatan yang benar bisa sangat penting untuk kesehatan dan kucing, selalu bicarakan dengan dokter hewan untuk memastikan kucing mendapatkan perawatan yang tepat yang dibutuhkan.

Jika ada sisa obat dari masalah mata sebelumnya, jangan menggunakannya pada mata kucing. Masalah mata yang berbeda memerlukan pengobatan yang berbeda, dan salah pengobatan dapat berakhir menyebabkan kondisi serius pada kucing.

Baca Juga : Beberapa Penyebab Kucing Batuk Dan Cara Mengobatinya

 

Penyebab Belekan Pada Anak Kucing

Secara umum, berikut ini beberapa penyebab anak kucing belekan yang perlu diketahui:

  • Infeksi saluran pernapasan atas. merupakan penyebab umum keluarnya cairan dari mata pada kucing. Bisa karena infeksi virus seperti feline calicivirus, penyakit pernapasan menular, pneumonitis atau rhinotracheitis (herpesvirus). Bisa juga karena infeksi bakteri, dan protozoa. Gejalanya bisa ringan atau berkembang menjadi sesuatu yang sangat serius dan mungkin termasuk kotoran mata yang lengket seperti nanah.
  • Konjungtivitis. Merupakan kondisi peradangan pada lapisan merah muda muda di sekitar mata kucing. Kondisi ini bisa menyebabkan salah satu atau kedua mata kucing terlihat merah dan bengkak, peka terhadap cahaya, dan mengeluarkan kotoran mata yang bening, berair, atau kental. Konjungtivitis dengan demam, diare, dan kesulitan bernapas dapat mengarah ke peritonitis infeksi kucing yang berpotensi fatal, meskipun ini terbilang jarang terjadi.
  • Gangguan kornea. Kornea mata kucing adalah permukaan berbentuk kubah yang menutupi bagian depan mata. Bagian mata ini dapat meradang, terluka, atau mengalami ulserasi. Menyebabkan terjadinya kekeruhan pada mata, kedipan berlebihan, peradangan dan peningkatan produksi air mata.
  • Mata berair (epifora). Saluran air mata yang tersumbat, produksi air mata yang berlebihan, alergi, konjungtivitis virus, dan banyak lagi dapat menjadi penyebab robekan abnormal pada mata kucing yang berujung pada belekan.
  • Uveitis. Peradangan pada struktur internal mata, trauma, kanker, masalah kekebalan atau infeksi dapat menyebabkan peradangan uveitis yang serius dan sering menyebabkan belekan.
  • Mata kering (keratokonjungtivitis sicca). Mata kering dapat menyebabkan kornea meradang, kemerahan, dan jika tidak diobati dapat terjadi kebutaan. Hal ini karena bagian air mata yang encer tidak ada, serta dapat terjadi keluarnya cairan mata berwarna kuning dan lengket.

Selain berbagai kondisi tersebut, anak kucing belekan juga bisa terjadi karena penyebab lain seperti alergi, masuknya kotoran, atau masalah pada kelopak mata. Untuk tahu lebih pasti penyebab dari kondisi ini, kamu perlu berkonsultasi pada dokter hewan, ya.

Artikel dari halodoc

Baca Juga : 10 Rekomendasi Merk Makanan Kering Untuk Anak Kucing (Kitten) Terbaik

Artikel Terkait :

error: Content is protected !!