Kucing Muntah Kuning? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jika peliharaan kamu mengalami gejala kucing muntah kuning sebaiknya kamu tidak perlu panik dan berperilaku berlebihan. Muntah yang dialami kucing sendiri adalah reaksi umum yang dilakukan dengan mengeluarkan isi lambung secara paksa melalui mulut.

Muntah kucing pun memiliki karakteristik beragam yang dapat dilihat dari warnanya. Nah berikut beberapa penyebab kucing muntah kuning dan cara mengatasinya.

Baca Juga : Beberapa Penyebab Kucing Batuk Dan Cara Mengobatinya

 

Penyebab Kucing Muntah Kuning

1. Kesalahan Pola Makan

Kucing bisa saja mengalami muntah kuning saat ia salah makan. Oleh karena itu, pastikan untuk memberi makan kucing dengan pakan berkualitas. Perhatikan komposisinya. Jika muntah disebabkan oleh pemberian susu sapi pada kucing, segera hentikan pemberian. Pasalnya, kucing tidak memiliki enzim yang mampu memecah gula pada susu sapi, sehingga memicu mual, muntah, dan diare.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Obat Cacing Kucing Terbaik Yang Paling Ampuh

2. Menelan Benda Asing

Kucing menjadi salah satu hewan dengan rasa penasaran yang tinggi. Ia juga kerap memasukkan benda asing dan hewan-hewan kecil ke dalam mulut, kemudian menelan atau memakannya. Saat benda asing tersebut masuk ke dalam sistem pencernaan, muntah menjadi reaksi yang umum dilakukan.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Merk Makanan Kucing Untuk Bulu Rontok Terbaik

3. Makan Terlalu Cepat

Penyebab kucing muntah kuning selanjutnya adalah proses makan yang terlalu cepat. Apalagi jika pemilik memberikan porsi makanan dalam jumlah besar, dan langsung dimakan seluruhnya oleh kucing. Oleh karena itu, sebaiknya pemilik mengontrol porsi makanan kucing agar ia bisa makan secara perlahan, sehingga sistem pencernaan dapat mengolahnya dalam waktu yang seharusnya.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Merk Makanan Kering Untuk Anak Kucing (Kitten) Terbaik

4. Keracunan

Penyebab kucing muntah kuning berikutnya adalah keracunan. Oleh karena itu, pemilik disarankan agar berhati-hati untuk dalam meletakkan benda beracun, seperti racun tikus atau serangga, pestisida, atau pembersih rumah tangga. Jika tidak sengaja tertelan kucing, kemungkinan besar mereka akan muntah.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Merk Vitamin untuk Kucing Terbaik

 

Cara Mengatasi Kucing Muntah Kuning

Jika muntah hanya terjadi sesekali dan tidak menunjukkan gejala penyakit lain, seperti lesu, kehilangan nafsu makan, atau perilaku tidak normal, kamu tidak perlu khawatir berlebihan. Hal yang perlu dilakukan mencakup:

  • Jika memiliki beberapa kucing di rumah, segera jauhkan kucing setelah muntah dengan yang lain. Tujuannya untuk mencegah penularan penyakit.
  • Berhentikan makanan dan minum selama 12-24 jam. Tujuannya untuk melihat perkembangan kesehatan kucing. Jika ia mengeong untuk meminta makanan, tandanya ia telah pulih.
  • Berikan air secara perlahan guna mencegah dehidrasi. Berikan makanan basah (wet food) terlebih dulu.
  • Jika kucing menunjukkan gejala lain seperti diare dan terlihat lesu setelah muntah, kamu bisa diskusikan hal tersebut dengan dokter.

Jika terjadi gejala seperti lesu, kehilangan nafsu makan atau perilau tidak normal, Kamu bisa konsultasi atau membawanya ke Dokter Hewan ya!

Sumber/artikel dari halodoc

Artikel Terkait :

error: Content is protected !!