Penyebab Kucing Muntah Busa dan Cara Mengatasinya

Kucing kamu sering mengeluarkan cairan putih berbusa? Jangan didiamkan, ini penyebab dan cara mengobati kucing muntah busa yang mengganggu aktivitasnya. Simak penjelasaanya dibawah ini!

Baca Juga : Cara Menangani Anak Kucing Belekan Serta Penyebabnya

 

Penyebab Kucing Muntah Busa Putih

Kucing yang tiba-tiba muntah disebabkan oleh berbagai faktor seperti makan terlalu cepat, makanan yang terlalu keras sehingga membuatnya sulit untuk dicerna dan berbagai faktor lainnya. Saat kucing muntah, terjadi kontraksi otot perut dan membuat tekanan dalam perut sehingga isi pada lambung akan keluar. Selain itu faktor penyebab lainnya antara lain:

1. Kucing Telat Makan

Seperti yang dilansir dari petpintar, kucing merupakan hewan yang akan mengeluarkan empedu, cairan lambung dan asam klorida ketika akan memasuki jam makan mereka. Proses ini sudah umum terjadi pada semua kucing. Namun, ketika kamu tidak tepat waktu memberi makan mereka, perut yang sudah kosong tersebut akan mengalami iritasi yang beresiko kucing akan muntah busa putih.

Bahkan, bukan hanya busa saja yang akan terlihat dimuntahkan oleh mereka. Kombinasi dari empedu kuning dan busa putih akan dikeluarkan jika memang iritasi sudah cukup parah.

Baca Juga : Kucing Muntah Kuning? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

2. Menelan Bulu Rontok (Hairballs)

Kucing suka menjilati bagian bulu mereka. Bulu rontok yang terjadi pada setiap hewan memungkinkan untuk masuk ke dalam perut kucing. Bila hal ini terus terjadi, maka akan ada kondisi hairball, dimana bulu yang ada di dalam perut kucing sudah menggumpal terlalu besar.

Gumpalan tersebut akan menyebabkan saluran pencernaan kucing tersumbat sampai akhirnya memuntahkan busa sebagai efek dari sakitnya. Gumpalan tersebut bisa terbentuk karena bulu rontok di lingkungan kucing yang jarang dibersihkan, atau dikarenakan proses cara memandikan kucing yang kurang tepat. Oleh sebab itulah, merawat kucing perlu kebersihan dan pemilihan tempat pemandian kucing yang terpercaya.

Baca Juga : Beberapa Penyebab Kucing Batuk Dan Cara Mengobatinya

3. Kucing sedang hamil

Penyebab kucing muntah selanjutnya, yakni karena sedang hamil. Kucing betina yang sudah dewasa dan sedang mengandung akan mengalami muntah-muntah atau mual sama seperti manusia. Namun, muntahannya biasanya terjadi setelah makan.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Merk Makanan Kering Untuk Anak Kucing (Kitten) Terbaik

4. Radang Perut

Kucing muntah busa dikarenakan adanya radang yang menyerang perutnya setelah menelan sesuatu sehingga menyebabkan perut teritiasi.Selain makanan, belum ada penyebab pasti kenapa kucing bisa terserang radang perut. Yang pasti, ketika mereka terserang radang perut, kucing akan menunjukkan penuruan nafsu makan, stres, lesu dan dehidrasi.

Usahakan untuk selalu memberikan air minum yang cukup kepada kucing untuk menjaga kondisi mereka tetap terhidrasi. Karena, muntah yang terjadi pada kucing akan sangat menguras seluruh nutrisi dan cairan yang ada pada tubuh mereka.

Baca Juga : 5 Jenis Vitamin Manusia Untuk Kucing Terbaik

5. Kucing Keracunan Zat Kimia

Kucing rumahan biasanya dilepas di dalam rumah dan tak diberi kandang, agar lebih leluasa dan tak mengalami stres. Namun, dampak negatifnya yakni, apabila kucing minum air yang mengandung zat kimia seperti sabun pembersih lantai atau pencuci piring akan mengakibatkan kucing muntah berbusa dan lemas. Usahakan menyediakan air minum tersendiri untuk kucingmu, agar terhindar dari ancaman kucing keracunan.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Merk Vitamin untuk Kucing Terbaik

6. Infeksi Cacing

Layaknya anak kecil, kucing muda yang mengalami kondisi muntah beriringan dengan diare, dapat didiagnosa sebagai adanya infeksi cacing atau parasit pada sistem pencernaannya.

Periksalah bagaimana bau tinja dari kucing yang mengalami kondisi ini. Semakin menyengat bau tinja mereka, semakin kuat resiko terserangnya infeksi cacing.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Obat Cacing Kucing Terbaik Yang Paling Ampuh

 

 

Cara Mengobati/Mengatasi Kucing Muntah Busa Putih

Sebelum menangani kucing muntah, kamu harus ketahui apa penyebabnya. Hal pertama yang dapat kamu lakukan, yakni dengan segera membersihkan muntahan kucing dan jangan sampai termakan atau dijilati oleh kucing lainnya. Setelah itu, semprotkan bekas muntahan dengan desinfektan atau cairan antiseptik agar kuman yang ada pada bekas muntahan kucing tidak menyebar.

Pertolongan lainnya yang dapat mengatasi kucing tiba-tiba muntah, yakni dengan memberi air minum yang baru dan bersih. Air putih sendiri merupakan obat yang cukup ampuh dan sudah terkenal khasiatnya untuk menetralisir reaksi serta membersihkan pencernaan kucing yang terganggu.

Kamu juga dapat memberikan multivitamin kepada kucing kesayanganmu untuk menambah ketahanan tubuhnya. Jika kucing kamu masih muntah busa putih, segera jauhkan dia dari segala makanan di dekatnya. Biarkan kucing itu puasa terlebih dahulu selama kurang lebih 2 jam untuk menetralisir iritasi pada perutnya.

Tapi, karena muntah bisa menyebabkan kucing cepat dehidrasi, kamu harus memberikan air minum yang cukup untuk menjaga mereka tetap terhidrasi dengan baik.

Apabila kucing muntah karena sakit atau virus, segeralah membawanya ke dokter hewan untuk ditangani lebih lanjut

Baca Juga : 10 Merk Makanan Kucing Terbaik yang Tidak Mengandung Babi (No Pork)

 

 

Artikel Terkait :

error: Content is protected !!